Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Tempat Wisata Kuliner Jogja Blusukan yang Dijamin Seru!

0 179

Ingin momen jalan-jalan kamu di Jogja lebih berkesan? Tak lengkap rasanya kalau ke kota Gudeg ini tanpa menikmati wisata kuliner Jogja.

Kamu harus menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat kuliner di Jogja. Pengen yang lebih menantang? Nih wisata kuliner Jogja blusukan yang dijamin bakal seru!

Di media sosial banyak sekali tempat kuliner Jogja yang direkomendasikan netizen, dan pastinya akan bingung memilih tempat yang cocok.

Nah, kali ini Jatik.com akan mencoba merekomendasikan tempat wisata kuliner Jogja blusukan.

Dalam arti untuk ke tempat kuliner ini kamu harus melewati jalan-jalan / gang kecil khas Jogja.

Tertantang? Yuk kita mulai.

#1 Kudu Cobain Mangut Lele Mbah Marto

Buat kamu yang menerima tantangan blusukan wisata kuliner Jogja, tak ada salahnya mencoba datang ke tempat yang satu ini.

Ini salah satu destinasi tempat kuliner blusukan di kota Jogja yang direkomendasikan. Dulunya sih belum ke-detect sama Google Map.

Tempat kuliner Mangut Lele Mbah Marto berlokasi di wilayah selatan kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya ada di dusun Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Dapur Mangut Lele Mbah Marto, wisata kuliner Jogja blusukan
Dapur Mangut Lele Mbah Marto, wisata kuliner Jogja blusukan

Dan satu hal yang pasti, kalau kamu mau ke tempat kuliner satu ini, kamu harus tracking melewati gang-gang sempit. GPS smartphone kamu bisa dijadikan panduan, tapi akan jauh lebih baik jika bertanya juga pada warga sekitar.

Keseruan petualanganmu untuk mencari tempat ini, akan terbayarkan ketika menemukan lokasinya.

Tempatnya pun sangat sederhana, tetapi kamu bakalan puas makan disana. Kamu bisa memilih lauk apapun yang diinginkan langsung dari dapur yang masih serba tradisional.

Selain itu, nasi pun kamu bisa ambil juga sepuasnya. Kalau soal menu andalan, pastinya Mangut Lele!

Menu yang satu ini top markotop, rasanya nancep banget. Ini yang menjadi ciri khas dari tempat makan satu ini yang gak ada di tempat makan lain.

Mangut lele racikan Mbah Marto, tempat wisata kuliner Jogja yang khas
Mangut lele racikan Mbah Marto, tempat wisata kuliner Jogja yang khas

Tempat kuliner Mangut Lele Mbah Marto mulai buka dari jam 11 siang. Hanya cukup keluarin uang 22 ribu aja, kamu sudah bisa menikmati hidangan lengkap Mangut Lele dan menu lainnya. Penasaran buat mencobanya?

#2 Mampir ke Warung Bakmi Jawa Mbah Gito

Keseruan jalan-jalan di Yogyakarta, kurang afdol kalau belum nyobain hidangan yang disajikan di warung bakmi jawa Mbah Gito.

Ini salah satu wisata kuliner Jogja yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Tempatnya berada di Jalan Ni Ageng Nis No.9 Rejowinangun, Kotagede, Jogja.

Warungnya pun terbilang sangat sederhana dengan interior yang terlihat Jawa banget. Pasti kamu akan takjub saat masuk pertama kali ke warung bakmi ini.

Interior yang ada di warung ini hampir sebagian besar dari material kayu. Bahkan, ada yang masih berupa kayu mentah seperti batang pohon. Tentu menambah sensasi asri dan unik di warung ini.

Di pojok warung, sudah tersedia panggung mini yang memang khusus disediakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit tiap malam minggu.

Warung ini menyajikan ragam menu bakmi yang khas, seperti bakmi goreng, bakmi godhog (rebus), nasi goreng, dan lain sebagainya. Gocek yang dikeluarin pun terbilang murah, dari 20 ribu hingga 30 ribu rupiah saja.

Warung bakmi Jawa Mbah Gito
Warung bakmi Jawa Mbah Gito

Untuk sajian minuman, kamu harus coba teh poci gula batu. Ini adalah minuman khas yang merupakan perpaduan antara teh yang khas dengan manisnya gula batu yang pas. Cocok jadi teman santap di malam hari.

