Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Tips Memilih Shampoo yang Cocok untuk Rambutmu

0 41

Girls, gak cuma kulit wajah saja lho yang perlu dirawat sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. Tetapi, rambutmu juga perlu perawatan yang baik. Salah satu cara merawat rambut adalah dengan memilih shampoo yang tepat untuk rambut. Ini tips memilih shampoo yang cocok untuk rambutmu.

Setiap rambut kita memiliki karakter yang berbeda-beda. Tidak semua shampoo cocok dengan karakter rambut yang kita miliki. Beragam jenis rambut, keriting, lurus, berombak, tipis, tebal, punya perawatan yang berbeda dengan memilih shampoo yang sesuai.

Banyak kasus saat salah memilih shampoo yang tepat, rambut bukannya jadi berkilau bersinar, tetapi bertambah kucel ataupun membuat rambut jadi mudah rontok. Kamu tentu juga tak ingin memiliki bad hair day, bukan?

Bagi kamu yang peduli dengan keindahan rambutmu dan ingin membuatnya lebih sehat dan tampak indah berkilau, maka tips memilih shampoo yang tepat perlu kamu pertimbangkan.

Berikut ini beberapa tips memilih shampoo untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan indah:

1 Mengenali tekstur rambutmu

Mengenali tekstur rambutmu
Kenali dahulu tekstur rambut yang kita miliki via rambutsehatcantik.com

Ini hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memilih shampoo yang tepat. Kamu harus mengenal terlebih dahulu tipe tekstur rambutmu. Jika tipe rambut kamu tipis, maka gunakan shampoo volumizing sehingga rambut tampak lebih berisi.

Buat kamu yang memiliki rambut keriting, normal atau bergelombang maka pilihlah shampoo yang memiliki label moisturizing atau hydrating. Shampoo dengan label tersebut sangat bagus untuk melembutkan rambut dan menambah nutrisi bagi rambut.

Untuk kamu yang memiliki tipe rambut normal tetapi mudah rontok / patah, sering diwarnai dan sering menggunakan produk berbahan kimia perawatan rambut, maka gunakan shampoo dengan label fortifying atau strengthening. Shampoo dengan jenis ini memiliki ekstra protein untuk memperbaiki kesehatan rambutmu.

Jenis shampoo smoothing sangat cocok bagi kamu yang memiliki rambut lurus. Karena shampoo jenis ini di dalamnya terkandung moisturizer yang memberikan nutrisi bagi rambut. Sedangkan untuk tipe rambut keriting, gunakan shampoo khusus curly hair yang diformulasikan untuk mengurangi keikalan dari rambutmu.

Buat kamu yang memiliki rambut berminyak, hindari menggunakan shampoo tipe smoothing, moisturizing, atau hydrating. Ini karena shampoo jenis ini akan menambah kadar kelembapan rambutmu. Sebaiknya gunakan shampoo dengan label balancing, strengthening, atau volumizing.

2 Mengenali Masalah Rambut

Mengenali Masalah Rambut
Mengenal masalah pada rambut, membantu dalam memilih shampoo yang tepat.

Selain mengetahui tekstur rambut yang kita miliki, tips memilih shampoo selanjutnya adalah dengan mengenali masalah rambut yang kita miliki. Setiap orang pasti memiliki masalah rambut yang berbeda. Satu jenis shampoo mungkin saja cocok untuk seseorang, tetapi belum tentu cocok untuk orang lain.

Langkah berikutnya adalah dengan mengenali masalah yang terjadi pada rambutmu sehingga dapat memilih shampoo yang sesuai dengan masalah pada rambut. Karena produk shampoo diciptakan untuk memberikan solusi atas masalah rambut.

Apakah kamu memiliki masalah rambut berketombe, rambut rontok, rambut bercabang, atau rambut berminyak? Dengan mengenali masalahnya, kamu bisa memilih shampoo yang tepat untuk perawatan rambutmu.

3 Melindungi rambutmu

Melindungi rambutmu

Apapun jenis rambut atau masalah yang terjadi pada rambutmu, baik itu rambut berminyak, rambut kering, rambut normal, curly, dan lain sebagainya, kamu masih membutuhkan nutrisi rambut untuk memberikan perlindungan ekstra.

Gunakan vitamin, serum, dan kondisioner rambut untuk memberikan tambahan perlindungan dan nutrisi ekstra bagi rambutmu.

Itulah beberapa tips memilih shampoo yang tepat untuk rambut yang kamu miliki. Kini, memiliki rambut sehat dan indah berkilau bukan hanya impian saja. Kamu bisa memulai memberikan perawatan pada rambutmu dan cara yang termudah adalah dengan memilih shampoo yang tepat.

Referensi tambahan untuk tips memilih shampoo yang tepat bisa kamu baca disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

delapan + sembilan =