Sebelum Pindah Kos atau Kontrakan, Siapkan Dulu Beberapa Hal ini

0 4.267

Buat kamu yang masih mahasiswa, pindah kos atau kontrakan biasanya sering dilakukan. Atau pasangan muda suami istri yang lebih memilih untuk kontrak daripada tinggal di Pondok Indah Mertua. Banyak alasan kenapa kamu harus pindah kos / kontrakan. Biasanya, alasan utama seseorang pindah kos atau kontrakan buat mencari tempat yang lebih baik, nyaman, atau dekat dengan kampus. Jika ritual pindah kos atau kontrakan ini seringkali kamu lakukan, alangkah lebih baik jika kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini ketika pindah kos atau kontrakan.

Sebelum pindah, bicarakan terlebih dahulu dengan Ibu / Bapak Kos atau Kontrakan

pindah_kost

Sumber Gambar: https://sarangpenyamun.wordpress.com/2012/09/27/hari-ini-2-tahun-yang-lalu-dan-semua-yang-pertama/

Pindah kos atau kontrakan lama ke tempat baru, bagi sebagian orang biasanya dilakukan secara mendadak. Akan lebih baik, jika kamu membicarakan rencana pindah kos atau kontrakan kepada bapak / ibu pemilik kos minimal sebulan atau paling cepat seminggu sebelum Hari H kamu pindah. Ini dilakukan dengan pertimbangan, tetap menjaga hubungan baik dengan pemilik kosmu yang akan ditinggalkan. Dengan mendiskusikan rencana pindah kontrakan jauh-jauh hari, pemilik kos akan bisa menyiapkan segala hal terkait kepindahanmu. Kamu pun bisa dibantu oleh pemilik kos lama untuk pindahan jika memungkinkan.

Jangan pindah, sebelum kamu sudah mendapatkan kepastian tempat kos atau kontrakan baru

Sumber Gambar: http://rumahzebra.ga/blog/rumah-susun-sewa

Benar-benar pastikan bahwa tempat kos atau kontrakan kamu yang baru akan ditempati sudah dibooking oleh kamu dan tidak akan ditempatik oleh orang lain. Selalu berkomunikasi dengan pemilik kos / kontrakan baru tentang kapan kamu akan pindah ke tempatnya. Komunikasi penting agar mereka telah menyiapkan tempat kos atau kontrakan yang akan kamu tempati, minimal dengan membersihkannya. Hal ini juga untuk menghindari kesalahpahaman antara kamu dan pemilik kos / kontrakan baru tentang jadi atau tidaknya kamu pindah. Jangan sampai, karena tidak ada kabar, tempat kos / kontrakan yang telah kamu pesan, ditempati oleh orang lain.

Bersihkan terlebih dahulu barang-barang yang hendak kamu packing sebelum pindah kos atau kontrakan

pindah-rumah

Sumber Gambar: http://www.roisulaskari.com/jasa-pindahan-di-solo-081393259642-pindahan-rumahpindahan-apartemen-pindahan-kantorpindahan-koskosanpindahan-gudangpindahan-pabrik/

Kamu tentunya tidak ingin ketika pindah kos, kamu membawa barang-barang yang kotor, berbau, kumal. Biasanya, barang-barang seperti baju, sprei, tirai terlebih dahulu dicuci supaya ketika nanti di tempat baru, kamu bisa langsung memasangnya. Kebersihan awal dari kenyamanan kamu menempati kos atau kontrakan yang baru.

Packing dengan rapi dan kelompokkan barang-barang sesuai jenisnya

pindah rumah 2

Sumber Gambar: http://fitracleaning.blogspot.com/2014_01_01_archive.html

Packing semua barang-barang dengan rapi di dalam kardus sesuai dengan jenisnya. Kelompokkan barang-barang seperti baju, celana, seragam dalam kardus pakaian. Buku-buku dibungkus dalam kardus buku dan barang lainnya. Jangan lupa untuk menuliskan dengan spidol isi dari kardus tersebut, agar kamu tidak kesulitan ketika hendak menata kembali di tempat kos atau kontrakan yang baru.

Pisahkan barang pecah belah atau elektronik dengan perlakuan khusus

Sumber Gambar: https://yogaslavianarmy.wordpress.com/2011/03/08/moving-to-tembalang-kos-baru-semangat-baru/

Sumber Gambar: https://yogaslavianarmy.wordpress.com/2011/03/08/moving-to-tembalang-kos-baru-semangat-baru/

Kelompokkan barang pecah belah seperti piring, gelas, dll dengan membungkusnya lebih kuat. Di sela-sela barang-barang tersebut, kamu bisa sisipkan kertas2 bekas atau kain bekas, agar barang tersebut tidak pecah ketika diangkut. Jangan lupa untuk menuliskan dengan spidol merah font lebih besar, agar kamu tahu bahwa isi dari kardus tersebut adalah barang pecah belah. Gunakan selotip yang kuat agar barang-barang tersebut tidak tercecer. Demikian juga dengan barang elektronik, seperti TV, komputer, laptop, selalu berikan perlakuan khusus. Tempatkan barang-barang ini, di tempat khusus ketika dipindahkan ke mobil pengangkut.

Jangan lupa untuk memesan Mobil Pengangkut 3 Hari sebelum Hari H

pindah_kos

Sumber Gambar: http://kos165.blogspot.com/2014/02/pindahan-iyan-kos-165.html

Jika kamu menggunakan mobil pengangkut dengan menyewa, sebaiknya kamu sudah memesan mobil tersebut H-3 sebelum rencana kepindahanmu. Selalu berkomunikasi dengan pemilik mobil, agar ketika Hari H tidak ada halangan yang pasti. Jangan lupa untuk meminta pemilik mobil untuk menyiapkan terpal, untuk jaga-jaga ketika proses pengangkutan, hujan turun.

Minta bantuan teman-temanmu karena Rame-rame itu Lebih Asik

teman-asik-kos

Sumber Gambar: https://smartgeneration.wordpress.com/2011/05/27/kontrakan-jong-wiratama-3-bagian-pertama/

Rame-rame memang lebih asik, termasuk ketika kamu pindahan. Susah senang tetep rame-rame. Kalo biasanya tempat kamu rame ketika nongkrong, maka saatnya kamu meminta bantuan mereka saat kamu pindahan. Sesuatu yang dilakukan dengan gotong royong, akan lebih cepat selesai pekerjaannya. Apalagi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa orang buat membantu mengangkut barang-barangmu.

Pastikan Semua Barang-barangmu Telah Diangkut, Bersihkan Kos atau Kontrakan Lamamu

Sumber Gambar: https://atoksub.wordpress.com/2007/07/30/pindah-kontrakan-2/

Yang terakhir, pastikan semua barang-barangmu sudah diangkut, jangan sampai ada barang yang tertinggal. Sebelum benar-benar pindah, jangan lupa untuk membersihkan kos atau kontrakan lamamu sehingga meninggalkan kesan yang baik. Jangan lupa untuk pamitan kepada pemilik kos sambil menyerahkan kunci kos atau kontrakan.

Loading...