Naik Motor Belum Mantap Kalau Kamu Belum Pake Ini!

0 176

Sobat Jatik, seringkah kamu mengendarai motor tanpa perlengkapan keselamatan berkendara yang cukup? Terkadang kita lebih mudah menyepelekan nyawa kita, daripada harus “capek-capek” mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara. Misalkan, helm. Kita lebih senang untuk mempertaruhkan kepala kita dengan tidak mengenakan helm, atau pake helm tidak standar, daripada menggunakan helm sesuai anjuran keselamatan berkendara. Sebelum baca artikel ini lebih lanjut, mari liat video ini sejenak:

Nah kebayang kan kalau kamu nggak pake pelindung badan? kalau kamu nggak kepengen badanmu luka-luka, mending kita liat yuks apa saja seeh perlengkapan untuk naik motor.

1. Helm

Sumber gambar: http://www.wallpapersgalaxy.com

Fungsi helm itu bukan supaya tidak ditilang pak polisi sob! Helm berfungsi melindungi kepalamu. Mulai dari cuaca, tabrakan hingga benda tak terduga yang mungkin saja mengenai kepala. Untuk memilih helm pastikan memilih helm yang ada ventilasi udaranya bagus, busa yang empuk dan memiliki standar SNI/internasional. Ingat. Helm itu mempunyai masa kadarluasanya loh. Kalau sudah kadaluarsa atau pernah jatuh, segera ganti helm baru. Jika tidak, helm yang fungsinya melindungi kepala malah membuat cidera penggunanya sob.

2. Jaket

Sumber gambar: http://imgs.inkfrog.com

Pake Jaket itu tidak kalah penting dibanding dengan helm. Fungsinya supaya menjaga tubuhmu tetap stabil. Coba bayangkan kalau tubuh kamu tiba-tiba merasa kedinginan atau kepanasan? pasti bakal ngefek banget ke cara berkendara. Oleh karena itu pilihlah jaket yang nyaman di cuaca tropis dan salah satu tipsnya bisa dilihat di sini. Selain itu beberapa jaket motor berfungsi melindungi badan dari tabrakan dan sudah dilengkapi dengan protektor.

3. Sarung tangan

Sumber: http://www.peninsulamotorcycleforum.co.uk

Sarung tangan fungsinya sama dengan perlengkapan motor lainnya. Melindungi tangan dari gesekan aspal maupun tabrakan. Ada yang terbuat dari tekstil maupun kulit. Masing-masing dari kedua bahan tersebut mempunyai keunggulan. Misalnya sarung tangan tekstil harganya lebih terjangkau, namun secara proteksi masih dibawah yang terbuat dari kulit.  Untuk sarung tangan dari kulit, harga lebih mahal dan proteksi lebih kuat dari sarung tangan tekstil.

5. Sepatu

Sumber gambar: http://g01.a.alicdn.com

Fungsi sepatu sepeda motor melindungi perlindungan dari jari hingga ke bawah lutut. Khusus untuk sepatu sepeda motor, ada besi berada di atas punggung kaki yang berfungsi membantu menaikan atau menurunkan gigi motor. Juga toe slider yang berfungsi melindungi jari-jari kaki dari gesekan aspal maupun tabrakan.

6. Protektor

Sumber gambar: http://www.wildcrumbs.de

Protektor motor mempunyai fungsi macam-macam. Ada yang berfungsi melindungi di bahu, punggung, siku tangan, dada, lutut kaki, leher dan area lainnya. Ada yang dijual secara terpisah maupun berbentuk baju.

7. Balaclava/masker

Sumber gambar: https://www.infinitymotorcycles.com

Yang terakhir ini adalah optional, yakni balaclava atau masker. Untuk masker, mempunyai fungsi melindungi mulut dan hidung dari partikel negatif yang mungkin terhirup saat berkendara. Sedangkan balaclava mempunyai fungsi lebih dari masker, yakni menjaga suhu kepala hingga ke leher ke stabil. Selain itu mempunyai fungsi lain seperti menyerap keringat dan mencegah gap antara kepala dan helm jika terjadi benturan.

Sepertinya terlihat mahal? Ingat nyawamu ingat dengan keluargamu di rumah. Kalau terjadi sesuatu denganmu, akan berdampak besar dengan nasib keluargamu. Ok. sekian artikel ini. Semoga berguna bagi para pembaca. Salam Jatikers!

Loading...