Kamu bisa datang ke warung bakmi ini dari jam 11 siang sampai jam 11 malam lho. Disarankan sih datang jangan terlalu malam, karena dijamin bakal gak kebagian tempat.

#3 Warung Mie Ayam Bu Tumini

Wisata kuliner Jogja selanjutnya yang tak boleh terlewat yaitu warung Mie Ayam Bu Tumini. Lokasi warung ayam ini ada di Jalan Imogiri Timur No. 187, Yogyakarta.

Warung mie ayam Bu Tumini ini sudah tersohor seantero Jogja bagian selatan. Ini karena rasa kuah kental dari mie ayam dan ceker ayam membuat banyak orang ketagihan untuk mampir dan mencicipinya rasanya.

Warung mie ayam Bu Tumini
Warung mie ayam Bu Tumini

Kalau kamu datang ke tempat ini di siang hari, dijamin bakalan antri hanya untuk makan semangkuk mie ayam yang khas. Tetapi, antrian itu akan terbayar lunas ketika kamu menyantap mie ayam yang rasanya begitu mantap.

Dari segi harga pun, mie ayam yang dijual disini terbilang cukup murah, cukup 8 ribu rupiah saja / mangkok. Kalau ingin porsi jumbo, tinggal tambah saja beberapa ribu rupiah. Mau mencobanya? Pastinya dong!

Mie ayam ceker Bu Tumini
Mie ayam ceker Bu Tumini

#4 Klinik Kopi, Serasa Syuting AADC2

Salah satu wisata kuliner Jogja yang juga gak boleh dilewatkan, Klinik Kopi. Di Klinik Kopi, terdapat banyak pilihan kopi dari berbagai wilayah di Indonesia, sebut saja Kintamani, Bajawa, Sunda Jahe, Takengon, Lencoh Merapi, Baliem, Nagari Lasi, Java Tobacco, Blue Batak, dan masih banyak lagi lainnya.

Memulai bisnis sejak tahun 2013, tempat ini menjadi terkenal setelah dijadikan salah satu tempat syuting film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2).

Klinik Kopi pun hadir bukan sekedar sebagai bisnis dan tempat tongkrongan semata. Tetapi, di tempat ini barista pun akan mengedukasi para pelanggan tentang cara meminum kopi dengan benar, dan di setiap cangkir kopi ada cerita yang seru.

Salah satu wisata kuliner Jogja yang direkomendasikan, Klinik Kopi.
Salah satu wisata kuliner Jogja yang direkomendasikan, Klinik Kopi.

Klinik Kopi mulai hadir dari jam 4 sore sampai jam 12 malam. Dan, pastinya kamu harus datang lebih awal agar tak menunggu lama. “Mas Pepeng” sang barista pun sudah siap menyambutmu.

Di Klinik Kopi ini pun juga tersedia menu cake tape singkong atau banana cake, sebagai pasangan lengkap minum kopimu.

#5 Gudeg Mercon Bu Tinah

Penyuka kuliner gudeg, harus mencoba gudeg racikan Bu Tinah ini. Rasanya yang khas dan tak kalah sedap dengan gudeg lainnya.

Gudeg Mercon Bu Tinah itu nama populernya. Berlokasi di Jalan Asem Gede (warung tenda yang mengarah ke sebelah barat), salah satu destinasi kuliner Jogja favorit di malam hari.

Terkhusus bagi mereka yang suka kuliner pedas, WAJIB datang ke warung tenda Gudeg Mercon Bu Tinah ini karena gudeg yang disajikan pun ekstra pedas.

Jam buka warung gudeg ini dimulai dari setengah 9 malam, dan yang khas adalah menu gudeg mercon. Kenapa? Karena memang pedasnya nonjok banget kayak mercon. Selain pedas, pastinya nikmat dong.

Gudeg mercon Bu Tinah
Gudeg mercon Bu Tinah

Tak hanya menyajikan gudeg mercon, di warung tenda ini juga ada menu lain seperti gorengan, sate, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk harga, terbilang cukup murah di kantong hanya 20 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati hidangan ekstra pedas gudeg mercon. Penasaran pengen mencobanya? Antri ya, karena yang beli cukup banyak.

Nah, itu kelima tempat wisata kuliner Jogja yang gak boleh terlewat dalam rencana jalan-jalan kamu di Yogyakarta. Kamu punya destinasi tempat kuliner lainnya? Berbagi yuk disini.

Referensi tempat wisata kuliner Jogja lain:

www.anekatempatwisata.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.