Jatik.com
to Inspire. be Social.

Manfaat Daun Sirih untuk Wanita dan Kesehatan

0 199

Salah satu daun dalam keluarga piperaceae ini tergolong memiliki banyak manfaat, terutama bagi kaum wanita. Apa ya manfaat daun sirih untuk wanita dan kesehatan pada umumnya? Berikut ulasannya.

Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang direkomendasikan hadir di setiap rumah keluarga Indonesia. Daun dari tanaman hijau menjalar ini memiliki banyak khasiat bagi wanita dan juga kesehatan anggota keluarga.

Setidaknya, berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wanita dan juga kesehatan, disertai cara membuat ramuan alami dari daun tersebut.

#1 Mengatasi masalah keputihan

Ini manfaat daun sirih untuk wanita yang sudah dipercaya selama bertahun-tahun. Daun sirih dapat mengatasi masalah keputihan yang seringkali dialami oleh hampir semua wanita.

Caranya pun mudah jika ingin mendapatkan khasiat daun sirih untuk mengatasi keputihan. Yaitu dengan merebus setidaknya 5-10 daun sirih merah ke dalam 250 ml air. Jika air rebusan tersebut sudah dingin, lalu saring dan gunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan.

Niscaya masalah keputihan perlahan akan menghilang jika digunakan secara rutin.

#2 Melancarkan haid

Jika Anda seringkali mengalami masalah haid yang tidak lancar, tak perlu bingung. Cukup menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Caranya pun tak terlalu sulit.

Silahkan rebus setidaknya 3 lembar daun sirih, 15 gram umbi dewa, 10 gram mahkota dewa, dan semuanya dicampurkan ke dalam 2 gelas air. Rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas air saja. Lalu, minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan rutin. Haid akan kembali lancar.

#3 Mengurangi produksi ASI yang berlebihan

Manfaat daun sirih untuk wanita berikutnya adalah mengurangi produksi ASI yang berlebihan. Ingin mendapatkan manfaatnya? Mudah saja.

Anda cukup mengambil kira-kira 4 lembar daun sirih. Olesi dengan minyak kelapa dan panggang di atas api. Usahakan untuk tidak sampai hangus.

Tempelkan daun tersebut di sekitar area organ p**udara dalam kondisi hangat. Produksi ASI yang berlebihan akan mulai berkurang perlahan.

#4 Ramuan alami pasca melahirkan

Manfaat daun sirih untuk wanita, khususnya bagi wanita pasca melahirkan untuk membantu memulihkan kondisi. Caranya pun mudah. Anda bisa merebus setidaknya 2-5 lembar daun sirih bersama dengan 4 gelas air sampai menyusut kurang lebih setengahnya.

Lalu, air rebusan tersebut dikonsumsi satu kali dalam sehari.

#5 Menghaluskan kulit wajah

Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih halus, bisa memakai cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun sirih. Tumbuklah 3-5 lembar daun sirih yang dicampurkan air panas.

Sesudah hangat, gunakan daun sirih tersebut sebagai masker. Gunakan secara rutin, minimal seminggu 2 kali, maka kulit wajah akan terasa lebih halus.

#6 Obat p**udara yang bengkak

Manfaat daun sirih untuk wanita juga untuk menormalkan kembali p**udara yang bengkak. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sirih dan bakar hingga layu.

Kemudian, tempelkan daun sirih yang sudah dibakar tersebut ke p**udara yang bengkak dalam kondisi masih hangat.

#7 Membantu mengatasi jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, perlu diketahui terlebih dahulu jenis jerawat apa yang Anda alami. Jika sudah mengetahui jenis jerawatnya, Anda dapat mencoba mengatasi masalah tersebut dengan ramuan alami. Salah satunya dengan menggunakan rebusan daun sirih.

Untuk mengatasi jerawat, rebuslah 10 lembar daun sirih bersama dengan 250 ml air hingga berwarna cokelat. Air rebusan tersebut digunakan sebagai kompresan di wajah setiap harinya. Perlahan jerawat akan mulai menghilang dari wajah Anda.

