Apa Saja yang Menjadi Penyebab Telinga Keluar Cairan?

Pernahkah kamu mendadak mendapati telinga mengeluarkan cairan secara tiba-tiba?

0 3.852

Mengorek kuping itu memang aktivitas yang sangat menyenangkan, ya. Walaupun tidak merasa gatal, mengorek kuping dengan cotton bud ataupu bulu ayam kadang dapat menghilangkan jenuh, bukan? Tapi hati-hati, ya, kalau terlalu asyik mengorek kuping bisa menimbulkan bahaya terluka, yang berakibat bisa saja telinga kamu mengeluarkan darah secara tiba-tiba, lho. Btw, apa saja sih penyebab telinga keluar cairan?

Jika telinga mengeluarkan darah / cairan terjadi, panik menjadi respons yang sangat umum terjadi, entah karena darah yang keluar banyak ataupun sedikit.

Nah, agar rasa panik kamu tidak semakin menjadi, lebih baik kenali dulu hal-hal yang dapat menjadi penyebab telinga keluar cairan, seperti yang dilansir dari laman Go Dok berikut ini.

1. Infeksi telinga

Inilah penyebab utama jika ada keluar cairan dari telinga yang paling umum ditemukan. Infeksi ini bisa berupa luka, sehingga virus atau bakeri tersebut membuat telinga terinfeksi. Nah, infeksi virus dan bakteri tersebut akan mempengaruhi bagian telinga tengah kamu, yaitu bagian di belakang gendang telinga.

Infeksi ini dapat pula terjadi karena beberapa penyakit, seperti alergi atau flu berat, dan bisa berakibat munculnya pembengkakan pada saluran tenggorokan, saluran pernapasan, dan saluran Eustachia.

2. Masalah pada gendang telinga

Kelanjutan dari infeksi sebelumnya, virus atau bakteri tersebut bisa saja lho mengakibatkan pecahnya gendang telinga. Pecah atau berlubangnya gendang telinga biasanya disebabkan oleh infeksi telinga tengah (otitis media).

Selain itu, perubahan ketinggian secara mendadak (barotrauma) atau mendengarkan suara yang terlalu keras, seperti terlalu sering menggunakan headset, juga bisa merusak fungsi gendang telinga, lho.

Pecahnya gendang telinga umumnya diawali dengan timbulnya rasa sakit pada telinga dan batuk pilek. Jangan dianggap sepele, ya. Sebab, kondisi ini bisa saja berakibat buruk untuk kesehatan kamu selanjutnya, lho.

3. Trauma pada tulang kepala dan telinga

Adanya trauma pada tulang kepala dan telinga yang disebabkan oleh suatu benturan atau pukulan berat juga bisa jadi alasan kenapa telinga kamu berair tiba-tiba, lho. Akibatnya, akan terjadi pendarahan pada telinga karena pembuluh darah yang rusak ketika terjadinya benturan atau pukulan keras tersebut.

4. Benda asing

Kemasukan benda asing seperti ini biasanya sering dirasakan sehabis bangun tidur, kan. Entah bagaimana kejadiannya, benda asing dapat tersangkut di dalam telinga Anda. Biasanya, benda asing seperti binatang kecil, serangga, makanan, mainan-mainan kecil, kerikil, atau biji-bijian menjadi langganan masuk ke dalam telinga, tuh!

5. Mastoiditis

Kamu pasti belum tahu, kalau tulang mastoid adalah salah satu struktur paling penting pada telinga bagian dalam. Tulang mastoid ini terbuat dari kantung udara dan bentuknya empuk, menyerupai spons.

Tulang mastoid ini harus menerima udara dari bagian lain telinga Anda, termasuk tabung eustachius, agar bisa berfungsi dengan baik. Tabung ini menjadi jembatan untuk menghubungkan telinga tengah ke bagian belakang telinga, lho.

Nah, jika terdapat infeksi yang berkembang pada telinga tengah dan menghalangi udara dari tabung Eustachius, virus bisa saja menyebabkan infeksi pada tulang mastoid. Hal inilah yang disebut mastoiditis, dan menjadi penyebab keluar cairan dari telinga, deh.

6. Masalah pada liang telinga

Adanya masalah pada liang telinga, seperti bisul yang bernanah lalu pecah, juga bisa menjadi alasan telinga kamu berair, tuh. Tidak sampai disitu saja, telinga yang dikorek terlalu kuat atau dalam dapat menjadi penyebab telinga keluar cairan.

Hayoo, masih mau mengorek telinga sembarangan, nggak? Mulai dari sekarang, perhatikan cara membersihkan telinga kamu, ya, agar mengurangi risiko yang satu ini.

Kira-kira, itu dia 6 penyebab telinga keluar cairan yang bisa saja menyerang kamu ataupun siapapun dan kapanpun. Mulai sayangi telingamu ya dari hari ini! Oh ya, informasi tentang kesehatan lainnya, kamu bisa baca disini.

Loading...