Jatik.com
to Inspire. be Social.

Inovasi Samsung Safety Truck, Membuat Nyaman Pengemudi

0 95

Tahu gak sih guys, perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, baru-baru ini meluncurkan sebuah teknologi inovatif, yakni Samsung Safety Truck (Truk Keselamatan Samsung). Apa itu Safety Truck? Mengapa perusahaan raksasa teknologi ini melahirkan ide inovatif tentang Safety Truck? Safety Truck adalah sebuah truk yang telah dimodifikasi dengan membenamkan teknologi terbaru, yakni video raksasa dengan TV LED berukuran raksasa yang dipasang di belakang truk.

samsung safety truck
Samsung Safety Truck

Rancangan teknologi Safety Truck ini memungkinkan untuk pengemudi / pengendara melihat kondisi di sekitar truk dari berbagai sudut, yakni depan, kanan, kiri, dan atas truk. Di sudut-sudut tersebut, telah dipasang kamera resolusi tinggi yang mampu menampilkan gambaran keadaan dari pandangan yang terblokir (blind spot) pengemudi ketika berada di belakang truk. Selama ini, para pengemudi / pengendara seringkali melakukan manuver menyalip kendaraan lain lebih menggunakan insting, bukannya faktor keselamatan yang menjadi prioritas. Ketika berada di belakang truk, pengendara seringkali nekat menyalip truk tersebut walaupun dari arah berlawanan tidak tampak jelas kondisinya.

Hal ini kemudian menjadi inspirasi bagi peneliti Samsung untuk membuat Safety Truck. Ide awalnya adalah melihat data statistik tingginya tingkat kecelakaan mobil yang fatal di Argentina. Ternyata, kecelakaan mobil tersebut sebenarnya terjadi karena pengendara / pengemudi mencoba melewati truk / mobil dengan kondisi blind spot (pandangan terblokir). Pengendara / pengemudi kurang memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara, dengan melakukan manuver menyalip yang sangat berisiko.

Menurut RT.com, satu orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas setiap jamnya. Hampir 80% dari kematian terjadi di jalan raya dan sebagian besar terjadi karena upaya untuk menyalip kendaraan lain di jalan raya walaupun dari arah berlawanan tidak terlalu terlihat. Fakta ini akhirnya membuat Samsung untuk berinovasi lebih mengubah kebiasaan berkendara masyarakat dengan memakai teknologi andalannya.

Proyek ini merupakan kerjasama perusahaan teknologi Samsung dengan perusahaan periklanan Leo Burnett, serta sekelompok komunitas teknologi Argentina, Ingematica. Pada awal proyek, Safety Truck ini dimulai di negara Argentina, dan ke depannya akan diimplementasikan ke seluruh dunia, dimana kecelakaan serupa seringkali terjadi di jalan raya. Samsung belum memberikan rilis kapan produk Safety Truck ini akan hadir di Indonesia. Ditunggu saja ya guys…

Semoga dengan kehadiran Samsung Safety Truck ini di Indonesia, maka kecelakaan yang terjadi karena ulah pengemudi ugal-ugalan dapat diminimalkan.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.