Generasi Muda Harus Berani Jadi Entrepreneur, Salah Satunya Peluang Usaha Rental Buku ini

0 196

Sebagai generasi muda, kita harus memiliki semangat yang tinggi untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Salah satu pilihan yang bisa kita lakukan selain bekerja, adalah dengan menjadi seorang entrepreneur sejak muda. Karena jika dimulai dari sejak dini, kita akan semakin tertempa terus menerus jika mengalami kegagalan, dan puncaknya akan meraih kesuksesan. Banyak peluang usaha yang bisa dijadikan ide untuk membuka bisnis baru. Pastinya, untuk kita generasi muda, bukalah bisnis yang sesuai dengan passion, hobi, minat kamu. Karena jika sesuai dengan passion, kita akan lebih mudah melakukannya, dan berusaha keras agar usaha kita sukses.

Jika kamu memiliki hobi membaca, maka salah satu peluang bisnis menarik yang sesuai dengan hobimu adalah membuka bisnis rental buku (komik/novel/cerpen/majalah). Menariknya, dari tahun ke tahun, minat baca masyarakat semakin tinggi. Sementara itu, di sisi lain, para penerbit pun berlomba-lomba menerbitkan buku baru. Tidak sedikit yang mencintai cerita fiksi dan juga komik, terutama kaum muda seperti mahasiswa, pelajar, dan lain sebagainya.

Sebagian besar dari mereka, memiliki minat baca yang tinggi, tetapi memiliki keengganan untuk membeli buku. Bisa juga karena alasan terlalu banyaknya novel, cerpen, komik yang terbit, sehingga mereka malas untuk memilih dan membeli. Lagipula, keperluan mereka hanya sekali membaca itu sudah cukup. Oleh karena itu, menyewa adalah alternatif mereka yang paling baik, dan itulah salah satu peluang usaha yang bisa kamu lakukan, yaitu memfasilitasi keinginan mereka.

Jika kamu saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa / pelajar, maka peluang usaha yang hendak kamu dirikan tersebut, harus mempekerjakan minimal 1 orang karyawan saat kamu sedang kuliah atau sekolah. Jika saat ini sudah bekerja, maka karyawan dibutuhkan saat jam kantor. Kamu tetap bisa mengkontrol usaha yang kamu dirikan tersebut selepas pulang kantor.

Siapa sih target dari peluang usaha rental buku ini?

Pastinya, peluang usaha rental buku ini menargetkan kaum muda seusiamu yang suka membaca dan menggemari komik/novel/cerpen, dan lain-lain.

Hmm..Gimana ya Memulai Peluang Usaha Rental Buku ini?

Sebenarnya, yang terpenting dari awal memulai bisnis rental bacaan adalah dengan menyiapkan mental dirimu untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Entrepreneur berbeda dengan pekerja. Butuh mental pantang menyerah, kreativitas, dan tidak malu untuk memulai bisnis. Jika mental ini sudah kamu miliki, maka akan lebih mudah nantinya menjalankan peluang usaha apapun, termasuk rental bacaan ini.

Peluang usaha rental buku, cocok untuk generasi muda
Peluang usaha rental buku, cocok untuk generasi muda

Bisnis rental buku ini, termasuk salah satu peluang usaha yang mudah dalam pengelolaannya. Pertama yang harus dilakukan adalah memiliki tempat untuk taman bacaan tersebut. Bisa dengan menyewa atau jika kamu memiliki ruangan kosong yang cukup luas di rumahmu, tempat tersebut juga bisa dijadikan usaha. Ruangan yang dibutuhkan minimal 3×3 meter. Jika memiliki ruangan yang lebih luas, bisa lebih baik, karena koleksi buku rental bacaanmu akan terus bertambah.

Langkah selanjutnya, adalah menyiapkan modal. Modal bisa dikalkulasi sesuai dengan stok buku bacaan yang ada. Untuk mendapatkan modal, bisa banyak caranya. Tetapi sebagai pemula, kamu bisa mendapatkan modal usaha dari orang tua / anggota keluarga lainnya (daripada dibuat untuk konsumtif, lebih baik produktif), joint venture bareng teman, jika sudah bekerja, kamu bisa menyisihkan sebagian dari gajimu untuk membuka bisnis ini.

Setelah mendapatkan modal usaha, selanjutnya adalah menghubungi pihak penerbit buku untuk stok awal barang kita. Jika kamu tidak berhasil membeli dari penerbit, maka bisa mengambil alternatif dengan membeli dari agen-agen / distributor buku yang pasti ada di setiap kota. Untuk melengkapinya, kamu bisa membeli langsung di toko-toko buku.

Apa peluang usaha ini memiliki hambatan dan tantangan?

Tentu saja. Semua bisnis pasti ada tantangan dan hambatan yang harus dihadapi. Di saat inilah, jiwa entrepreneur kita bisa tertempa dengan mencari solusi-solusi dalam menghadapi hambatan yang datang. Tantangan yang pasti ada dalam peluang usaha ini adalah kompetitor sejenis yang juga menyediakan jasa rental komik dan novel.

Strategi Sukses untuk Bisnis Rental Buku ini apa saja sih?

Biasanya para penyewa akan memilih tempat penyewaan yang terlengkap dan lingkungan membaca yang nyaman. Semakin lengkap koleksi bacaan kamu, maka semakin besar bisnis milikmu akan meraih pelanggan. Strategi lain yang bagus adalah dengan memberikan kesempatan untuk menjadi member / anggota persewaan, yang jika menjadi member akan memiliki keistimewaan sendiri, misalkan diskon sewa atau informasi terbaru koleksi bacaan kamu.

Kepuasaan pelanggan itu yang paling penting. Jangan sampai pelanggan kamu kecewa dengan kualitas pelayanan bisnismu. Jika mereka puas, maka mereka akan mempromosikan bisnismu secara gratis kepada teman-teman mereka. Dan hal tersebut bisa menjadi potensi besar untuk semakin membuat bisnis milikmu berkembang pesat.

Ini analisis Usaha (finansial) yang bisa kamu jadikan kalkulasi awal. Tetapi, jangan dijadikan patokan tetap. Semua tergantung dari kondisi finansial dirimu dan bagaimana kamu mengelola bisnis milikmu tersebut.

[table id=1 /]

Catatan:

* Tidak termasuk sewa tempat

** Bisa dihilangkan dan menggunakan catatan buku (manual)

Referensi: bisnishack.com

Loading...