Resep Kentang Kering Pedas Manis. Lauk Enak untuk Stok di Rumah

0 243

Ingin membuat stok makanan yang bisa bertahan untuk beberapa hari? Tak salah jika pilihanmu jatuh kepada kentang kering. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Ini resep kentang kering pedas manis, santapan pas untuk stok di rumah.

Dalam sajian masakan sebelumnya, kami sudah memberikan resep sambal goreng kentang yang renyah. Nah, untuk menambahkan koleksi resep menu masakanmu, tak ada salahnya mencoba membuat resep kentang kering pedas manis yang satu ini.

Berikut beberapa bahan dan cara pembuatan untuk resep kentang kering pedas manis.

  • Kentang atlantis (kentang yang khusus sebagai bahan kentang goreng), 500 gram
  • Kapur sirih, secukupnya

Untuk bumbu, siapkan beberapa bahan dasar berikut:

  • Kaldu ayam bubuk, 1 sendok teh (opsional)
  • Daun jeruk, 4 lembar
  • Gula pasir, 4 sendok makan
  • Daun salam, 2 lembar
  • Garam, secukupnya
  • Asam jawa (dilarutkan dalam 1/3 gelas air), 1 sendok teh

Selain bahan bumbu di atas, siapkan juga bahan untuk bumbu halus di bawah:

  • Cabai merah keriting, 10 buah
  • Bawang putih, 4 siung
  • Bawang merah, 6 siung

Kalau kamu sudah menyiapkan semua bahan di atas, sekarang cara mengolah resep kentang kering pedas manis.

Berikut ini langkah membuat sambal goreng kentang pedas manis.

Kentang yang tadi disiapkan, kupas terlebih dahulu. Kemudian, iris memanjang seperti bentuk korek api kayu. Jika kamu ingin cepat mengirisnya, maka bisa menggunakan serutan dengan aray yang besar. Sehingga bisa mendapatkan hasil serutan sesuai dengan yang diinginkan.

Kemudian, agar lebih renyah, rendam kentang yang tadi diiris ke dalam larutan kapur sirih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar air di dalam kentang. Proses perendaman kira-kira 15 menit. Jika sudah, tiriskan kentang hingga tidak ada lagi air rendaman.

Kemudian, goreng kentang secara bertahap dengan deep fry. Agar hasilnya tidak terlalu kering, maka sebaiknya tidak menggoreng kentang tersebut dalam porsi banyak.

Terlebih lagi, jika kamu tadi menyerutnya, maka goreng sedikit-sedikit saja agar kering dengan sempurna dan tak menggumpal. Jika sudah selesai, sisihkan kentang ini.

Untuk langkah berikutnya, siapkan sambal goreng. Yaitu dengan cara menumis bumbu halus dan bahan seperti daun salam serta daun jeruk. Tumis sampai beraroma wangi.

Selanjutnya, tuanglah bahan seperti gula pasir, air asam jawa, garam, dan kaldu ayam. Masak sampai air mengering dan mengeluarkan wangi.

Kecilkan api jika sambal sudah matang. Kemudian, masukkan kentang goreng dan aduk-aduk sampai bumbu tercampur merata.

Ternyata, mengolah resep kentang kering pedas manis tidak terlalu sulit bukan? Pastinya, masakan ini akan bisa bertahan untuk beberapa hari ke depan di suhu ruangan. Agar lebih awet, biarkan kentang kering goreng tersebut dingin baru dimasukkan ke dalam plastik atau toples.

Untuk menjaga kerenyahan dan tetap kriuk, kamu juga bisa menyimpan kentang kering pedas manis ini ke dalam kulkas. Happy Cooking!

Loading...