Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Menu Buka Puasa Sehat yang Wajib Hadir. Apa Menu Buka Puasamu?

0 79

Puasa di bulan Ramadhan tentu memberikan pengalaman berharga bagi setiap muslim yang menjalankannya. Selama sebulan penuh, sebagai muslim wajib untuk berpuasa. Tentunya, agar badan tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa, kita perlu mengkonsumsi makanan sehat, baik saat sahur maupun berbuka. Berikut daftar menu buka puasa sehat yang wajib hadir di saat berbuka.

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan selama sebulan penuh, kita perlu menyiapkan makanan baik dan menyehatkan sebagai teman saat sahur dan berbuka. Sebaiknya, kita mengerem terlebih dahulu mengkonsumsi makanan sembarangan seperti gorengan, makanan berlemak, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak menu buka puasa sehat yang ada, kelima menu masakan ini cocok untuk dijadikan santapan saat berbuka.

Apakah ada menu favorit berbukamu disini?

Kurma

menu buka puasa sehat 1
Kurma, menu buka puasa yang menyehatkan bagi tubuh.

Buah kurma sepertinya salah satu menu andalan bagi setiap keluarga saat berbuka. Ini karena dalam buah kurma banyak mengandung khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Di dalam kurma, terdapat kadar gula alami yang mudah untuk diserap tubuh. Kandungan gula tinggi yang tersusun dari fruktosa dan glukosa bermanfaat untuk menghasilkan energi. Hal ini untuk menggantikan energi tubuh kita yang berkurang karena berpuasa.

Beras merah

menu buka puasa sehat 2
Menu buka puasa sehat yang direkomendasikan: beras merah.

Salah satu menu yang tak kalah sehatnya untuk dijadikan masakan saat berbuka puasa. Beras merah memiliki kadar serat yang tinggi lho sahabat, tentunya lebih baik daripada nasi putih.

Di dalamnya mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Buah-buahan

menu buka puasa sehat 3

Vitamin dan air yang terkandung di dalam buah-buahan, sangat cocok untuk menggantikan ion dalam tubuh kita yang hilang.

Mengkonsumsi buah-buahan seperti semangka, apel, buah naga dan lain sebagainya saat berbuka, sangat disarankan untuk menyegarkan kembali tubuh kita.

Kacang-kacangan

menu buka puasa sehat 4

Protein tinggi yang terkandung dalam kacang sangat baik terhadap tubuh, selain mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Kacang-kacangan juga sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga baik untuk dijadikan santapan berbuka puasa.

Sayuran

menu buka puasa sehat 5

Vitamin, mineral, fitonutrien dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, mampu melindungi tubuh kita dari serangan penyakit lhooo sahabat.

Siapa nih yang masih gak suka makan sayur-sayuran?

So, jangan ragu yah! Hadirkan lima menu makanan di atas untuk santapan di saat berbuka puasa.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.