Jatik.com
to Inspire. be Social.

Mudahnya Mengolah Resep Bubur Sumsum Nangka Sendiri!

0 45

Setelah berpuasa seharian penuh, tubuh membutuhkan kembali asupan yang menyegarkan. Disarankan memang berbuka puasa dengan yang manis-manis dan lembut. Asupan makanan sebagai buka puasa yang bisa dicoba adalah bubur sumsum. Anda pun tak harus membelinya karena bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut salah satu resep bubur sumsum nangka yang menjadi menu favorit saat berbuka puasa.

Bubur sumsum yang berbahan utama tepung beras ini banyak digemari karena memiliki rasa yang nikmat, manis, dan lembut. Bubur sumsum sebenarnya tidak hanya enak dikonsumsi untuk momen berbuka puasa saja, tetapi juga bisa untuk dikonsumsi saat pagi hari diluar bulan puasa.

Dengan tekstur yang lembut, bubur sumsum nangka ini dapat dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Saat momen Ramadhan berlalu, tidak banyak yang menjual bubur sumsum ini. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah karena proses mengolahnya terbilang mudah.

Yuk, coba membuat resep bubur sumsum nangka sendiri di rumah, berikut panduannya.

Resep Bubur Sumsum Nangka

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bubur sumsum ini, antara lain:

  • Tepung beras, 100 gram
  • Santan, 500 ml
  • Air, 500 ml
  • Garam, ¼ sendok teh
  • Daun pandan, 2 lembar

Untuk kuahnya, siapkan bahan-bahan berikut:

  • Nangka, 5 buah
  • Garam, secukupnya
  • Daun pandan, 2 lembar
  • Air, 300 ml
  • Gula merah, 150 gram

Semua bahan di atas sudah siap? Mari kita mulai mengolah resep bubur sumsum nangka tersebut. Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

Pertama-tama, campurkan air dengan santan dan dibagi menjadi dua bagian. Lalu, campurkan tepung beras dengan garam dan berikan setengah campuran santan tadi. Aduk sampai merata.

Langkah berikutnya, tambahkan daun pandan di dalam setengah campuran sisanya dan masaklah sampai mendidih, sambil terus diaduk-aduk supaya santan tidak pecah.

Kemudian, campuran tepung beras dimasukkan perlahan sambil tetap diaduk-aduk agar bubur menjadi halus dan tidak ada yang menggumpal.

Saat bubur sudah mulai kental, api dimatikan dan sisihkan terlebih dahulu.

Kita siapkan dulu bahan untuk kuah dan masak semua bahan tersebut sampai larut dan mendidih, terkecuali nangka. Lalu, potong-potong buah nangka dan masukkan ke dalam kuah tersebut. Aduk sebentar kemudian matikan api.

Siram bubur dengan kuah nangka dan sajikan.

Mudah bukan mengolah resep bubur sumsum nangka tersebut? Bubur sumsum nangka ini sangat pas dihidangkan untuk semua anggota keluarga. Dapat disajikan dalam keadaan masih hangat atau pun ditambahkan es batu agar dingin. Menu takjil untuk berbuka puasa lebih terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selamat mencoba di rumah!

Referensi: indonewz.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.