#8 Pencegahan terjadinya penuaan dini

Manfaat daun sirih untuk wanita juga dapat digunakan dalam mencegah proses penuaan dini. Jika ingin mengambil khasiat daun sirih yang satu ini, cukup dengan membuat ramuan alami sederhana.

Yaitu, rebuslah 6 lembar daun sirih merah, 10 biji kurma, 100 gram kacang hijau, dan juga 40 gram gingseng talinum ke dalam 4 gelas air. Rebus hingga tersisa 2 gelas air.

Kemudian, tambahkan setidaknya 2 sendok makan jeruk dan madu, aduk merata. Rebusan tersebut kemudian dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam sehari setiap minggunya, kira-kira 1 gelas air rebusan.

#9 Pencegahan terhadap munculnya jerawat

Agar wajah terlindungi dari jerawat, kita harus rajin-rajin membersihkannya. Salah satunya dengan menggunakan formula alami mencegah jerawat menggunakan daun sirih.

Rebus setidaknya 10 lembar daun sirih bersama dengan 200 ml air. Jika sudah dingin, saring air rebusan daun sirih tersebut dan gunakan sebagai air untuk membasuh wajah. Niscaya, wajah Anda akan lebih bersih dan terhindar dari jerawat.

=========

Manfaat daun sirih untuk wanita memang banyak. Tak hanya sampai disitu, ternyata khasiat daun sirih juga besar bagi kesehatan seseorang.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun sirih untuk kesehatan.

  • Untuk obat asma

Daun sirih dapat digunakan sebagai alternatif obat asma. Caranya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan khasiat sebagai obat asma. Yaitu dengan cara menyiapkan 4-5 daun sirih dan rebus ke dalam 2 gelas air. Masak hingga tersisa 1 air saja.

Konsumsilah air rebusan daun sirih tersebut secara rutin kira-kira 2-3 gelas / harinya. Asma perlahan akan mereda dan sembuh.

  • Membantu menyembuhkan radang tenggorokan

Bagi Anda yang terkena radang tenggorokan, bisa mencoba pengobatan alternatif dengan menggunakan daun sirih. Yaitu dengan cara merebus 4-5 daun sirih di dalam 2 gelas air. Rebus sampai tersisa setengahnya.

Konsumsilah air rebusan daun siri tersebut 2-3 gelas / hari secara rutin.

  • Meredakan batuk

Jika Anda mengalami batuk yang sulit untuk reda, coba dengan penyembuhan alternatif menggunakan daun sirih. Caranya dengan merebus 5 daun sirih merah ke dalam 300 ml air. Lalu, konsumsi air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari dengan teratur. Perlahan batuk akan reda dan sembuh.

  • Membantu menyembuhkan penyakit Bronchitis

Sebagai alternatif untuk penyakit Bronchitis, Anda bisa menggunakan 6-10 lembar daun sirih yang direbus ke dalam 300 ml air. Rebus sampai tersisa setengah bagian. Rebusan air ini kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari.

  • Membersihkan kuman di mulut

Sakit gigi bisa terjadi karena banyak kuman-kuman di mulut yang sulit dibersihkan dengan hanya sikat gigi saja. Anda bisa membersihkan kuman-kuman di mulut dengan menggunakan daun sirih.

Caranya dengan merebus 4-5 lembar daun sirih bersama dengan 4 gelas air. Kumurlah dengan menggunakan air rebusan tersebut khususnya setelah makan.

Itulah setidaknya manfaat daun sirih untuk wanita dan juga kesehatan pada umumnya. Dan, masih banyak lagi khasiat daun sirih tersebut. Ingat, bahwa daun sirih digunakan sebagai alternatif pengobatan dan kecantikan. Tetap konsultasikan kesehatan dan kecantikan Anda pada dokter.

Referensi tambahan: www.familinia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.