Mau Meningkatkan Kemampuan Berkendara Motor? Baca Ini!

0 258

Kebanyakan naik motor, baik motor berkapasitas kecil maupun besar, fokus pada posisi badan, pengereman, kontrol gas dan kemampuan teknik lainnya. Padahal ada faktor lainnya, yakni olahraga. Olahraga adalah contoh paling nyata dalam mempengaruhi berkendara. Apa saja olahraga yang mampu meningkatkan berkendara motor, berikut daftarnya:

Fitness

Sumber: http://blog.codyapp.com/wp-content/uploads/2012/11/beginner_gym_workout_core_large.jpg

Untuk berkendara, baik di jalanan maupun tanah diperlukan kaki, tangan, perut, punggung dan bahu yang kuat. Oleh karena itu diperlukan olahraga yang dapat menguatkan bagian tubuh tersebut, seperti:

– Menguatkan kaki dapat melakukan gerakan squats, lunges, leg extensions, leg press, calf extension dan back bridge.

– Menguatkan perut dapat melakukan gerakan hanging leg raise, russian twist, cable crunches, exercise ball sits-up, dan plank.

– Menguatkan punggung dapat melakukan gerakan pull-ups, rows, dan supermans.

– Meningkatkan fleksibilitas dapat melakukan gerakan foam rolling, founder stretch, pigeon stretch, yoga, dan hip and groin stretches.

– Menguatkan lengan dapat melakukan gerakan push up dan mengangkat barbel.

Bersepeda

Sumber: http://photos.usacycling.org/legacy/2012/Jul/37595-_MMS5562%202-med.JPG

Sepeda adalah dasar dari mengendarai motor dan akan tetap menjadi peranan penting dalam meningkatkan kekuatan tubuh. Bahkan pembalap profesional ataupun pengendara motor dengan pengalaman lama tetap membutuhkan sepeda sebagai latihannya. Selain meningkatkan stamina, juga meningkatkan detak jantung.

Olahraga pemainan

Sumber: http://www.hdwallpapersbot.com/wp-content/uploads/2014/04/Lovely-football-free-wallpaper.jpg

Olahraga ini bisa dilakukan baik secara berkelompok maupun individual. Misalnya seperti main futsal, sepak bola, basket dan game. Olahraga ini bertujuan untuk melatih refleks dan koordinasi mata-tangan ketika berada di situasi darurat, sehingga anda lebih cepat dalam mengambil keputusan.

Makan makanan sehat

Sumber: http://tsk.com/wp-content/uploads/2015/05/healthy-foods.jpg

Yang paling terakhir adalah mengkonsumsi makan sehat secara rutin. Baik sayur sayuran maupun buah-buahan. Makanan sehat dapat mendongkrar energi saat hilang kosentrasi maupun keadaan lelah. Semua yang kita lakukan akan sia-sia kalau pola makan kita tidak sehat.

Demikianlah penjelasan artikel ini. Semoga berguna bagi pembaca.

Referensi: revzilla, fdrtire

Loading...