Jatik.com
to Inspire. be Social.

7 Menu Buka Puasa Ini Akan Membuat Sarang Penyakit dalam Tubuhmu

0 23

Berpuasa memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Dengan berpuasa, maka asupan makanan akan lebih terkontrol jika dilakukan dengan benar. Akan tetapi, terkadang puasa dijadikan sebagai ajang balas dendam ketika berbuka. Apakah kamu salah satunya? Seringkali seharian berpuasa membuat pikiran kalap saat bedug maghrib tiba. Semua yang dihidangkan di meja makanan akan langsung dilibas habis.

Seringkali, ketika sudah kalap tersebut, seseorang tidak lagi memilah-milah mana makanan berbuka yang menyehatkan mana yang justru akan membuat sarang penyakit dalam tubuhmu. Biasanya, makanan yang dipilih saat kalap adalah makanan yang mengandung lemak dan berkalori tinggi. Bayangkanlah, jika setiap berbuka puasa, kamu menyantap berbagai makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi, bukannya sehat, justru kamu berpotensi akan terkena berbagai macam penyakit seperti diabetes, kolesterol, hipertensi karena pola makan yang salah.

Oleh karena itu, kalau kamu ingin nanti saat lebaran tidak ada sarang penyakit dalam tubuhmu, hindari beberapa makanan yang berlemak dan berkalori tinggi berikut ini.

#1 Makanan Cepat Saji

junk-food

Junk Food dalam buahsehat-alami.blogspot.com

Kamu suka makanan seperti hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya? Mulailah untuk membatasinya ketika berbuka puasa. Menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh. Jika kamu ingin makan di restoran tersebut, makanlah ayam goreng tanpa kulitnya.

#2 Makanan Laut

makanan_laut

Sea Food dalam www.syafiyahluv.com

Ikan memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang, dan cumi-cumi.

#3 Gorengan

gorengan_gurih

Gorengan gurih dan renyah dalam dkdtizoneinfo.blogspot.com

Walaupun rasanya sangat nikmat, tahanlah diri untuk mengurangi konsumsi makanan atau kudapan yang digoreng. Sebagai gantinya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

#4 Kudapan

kudapan

Kudapan lezat dalam kesantriapecihitam.wordpress.com

Kamu tidak boleh lupa diri ketika mengonsumsi kudapan yang terlihat menggiurkan, seperti kerupuk, muffin, roti, dan beragam jenis kue, karena makanan tersebut kebanyakan dibuat dari lemak jenuh.

#5 Lemak Jahat

minyak_kelapa_sawit

Sumber Gambar: tipsbejo.blogspot.com

Makanan yang mengandung lemak jahat di antaranya adalah mentega, bacon, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan santan. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

#6 Daging Berlemak

daging_berlemak

Daging berlemak dalam resepdezkitchen.wordpress.com

Contoh daging berlemak adalah kornet sapi, iga sapi, steak, sosis, bacon, dan daging olahan. Selain itu, batasi juga konsumsi jeroan seperti paru, limpa, hati, ginjal, dan otak. Kamu bisa menggantinya dengan daging yang lebih rendah komposisi lemaknya, seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beef), sapi muda, dan ikan.

#7 Produk Susu

es_krim

Es krim dalam id.anawalls.com

Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1% lemak. Produk yang termasuk ke dalamnya adalah krim, keju, dan es krim.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.