Setelah Baca Ini, Tempe akan Jadi Wajib dalam Menu Makanan Sehari-harimu!

0 146

[nextpage title=”Kandungan Gizi Tempe” ]

Pasti kamu pernah makan yang namanya tempe. Tempe adalah salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh kita orang Indonesia. Setiap rumah pasti pernah merasakan kelezatan tempe di dalam menu masakannya. Tempe dapat diolah berbagai variasi menu seperti tempe bacem, orak-arik, tempe goreng, tempe mendoan, dan lain sebagainya. Ternyata, tempe tak hanya terkenal di negara kita, tetapi sudah mendunia dan dikonsumsi orang-orang bule seperti Jepang, Amerika, Eropa, dll.

Kepopuleran tempe ternyata sebanding juga dengan manfaat yang terkandung di dalamnya. Tempe memang dikenal merupakan salah satu sumber protein karena berbahan dasar kedelai yang kaya akan gizi. Proses fermentasi dalam pembuatan tempe berpengaruh terhadap kandungan probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan. Kekayaan gizi yang terkandung dalam tempe bisa dilihat dari komposisi vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya berikut ini dalam 100 gram tempe:

  • protein 20,8 gram,
  • lemak 8,8 g,
  • serat 1,4 g,
  • kalsium 155 mg,
  • fosfor 326 mg,
  • zat besi 4 mg,
  • vitamin B1 0,19 mg,
  • vitamin B2 0,11 mg,
  • vitamin B6 0,22 mg,
  • asam folat 52 µg,
  • selenium 8,8 µg,
  • zinc 1,81 mg,
  • isoflavon 53 mg  dan
  • karoten 34 mg.

kandungan_gizi_tempe

Kandungan Gizi Tempe dalam dbagus.com

Kandungan gizi dalam 100 gram tempe tentu saja sangat sayang untuk kamu lewatkan. Buat kamu yang gak suka tempe, mulai coba deh makanan yang satu ini. Kegurihan dan kelezatan tempe sebanding dengan segudang manfaat tempe bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Tempe tuh Gudangnya Protein

Jangan lupa memasukkan tempe dalam menu makanan setiap hari kamu. Kandungan protein kualitas tinggi dan asam amino sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Protein dalam tempe dapat membantu mempertahankan jaringan otot dan juga membuat enzim yang berguna bagi kebutuhan sel.

2. Tempe sangat Membantu Metabolisme Tubuhmu lho

Tempe yang mengandung Riboflavin (vitamin B2 ) dan niacin (vitamin B3) sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh kamu. Kedua zat ini mengaktifkan enzim yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Selain itu, Riboflavin juga memberi manfaat bagi kesehatan kulit dan mata, sedangkan niacin dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga membantu buat kamu yang sedang dalam program diet.

3. Tubuhmu Dibentengi dari Radikal Bebas oleh Tempe

Kandungan antioksidan isoflavon dalam tempe berperan dalam  melawan radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, darah tinggi, stroke, penyakit jantung koroner, berbagai jenis kanker (prostat, payudara) dan lain sebagainya.[/nextpage]

[nextpage title=”Manfaat Tempe Lainnya” ]

4. Bebas Kolesterol Jahat, Terima Kasih Tempe!

Tempe mengandung isoflavon yang membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Selain itu tempe banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA) dan niasin yang juga berperan menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

tempe-indonesia

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh dalam gopanganlokal.miti.or.id

5. Susah Buang Air Besar? Makan Tempe aja!

Tempe kaya akan serat. Serat sangat penting untuk membantu proses pencernaan serta mencegah berbagai penyakit kronis. Tempe merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah pencernaan. Proses fermentasi tempe membuat oligosakarida yang suit dicerna menjadi lebih mudah dicerna. Tempeh difermentasikan menggunakan jamur Rhizopus yang memproduksi enzim phytase yang membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, zat besi dan kalsium.

6. Kamu sedang diet rendah garam? Cocok deh makan tempe

Kandungan sodium dalam tempe sangat sedikit, berbeda dengan makanan hasil fermentasi kedelai lainnya seperti miso yang sangat asin.

7. Good Bye Diare!

Jamur Rhizopus memproduksi antibitok natural yang berguna untuk mencegah penyakit seperti diare dan disentri.

8. Terkena Diabetes? Konsumsi Tempe aja

Protein yang terkandung dalam tempe sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes terutama penderita yang bermasalah dalam mengkonsumsi sumber protein hewani. Protein dan serta dalam tempe dapat mencegah naiknya tekanan darah dan menjaga agar gula darah tetap terkontrol.

9. Luar biasa, Tempe juga kaya akan Kalsium

Tempe mengandung kalsium yang tinggi. Sebuah penelitian yang di lakukan di Kuala Lumpur mendapatkan bahwa kandungan kalsium di dalam 4 buat tempe setara dengan kalsium dari susu sapi.

Referensi: www.klikdokter.com[/nextpage]

Loading...