7 Tips Cara Mendekati Calon Mertua, yang Ngebet Nikah Baca Ya…

1 278

Hubungan sudah berlangsung lama bersama pasanganmu, dan kini saatnya anda dan pasangan ingin menuju jenjang hubungan yang lebih serius. Salah satu itikad baik yang harus dilakukan adalah dengan bertemu calon mertua. Bagi sebagian orang, pasti sering mengalami ketakutan tanpa alasan saat berhadapan dengan calon mertua. Mungkin karena selama ini hubungan berlangsung secara backstreet, atau tanpa sepengetahuan orang tua pasangan.

Jika memang ingin hubungan lebih serius menuju jenjang pernikahan, maka ketakutan dan kekhawatiran untuk bertemu calon mertua harus perlahan dihilangkan. Ada banyak cara untuk mendekati calon mertua dengan baik, tetapi kebanyakan masih bingung. Beberapa tips di bawah ini akan membantu anda yang ingin mendekati calon mertua dengan mudah. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

1. Tidak perlu terlalu malu atau sok akrab

Tips yang pertama saat mendekati orang tua pasangan kita adalah bersikap apa adanya kalian. Orang tua pasangan akan lebih menghargai calon menantu yang bersikap apa adanya, tidak terlalu malu ataupun sok akrab.

2. Ketika datang ke rumah calon, sekali-kali bawa oleh-oleh

Ketika anda mulai mendekati orang tua pasangan anda, dan datang ke rumahnya, akan lebih baik sesekali membawa oleh-oleh. Anda bisa menanyakan kepada pasangan anda, apa yang disukai mereka. Maka, bawalah oleh-oleh tersebut saat berkunjung ke rumah calon mertua. Mereka pun akan terkesan dengan sikap anda.

3. Dalami bidang pekerjaan dari calon mertua

Komunikasi yang efektif terjadi karena frekuensi yang sama antara dua pihak. Sama halnya ketika anda ingin bertemu dengan orang tua pasangan anda. Mau tidak mau pasti anda harus mengobrol dengan mereka. Nah, agar obrolan bisa nyambung antara anda dan orang tua pasangan, maka dalami dengan baik hal-hal yang menyangkut pekerjaan dari orang tua pasangan. Sehingga komunikasi yang terjalin akan berlangsung efektif.

4. Bekali diri dengan pengetahun dan wawasan yang luas

Kesan pertama akan sangat berpengaruh kepada penilaian orang tua pasangan terhadap diri anda. Termasuk salah satunya adalah wawasan dan pengetahuan anda tentang banyak hal. Orang tua pasangan anda akan semakin terkesan dengan kepribadian anda jika mereka mengetahui bahwa anda adalah sosok yang kaya dengan ilmu dan keterampilan.

Tips cara mendekati calon mertua
Tips cara mendekati calon mertua

5. Cari tahu hobi yang diminati oleh calon mertua

Selain mendalami latar belakang pekerjaan orang tua pasangan, anda juga harus mengetahui hobi yang diminati oleh orang tua pasangan anda. Cari tahu tentang seluk beluk hobi tersebut. Terlebih lagi, jika anda memiliki kegemaran yang sama dengan orang tua pasangan, maka itu cara paling ampuh untuk semakin dekat dengan mereka.

6. Jangan segan untuk menawarkan bantuan

Calon mertua akan sangat terkesan dengan sosok pribadi yang ramah dan baik hati, apalagi yang suka menolong. Jangan malu untuk menawarkan bantuan kepada calon mertua sehingga mereka akan semakin menghargai niat baik anda.

7. Ketika bertamu, junjung tinggi kesopanan

Ini salah satu poin yang juga penting. Kesopanan bisa menyangkut cara berpenampilan, bertutur kata, waktu berkunjung, dan lain sebagainya. Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini. Kalau tidak ingin orang tua pasangan menjauhi anda.

Itu beberapa tips mudah cara mendekati calon mertua. Semoga niat anda untuk mendatangi walinya semata-mata karena ibadah, menghalalkan cinta demi meraih ridho-Nya. Selamat mencoba!

Referensi: Wikipedia

Loading...