Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Mengatur Uang Bulanan Biar Gak Mepet di Akhir Bulan!

0 107

Bagi kamu yang bekerja selama sebulan penuh, akan menyenangkan sekali jika saat menerima gaji. Tetapi, terkadang kebahagiaan itu tak berlangsung lama. Di akhir bulan seringkali mengalami kanker (kantong kering)! Berikut cara mengatur uang bulanan pribadi kamu.

Rasa senang saat mendapatkan gaji bulanan, jangan sampai menguap begitu saja di akhir bulan. Apalagi jika sudah ada rencana untuk beli ini itu saat menerima gaji. Bisa-bisa lupa diri deh.

Itu hal yang lumrah terjadi bagi siapapun, terlebih bagi para karyawan yang baru bekerja atau individu yang belum memiliki keluarga.

Bagi yang masih single, gaji yang diterima cenderung akan mudah untuk dibelanjakan apapun. Karena seakan mereka tak memiliki beban, untuk dinikmati sendiri.

Tetapi, banyak yang terlena, mungkin kita juga salah satunya, bahwa gaji itu minimal bisa untuk menghidupi selama 1 bulan ke depan. Jika terus bergaya hidup boros, bukan tak mungkin terjadi di minggu kedua gaji bulanan sudah habis.

Dan, banyak yang akhirnya terjebak dalam kubangan hutang sana-sini untuk mengatasi masalah itu. Gali lubang tutup lubang sudah jadi tradisi setiap bulan.

Nah, agar gaji bulanan kamu tersebut minimal bisa digunakan 1 bulan penuh ke depan, ada kalanya kamu memahami cara mengatur uang bulanan tersebut dengan bijak.

Setidaknya, ada beberapa poin penting cara mengatur uang bulanan yang bisa langsung kamu terapkan di kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1. Catatlah pengeluaran rutinmu

Untuk cara mengatur uang bulanan yang pertama adalah dengan membuat catatan dari pengeluaran rutinmu tiap bulan. Dengan membuat catatan rutin ini, kamu bisa mengetahui untuk apa saja belanja kamu tiap bulan.

Kamu juga bisa mengetahui tipe seperti apakah dirimu dalam berbelanja. Dan, ketika sudah membuat catatan tentang pengeluaran rutin, pastikan dirimu disiplin dengan catatan tersebut.

Belanjakan uangmu sesuai dengan item yang telah tertera di catatan pengeluaran tersebut. Jangan pernah sekali-kali untuk bablas membelanjakan uangmu diluar catatan tersebut.

2. Lunasi cicilan dan hutang-hutang

Salah satu hal yang membuat keuangan pribadi kita terus membengkak adalah hutang yang tak terkontrol. Hindarkan prinsip gali lubang tutup lubang. Ini akan membuatmu selalu berada di dalam kubangan hutang.

Tuliskan semua hutang dan cicilan yang kamu miliki, lalu pertimbangkan untuk disiplin juga dalam membayarnya. Ini akan membuat dirimu akan terbebas dari kubangan hutang secara perlahan.

Prioritas pengeluaran untuk membayar hutang ini. Jika hutang sangat besar, maka negosiasikan dengan pemberi hutang besaran cicilan yang akan dibayarkan per bulan.

3. Belilah barang-barang diskon

Cara mengatur uang bulanan selanjutnya adalah dengan mengalihkan kebiasaan belanja kita, yang sebelumnya asal membeli item barang, dengan membeli barang-barang yang diskon.

Ini tentu akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran. Banyak barang-barang yang dijual dengan harga diskon. Dan kita harus pintar-pintar mendapatkan informasi tersebut.

4. Kurangi makan diluar atau pengeluaran tidak penting lainnya

Mungkin, sebagian besar dari kita lebih sering untuk makan di restoran, rumah makan, kafe, dengan biaya yang lumayan besar. Ini akan semakin membuat gaji bulanan kita tergerus cepat.

Mau tidak mau, kamu harus mulai mengurangi makan diluar dengan cara mengalihkannya dengan memasak sendiri makanan di rumah. Ini jauh lebih hemat.

Selain itu, banyak pengeluaran “tidak penting” lainnya yang sebenarnya bisa direm. Seperti, pengeluaran untuk menonton, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Lima cara mengatur uang bulanan
Lima cara mengatur uang bulanan

5. Mencari penghasilan tambahan

Selain menghemat pengeluaran, cara mengatur uang bulanan lainnya agar tidak seret ketika akhir bulan, yaitu dengan menambah pemasukan bulanan kita.

Jika kamu memiliki waktu senggang, atau beberapa keahlian, kamu bisa menggunakan waktu senggang / keahlianmu tersebut untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satunya, dengan menambah penghasilan dari internet.

Kamu bisa juga menjual keahlian dirimu dalam memasak, menjadi driver ojek online, mengajar, dan lain sebagainya.

Lima cara mengatur uang bulanan di atas hanya beberapa contoh yang bisa kita lakukan. Sebenarnya masih banyak cara lainnya, seperti tips menghemat uang untuk single.

Mulai gunakan skala prioritas dalam mengatur keuangan pribadimu. Dan, kunci suksesnya disiplin dalam menerapkan aturan yang sudah kamu buat untuk dirimu sendiri.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.