“Eh, Aku Mau Curhat Dong..” Oh ya, Baca ini Dulu Kalo Mau Curhat ya!

0 797

Curhat emang salah satu cara yang bisa kamu lakukan jikalau ada masalah yang sedang kamu hadapi. Kebanyakan curhat dilakukan oleh sebagian besar cewek, untuk meringankan beban masalah yang menimpanya. Cowok juga tidak lepas dari kebiasaan curhat. Hanya saja, cowok lebih jarang untuk curhat, karena biasanya mereka lebih senang untuk langsung menyelesaikan masalah tersebut.

Bagi sebagian besar orang yang pernah curhat mengatakan bahwa dengan curhat hati akan menjadi lebih tenang. Tetapi, kamu harus tetap mempertimbangkan sisi negatifnya lho kalo terlalu sering curhat. Curhat bisa juga berbahaya buat kamu dan menjadi bumerang yang berbalik menghantam dirimu. Apa aja sih efek negatif curhat tersebut?

#1 Ada potensi masalah / aib kamu tersebar!

curhat_wanita

Sumber Gambar: kelascinta.com

Bahaya pertama dari curhat adalah kemungkinan masalah yang sedang kamu hadapi tersebar luas. Memang, bagi sebagian orang, biasanya curhat itu kepada orang yang bisa dipercaya, seperti sahabat, teman, saudara, keluarga, dll. Di antara kalian pasti bikin kesepakatan ‘tuk saling percaya satu sama lain. Tetapi, manusia dan hubungan antar sesama itu dinamis. Ada naik dan turunnya. Ada saat ketika hubungan kalian bermasalah satu sama lain. Kepercayaan itu bisa jadi luntur. Nah, ketika masa-masa ini, bukan tidak mungkin aib, masalah, beban, yang pernah kamu curhat kepada sahabatmu, menjadi bumerang bagi dirimu. Sahabatmu tidak lagi bisa dipercaya, dan bisa jadi menceritakan semua aibmu kepada orang lain. Atau bisa juga, sahabatmu tidak sengaja menceritakan aibmu kepada orang lain karena kelepasan bicara. So, waspadalah!

#2 Bisa jadi curhat bukan cari solusi, tapi menambah masalah

curhat_solusi

Sumber Gambar: kelascinta.com

Mungkin dengan curhat kamu mendapatkan ketenangan sesaat dalam hatimu. Beban pikiranmu bisa lepas perlahan-lahan. Tetapi, kamu juga harus benar-benar mempertimbangkan apakah dengan curhat itu adalah solusi nyata buat masalah kamu. Jangan-jangan itu hanya pemanis sesaat, tetapi tak ada langkah nyata tuk mengatasi masalah kamu. Atau, bisa jadi, saran-saran yang diberikan oleh teman curhatmu, adalah sekedar saran aja. So, tetap logis untuk selesaikan tiap masalah-masalahmu.

#3 Curhat bisa jadi Modus PDKT

curhat

Nah,,ini bahaya buat kamu yang terbiasa curhat dengan lawan jenis. Misalkan, kamu cewek yang sering curhat dengan teman cowokmu. Mungkin di awal-awal, temen curhat cowokmu bilang kalo kamu adalah sahabatnya, kamu bisa bebas tuk curhat dengannya. Bisa jadi, ajang curhat ini, dijadikan oleh temen cowokmu tuk mengetahui segala hal tentangmu, kelemahan-kelemahan kamu, aib kamu, dll. Lama-lama, yang awalnya teman, bisa lebih dari itu. Jika cowok tersebut punya niatan tuk modus pdkt, it’s so easy, untuk membuatmu takluk di hadapannya. Karena dia sudah mengetahui banyak sisi lemahmu. Ini contoh curhat cewek ke cowok lho ya,,kalo cowok ke cowok ada niatan modus juga, gue mah bodo amat!

#4 Teman Curhat bisa jadi musuh dalam selimut!

teman_curhat_musuh

Sumber Gambar: blogbiztutor.blogspot.com

Ya, kamu harus berhati-hati dengan siapa kamu curhat. Jika kamu cewek yang punya temen curhat cewek juga, dan suatu saat kamu lagi curhat tentang suka nya kamu kepada seseorang, dan ternyata temen curhatmu juga suka orang tersebut, nah bisa jadi temen kamu musuh dalam selimut. Segala curhatanmu bisa jadi senjata buat dia tuk mengambil orang yang kamu sukai terlebih dahulu. Be careful!

#5 Keseringan curhat bisa merusak hubungan

curhat_hati

Sumber Gambar: www.wikihow.com

Nah,,ini terjadi jika kamu terlalu sering curhat dengan sahabatmu tidak kenal waktu. Seakan-akan dunia sahabatmu hanya tuk kamu. Kamu harus sadari, sahabatmu juga punya dunia sendiri yang ingin ditinggali. Bisa jadi, kalo terlalu sering, bukannya masalahmu selesai, tapi menambah masalah hubungan kamu dengan sahabatmu tersebut. Bijaklah kalo mau curhat. Cari waktu yang tepat, tetap hargai waktu dan privasi teman curhatmu.

#6 Ketergantungan pada teman curhatmu

teman_curhat

Sumber Gambar: kelascinta.com

Buat kamu yang merasa kalo curhat kepada sahabatmu bisa menenangkan hatimu, menyelesaikan masalah-masalahmu, dan ketika tidak ada dia, kamu merasa masalahmu ga akan selesai. Hati-hatilah. Ini adalah fase dimana kamu bisa jadi sudah sangat tergantung kepada sahabatmu tersebut. Ketergantungan pada manusia itu ada batasannya. Sahabatmu tidak bisa selalu hadir untukmu. Kamu harus bisa mandiri tuk menyelesaikan semua masalah-masalah. Jangan terlalu berharap semua bisa selesai dengan curhat.

#7 Curhat yang terbaik, hanya kepada Allah

curhat_kepada_Allah

Sumber Gambar: www.mediasemarangonline.com

Yap,,jika manusia memiliki keterbatasan dalam menerima curhatan-curhatan darimu, tidak dengan Allah. Allah adalah Maha Segalanya. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui, Maha Pemberi Solusi. Dekatlah denganNya, niscaya Allah akan juga dekat kepadamu. Tidak ada masalah yang tidak bisa selesai, jika Allah telah berkehendak. Curhatlah kepadaNya, dengan sujud dan doa, terutama di sepertiga malam.

Itu beberapa efek negatif jika kamu sering curhat. Mungkin kamu punya tips tuk curhat, berbagi yuk dengan teman-teman Jatik lainnya.

Loading...