Tips Belanja Online Secara Aman Agar Tidak Mudah Tertipu

0 143

Era digital saat ini mengubah banyak kebiasaan masyarakatnya, termasuk dalam hal berbelanja. Mungkin kamu adalah salah satu yang senang dengan berbelanja secara online. Tapi, perlu kecermatan dirimu sebelum berbelanja secara online. Ini tips belanja online aman agar kamu tidak tertipu.

Hadirnya berbagai toko online / merchant yang menawarkan jasa jual beli produk berbagai kebutuhan, dari fashion, gadget, elektronik, dll menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian besar orang.

Dengan kemudahan teknologi, kini berbelanja sangat mudah hanya dengan mengetikkan jari-jari tangan saja. Begitu praktis sehingga terkadang membuat kita terlena tidak mempertimbangkan aspek keamanan transaksi. Apalagi, jika toko online tersebut menawarkan produk dengan diskon dan harga yang cukup murah.

Sebelum kamu mulai untuk berbelanja online, kamu perlu mengetahui beberapa tips belanja online aman sehingga terhindar dari penipuan yang merugikan dirimu.

Berikut ini, beberapa hal yang perlu kamu selidiki terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pembelian produk secara online:

#1 Menawarkan Harga yang Pantas & Wajar

Aspek pertama yang perlu kamu cek adalah apakah harga yang ditawarkan oleh toko online / pelapak online / mercant memang pantas dan wajar. Jangan mudah tergiur dengan harga yang begitu murah.

Harga yang terlampau murah bisa jadi mengindikasikan bahwa merchant tersebut ingin menjaring pelanggan dan mempengaruhi psikologis calon pembeli. Jika sudah tergiur dengan harga murah, terkadang kita sebagai pembeli terlampau gelap mata.

Lakukan riset pasar tentang harga yang sewajarnya dari produk yang hendak kamu beli tersebut. Apakah harga tersebut memang masih dalam kategori wajar, atau sangat tidak wajar jika terlampau murah. Bisa jadi kamu akan jadi korban penipuan, baik dari segi kualitas produk yang kurang bagus, barang tidak dikirim, dan lain sebagainya.

#2 Cek Kredibilitas Merchant / Toko Online / Pelapak

Tips belanja online secara aman selanjutnya adalah dengan mengecek secara mendetail kredibilitas dari toko online / merchant / pelapak yang menawarkan jual beli produk.

Ada merchant yang mengatasnamakan personal dan ada juga yang berbadan hukum perusahaan. Jika kredibilitas dari merchant tersebut baik dan terpercaya, kamu bisa melanjutkan transaksi.

Bagaimana cara mengecek kredibilitas merchant / toko online tersebut?

Ada banyak cara untuk mengetahuinya. Yang pasti, kamu bisa Googling tentang perusahaan / toko online tersebut dan pasti akan ada banyak ulasan / review dari orang-orang yang mungkin telah bertransaksi.

Bisa juga kamu langsung mengecek ke situs verifikasi toko online terpercaya semacam PolisiOnline.com. Jika merchant / toko online terdaftar di situs tersebut dengan terpercaya, berarti kamu bisa melanjutkan transaksi. Tetapi, ini tidak 100% bisa tepat.

Terkadang, ada toko online yang awalnya diverifikasi bagus dan bisa dipercaya, tetapi seiring perjalanan waktu melakukan penipuan. Kamu tetap perlu waspada.

Merchant / toko online terpercaya biasanya tidak menyembunyikan apapun tentang profil perusahaan / personal. Mereka menyertakan alamat lengkap, no telepon, dan kontak yang siap dihubungi kapanpun.

Kamu juga bisa mengecek tentang kredibilitas dari merchant / toko online tersebut di forum-forum, semacam Kaskus. Di forum, tempat yang sangat lengkap untuk berbagi apapun, termasuk mengecek tentang kredibilitas sebuah toko online / merchant.

#3 Sistem Pembayaran yang Digunakan

Salah satu tips belanja online secara aman selanjutnya adalah dengan mengecek sistem pembayaran yang digunakan oleh toko online / merchant tersebut.

Sistem pembayaran yang terbilang aman adalah dengan menggunakan Rekber (rekening bersama). Jadi, kamu membeli barang dan mentransfer uangnya bukan langsung ke penjual, tetapi melalui perantara yang dipercaya untuk mengelola rekening bersama antara penjual dan pembeli.

