Jatik.com
to Inspire. be Social.

Mengenal Masalah Rambut Orang Indonesia, Kamu yang Mana?

0 9

Tahukah kamu,  rambut orang Indonesia ternyata lebih kuat, lho! Faktanya rambut orang Asia Timur dan Tenggara, termasuk Indonesia, memiliki 10 lapisan kutikula jika dibandingkan dengan orang Eropa dan Amerika yang hanya memiliki 5 kutikula. Tak heran, jika banyak orang dari Eropa dan Amerika yang memilih rambut palsu atau sambungan dari negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Setiap negara memiliki masalah rambut yang berbeda-beda juga. Bagaimana dengan masalah rambut yang umumnya dimiliki masyarakat Indonesia? Simak infonya berikut ini!

Namun sayangnya, rambut yang lebih tebal ini bisa menjadi masalah khusus rambut orang Indonesia sebab jenis rambut yang tebal ini memerlukan perawatan rambut ekstra. Pemeliharaannya pun bergantung pada jenis rambut dan masalah yang kerap dihadapi. Nah, jika perawatan rambut yang diaplikasikan kurang tepat, muncullah beberapa masalah yang mengganggu penampilan Anda.

Memang, apa saja, sih, masalah rambut orang Indonesia tersebut?

Rambut rontok

Masalah rambut orang Indonesia yang satu ini sepertinya sudah sangat umum diraskan oleh siapa saja, ya, dan kebanyakan dari mereka tidak terlalu gusar dengan masalah ini. Banyak yang mengira bahwa masalah ini sudah menjadi kodrat dari Tuhan dan tak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Faktanya, rambut rontok kebanyakan disebabkan oleh faktor di luar genetik, lho. Artinya, hal ini masih bisa ditanggulangi, kok! Beberapa penyebab yang paling umum ialah faktor obat-obatan yang dikonsumsi.

Namun, tingkat kerontokan memang dapat berbeda, tergantung dari setiap obat dan reaksi tubuh masing-masing orang. Menurut penelitian, selain faktor pengobatan, kondisi stres juga bisa menyebabkan rambut rontok, lho. Pasalnya, kadar hormon yang tidak seimbang membuat akar rambut terlepas dari tempatnya. (Baca Lebih Lanjut: Tips Memilih Shampoo yang Sesuai dengan Rambutmu)

Rambut kering

Kesan kering dan kusam juga merupakan salah satu masalah rambut orang Indonesia yang umum ditemukan. Hal ini terjadi akibat rusaknya lapisan rambut terluar (kutikula) sehingga menghilangkan kesan mengkilap dari rambut.

Kebanyakan dari kita kurang mengerti, bahwa rambut kering ini disebabkan oleh faktor luar dan perawatan yang keliru. Salah satu yang paling sering ditemukan ialah paparan bahan kimia yang terkena rambut kita seperti dalam penggunaan shampoo, pewarna rambut, atau bahan kaporit saat sedang berenang.

Jangan lupa, terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung juga bisa membuat rambut kita kering, lho. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet bisa dengan cepat merusak lapisan terluar rambut kita.

Rambut bercabang

Jika rambut rontok saja sudah membuat Anda jengkel, masalah rambut yang satu ini adalah kondisi yang lebih buruk dari rambut kering dan kusam. Ini adalah pertanda bahwa rambut kita sudah mulai rusak dan butuh penanganan dengan segera, lho.

Rambut  bercabang terjadi ketika lapisan pelindung, yang juga lapisan terluar dari rambut pecah dan membuat inti rambut langsung terkena kandung-kandungan berbahaya dari luar. Akibatnya, bentuk utuh rambut tidak bisa dipertahankan dan ujung rambut mulai terbelah menjadi dua atau lebih.

Nah, faktor penyebab masalah rambut orang Indonesia yang satu ini bisa sama dengan faktor penyebab rambut kering. Namun, pada sebagian kecil kasus, beberapa kondisi kesehatan dan efek obat-obatan juga bisa menyebabkan rambut bercabang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ,kan, beberapa jenis masalah rambut orang Indonesia? Apakah kamu mengalami salah satu masalah yang disebutkan di atas? Kalo iya, yuk mulai dari sekarang rawat rambut kita dengan benar agar mahkota tubuh ini tidak kehilangan kemilau indahnya!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.