Mblo,,Tips Ini Khusus Buat Loe biar Hemat Duit!

0 214

Loe masih jomblo? Nasib..nasiiib. hehe.. Kadang jadi jomblo tuh ada enaknya, banyak nggaknya. Enaknya loe bisa bebas mau ngapain aja, ga ada yang ngatur-ngatur hidup loe. Gak enaknya tuh, loe pasti haus kasih sayang, iri liat orang lain pacaran, kalo akhir bulan, ini yang bikin loe cenut-cenut pikiran. Selain masalah cinta, ternyata DUIT bisa bikin puyeng juga yak. Kali ini, gua mau berbagai tips buat loe para jombloers, gimana caranya loe hemat duit loe!

# Cari DUIT yang banyak mblo!

cari-duit-halal-nggak-pake-ngepet

Sumber Gambar: www.keepcalm-o-matic.co.uk

Lah percuma aja lo hemat tapi lo ga mau kerja cari duit. Pemasukan loe darimana coy..Mau cuma minta ortu? Hari gini gitu loh. Tengsin lah minta-minta bokap mulu. Kreatif dong mblo. Cari kerjaan atau bikin usaha sederhana aja. Maksimalin pendapatan loe dulu. Baru loe bisa berhemat.

# Cari tebengan mblo!

nebeng

Sumber Gambar: www.kaskus.co.id

Tebengan bisa berarti ketika loe mau berangkat kerja, nebeng ma temen loe. Loe bisa nebeng bayarin bensin berdua ma temen loe itu. Jangan cuma mau nebeng doang, kagak mau iuran. Itu mah bukan hemat, tapi medit, alias koret, alias pelit bin kikir.

# Belajar masak donk mblo!

belajar_masak

Sumber Gambar: citra-diary.blogspot.com

Mblo,,mulai belajar masak sendiri di rumah, mumpung loe masih jomblo..Dengan masak loe bisa ngatur duit belanjaan. Loe bisa tau berapa duit yang harus loe keluarin buat biaya makan loe per bulan. Loe bisa hemat belanjaan, kalo loe ngrasa makan loe uda berlebihan

# Kalo loe gak mau masak, warteg aja cukup mblo!

makan_di_warteg

Sumber Gambar: surgamakan.wordpress.com

Kagak usah sok-sokan makan di rumah makan gede apalagi sekelas MCd. Warteg uda cukup mblo buat isi perut loe. Emang kalo makan di MCd, loe jadi lebih sehat? Gak kan.

# Belanja kebutuhan sehari-hari di pasar aja

belanja_di_pasar

Sumber Gambar: riifkiihahaha.blogspot.com

Kalo mau sekedar beli sabun, shampo, dll. Beli aja eceran di pasar tradisional, kalo kejauhan ya ke warung aja. Kalo loe mau hipermarket, beli langsung partai besar, jangan eceran. Beli bareng2 ma temen loe. Biar bisa langsung beli partai besar. Cari barang-barang yang diskon gede!

# Hidup sederhana, ga usah ikutin lifestyle

hidup_sederhana

Sumber Gambar: edukasi.kompasiana.com

Kalo loe ikutin lifestyle di Tv,majalah, dll, itu semua cuma buat nguras duit loe. Emang beli baju tiap minggu bisa bikin loe lebih dihargai? Loe dihargai karena karya dan prestasi loe. Kalo mau cari hiburan,,cari yang lebih murah, gak usah ke bioskop mlulu. Sewa dvd kek, ato beli dvd bajakan, ato donlod di internet film yang lagi update.

# Kalo mau ngekos ato ngontrak, ajak temen loe

kos-bareng-teman

Sumber Gambar: nebulamum.wordpress.com

Ngkos ato ngkontrak rame-rame, bisa bikin hemat biaya hidup loe. Loe bisa ngajak temen loe berdua, ato bertiga, ato b4, ato brapapun dah, yang penting bisa hemat. Kalo masalah privasi, loe bisa kok buat kesepakatan tentang privasi, hak dan kewajiban antara loe dan temen-temen kosan ato kontrakan.

# Jangan lupa sedekah mblo

sedekah_rezeki_berlimpah

Sumber Gambar: alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

Dengan sedekah, rezeki yang loe dapet, bisa berkali-kali lipat ditambahkan nantinya. Loe gak perlu hemat tuk urusan sedekah, langsung aja sedekahkan sebagian duit loe. Kalo uda mencukupi tuk zakat, jangan lupa keluarkan zakat penghasilan loe.

# Berbuat baik ma orang

Sumber Gambar: styagreennotes.blogspot.com

Perbuatan baik yang loe lakukan, akan dibalas dengan perbuatan baik pula. Siapa tau, ketika loe mepet duit, ada temen yang mau traktir loe, karena loe uda pernah berbuat baik ma dia. So, berbuat baiklah.

# Hindari ngutang buat kebutuhan konsumtif

jangan_hutang

Sumber Gambar: rahasialunashutang.blogspot.com

Jangan pernah loe membiasakan buat ngutang hanya sekedar tuk foya-foya memenuhi kebutuhan yang ga penting-penting amat. Ngutang hanya buat kebutuhan sangat amat mendesak, ato buat kebutuhan yang lebih produktif, misalkan butuh modal buat bikin bisnis sampingan

# Tabung sebagian duit loe

nabung

Sumber Gambar: mrasyiduddin.blogspot.com

Jangan abisin duit loe dalam satu waktu. Hidup loe gak cuman buat sebulan ato dua bulan. Loe harus berpikir jangka panjang, tabung buat masa depan loe nanti.

Itu aja beberapa tips dari gue supaya loe bisa hemat duit loe. Mungkin loe punya tips-tips lainnya, berbagi disini aja mblo!

Loading...