Jika pertama kali melakukan transaksi online di merchant / toko online, tanyakan apakah sistem pembayarannya mendukung rekening bersama ini. Toko online yang terpercaya biasanya juga bergabung di marketplace semacam Bukalapak, Tokopedia, Shopee yang menyediakan jasa rekening bersama ini.

Jika kamu melakukan transaksi pembelian di forum semacam Kaskus, disana juga tersedia banyak jasa yang menawarkan rekening bersama tersebut. Adanya rekber ini sangat ampuh untuk meminimalkan penipuan yang merugikan salah satu pihak.

Selain rekber, lihat apakah merchant tersebut mendukung transaksi pembayaran yang aman seperti COD atau Paypal. Melalui COD, kamu bisa menerima barang terlebih dahulu baru membayar. Sedangkan pembayaran menggunakan Paypal ada fitur lengkap yang melindung pembeli dan penjual.

Merchant yang terpercaya juga menyediakan beberapa jasa pengiriman yang bisa menjadi pilihanmu, seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, Si Cepat, J&T Express dll.

#4 Memiliki website sendiri yang kredibel

Ada juga transaksi jual beli yang dilakukan di halaman Facebook atau melalui Instagram. Sebenarnya hal tersebut tidak bermasalah. Tetapi, kamu tetap perlu waspada.

Cek lapak di Facebook atau Instagram tersebut memiliki website toko online yang terpercaya. Jika mereka memiliki website toko online, perlu dicek lagi apakah menggunakan hosting dan domain TLD atau hanya menggunakan gratisan.

Ini salah satu penanda bahwa penjual tersebut memang benar-benar serius melakukan bisnis dengan menyewa hosting dan membeli domain. Tetapi, memang tidak semua merchant yang berjualan di Facebook atau Instagram memiliki website sendiri.

Jika ingin bertransaksi dengan mereka, sebaiknya memang dengan orang yang sudah kamu kenal baik dan memiliki jejak rekam bisnis yang bagus juga.

#5 Memeriksa Personal / Tim dari Pelapak Online

Ini juga tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, lebih dikhususkan untuk kamu mengecek siapa personal / tim yang berada dibalik merchant tersebut.

Kamu harus mengetahui dengan baik jejak rekam orang yang akan bertransaksi online denganmu. Pastinya, akan jauh lebih baik jika bertransaksi dengan orang-orang yang memang sudah dikenal baik dan memiliki identitas asli.

#6 Mengecek testimonial dari pelanggan

Testimonial begitu penting untuk mengetahui seberapa bagus dan terpercayanya merchant online tersebut. Ini bisa dilihat dari ulasan / testimonial dari para pelanggan yang telah melakukan transaksi sebelumnya.

Sebaiknya hindari dulu bertransaksi dengan para penjual yang memiliki testimoni atau ulasan yang kurang bagus dari pelanggan sebelumnya.

#7 Mengecek Keamanan Transaksi

Tips belanja online secara aman selanjutnya adalah dengan mengecek keamanan transaksi jual beli yang kamu lakukan. Ini bisa juga dari segi keamanan komputer / gadget yang kamu gunakan atau website dari merchant itu sendiri.

Saat melakukan transaksi yang melibatkan uang, baik itu perbankan, mata uang virtual, dan lain sebagainya, sebaiknya menggunakan komputer / gadget pribadi. Jangan pernah menggunakan komputer / gadget milik orang lain dalam melakukan transaksi.

Hal ini untuk meminimalkan potensi terjadinya pencurian data milikmu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain itu, aspek keamanan dari website penjual online juga perlu diperhatikan dengan seksama. Terlebih, jika mereka menawarkan pembayaran melalui kartu kredit secara online. Sistem keamanan dari website penjual harus benar-benar aman dalam melakukan transaksi tersebut.

Itulah beberapa tips belanja online dengan aman untuk meminimalkan dirimu mengalami kerugian karena terkena penipuan / kecurangan / kehilangan data.

Tulisan “Tips Belanja Online Secara Aman agar Tidak Mudah Tertipu” ini adalah kontribusi dari toko online aman dan terpercaya, Shopelio.com.

Loading...