Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Roti Manis Menul (Roti Sobek) Praktis dan Enak

1 1.027

Buat kamu yang ingin mencoba membuat roti sendiri di rumah, maka salah satu menu resep roti yang satu ini bisa dipraktekkan langsung. Selain mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun tak terlalu banyak. Ini resep roti manis menul praktis dan dijamin enak.

Roti manis menul atau biasa disebut juga roti sobek adalah salah satu sajian yang bisa dihidangkan bersama dengan minuman hangat di saat santai pada pagi hari atau sore hari. Isi dari roti ini pun beragam, ada cokelat, pisang, strawberry, dan lain sebagainya.

Selain enak dan praktis dalam pembuatannya, roti sobek menul ini juga bergizi tinggi. Sangat cocok untuk dikonsumsi bagi seluruh anggota keluarga.

Tertarik untuk membuatnya di rumah? Catat saja resep roti manis menul (roti sobek) dari segi bahan dan cara pembuatannya.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat roti sobek / roti manis, berikut daftarnya:

  • Gula halus, 100 gram
  • Garam, ½ sendok teh
  • Kuning telur, 3 butir
  • Fermipan, 1 sachet
  • Tepung terigu cakra, 500 gram
  • Margarin, 100 gram
  • Susu putih (merek apapun), 2 sachet
  • Air es, 230 ml

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kita sudah bisa mengolah resep roti manis menul. Berikut ini langkah-langkahnya.

Masukkan terlebih dahulu bahan seperti susu, gula pasir, tepung terigu dan fermipan ke dalam wadah. Aduk-aduk sampai merata. Lalu, masukkan kuning telur.

Berikutnya, kamu tambahkan air dingin. Aduk-aduk dan diuleni sampai adonan setengah kalis. Giliran garam dan margarin yang dimasukkan selanjutnya. Lalu, uleni adonan sampai kalis dan elastis.

Kemudian, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 10 menit. Tutup dengan menggunakan kain bersih. Adonan dikempiskan dan dibagi / dipotong sesuai dengan selera.

Isilah adonan menggunakan isian sesuai dengan selera seperti cokelat, keju, selai nanas, selai strawberry, pisang, atau lain sebagainya. Jika adonan sudah terisi, maka masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi oleh margarin dan tepung terigu.

Tutup adonan ini menggunakan kain, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Kemudian, panaskan oven. Sambil menunggu oven panas, kamu bisa mengolesi roti yang akan dipanggang tersebut menggunakan kuning telur.

Setelah oven panas, barulah panggang adonan selama kurang lebih 15-20 menit. Jika sudah matang, olesi roti menggunakan mentega cair. Roti manis / roti sobek sudah siap untuk dihidangkan.

Mudah kan mengolah resep roti manis menul di atas? Dijamin tidak akan mengecewakan!

Explore lebih banyak kuliner Nusantara untuk menambah koleksi resepmu disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.