Jatik.com
to Inspire. be Social.

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah & Alami, Coba Yuk!

2 60

Susah tidur di malam hari atau yang biasa disebut insomnia, bisa terjadi pada siapapun, termasuk diri kita sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia ini?

Sebelum membahas lebih detail tentang cara mengatasi insomnia, ada baiknya mengetahui gejala dan penyebab insomnia terlebih dahulu.

Seringkali, insomnia ini sangat mengganggu bagi kehidupan sehari-hari, akan membawa dampak seperti menurunnya produktivitas kita di tempat kerja / sekolah / kampus. Bahkan, akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita.

Tetapi, perlu diperhatikan hal berikut..

Ukuran tidur seseorang itu sendiri tidak sama, disesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk standar pola tidur yang sehat, dokter menyarankan sekitar 7-8 jam setiap hari. Jika kurang dari itu, maka ada gejala kalau kita terkena insomnia.

Sebenarnya apa sih gejala-gejala kalau terindikasi insomnia?

…Biasanya nih, gejala paling umum yang dialami oleh penderita insomnia adalah susah tidur untuk jangka waktu yang cukup lama, atau seringkali terbangun di malam hari karena merasa cemas, lelah, capek, dan lain sebagainya.

Itu sih gejala umum yang dialami oleh sebagian besar penderita insomnia.

Oh ya, kalau faktor penyebabnya apa aja ya?

…Insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, seperti gaya hidup, pola makan, usia, lingkungan sekitar, dll.

Faktor gaya hidup seperti kebiasaan untuk begadang, terbiasa mengalami tekanan-tekanan dalam hidup, dan lain sebagainya.

Pola makan ternyata juga memiliki pengaruh menjadi penyebab insomnia. Keseringan mengkonsumsi junk food (burger, makanan instan, dll), atau minum kopi, membawa pengaruh yang besar terhadap terjadinya insomnia.

Faktor lain, kondisi lingkungan sedikit banyak memberikan pengaruh seseorang terkena insomnia. Misalkan, jika anda tinggal di lingkungan yang sekitarnya selalu aktif di malam hari, maka itu pun akan berdampak pada kualitas tidur seseorang.

Gejala sudah tahu,, penyebab insomnia juga sudah tahu…

Berarti saatnya mencari tahu cara mengatasi insomnia yang terbukti ampuh.

Pertanyaannya sekarang, memang ada yang ampuh??

Tentu saja, tidak ada yang 100% ampuh sebagai cara mengatasi insomnia bagi semua orang. Karena, tiap orang memiliki karakteristik pola hidup yang berbeda, ketahanan tubuh, dan tingkat kesehatan mental berbeda pula.

Setidaknya, 10 metode berikut ini dapat digunakan sebagai cara mengatasi insomnia dan susah tidur setiap malam.

1. Minum Susu Hangat

Minum susu hangat 15 menit sebelum tidur telah dikenal untuk menenangkan sistem saraf Anda. Alih-alih minum kopi, akan lebih baik menggantinya dengan segelas susu hangat.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengatasi insomnia yang jitu. Dengan mandi air hangat, tubuh akan lebih rileks.

Tetapi, perlu diingat, jangan terlalu lama mandi air hangat, karena dapat menguras vitalitas tubuh Anda. Anda juga bisa menambahkan secangkir baking soda atau garam mandi untuk mengusir racun keluar dari tubuh Anda.

10 cara mengatasi insomnia dengan mudah
10 cara mengatasi insomnia dengan mudah

3. Konsumsi makanan tertentu sebelum tidur

Makanan dengan jumlah besar asam amino L-tryptophan membantu kita tidur lebih baik, menurut sebuah penelitian. Ini termasuk telur, keju cottage, ayam, kalkun, kacang mede dan susu hangat.

4. Hindari Kafein, Alkohol dan Rokok

Kebanyakan orang berpikir kopi adalah satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Salah. Teh non-herbal seperti teh hitam, minuman Cola dan bahkan cokelat mengandung kafein yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol akan mengganggu tidur sama seperti tembakau dari rokok.

5. Tidur Terlentang, jangan tengkurap

Beberapa orang tidur dengan cara yang berlawanan. Tidur tengkurap menyebabkan tekanan pada semua organ internal Anda. Ini juga dapat menyebabkan leher kaku.

Cobalah tidur dengan terlentang. Ini adalah posisi tidur terbaik bagi organ internal untuk beristirahat dengan baik. Akan lebih baik lagi, jika tidur dengan posisi menghadap ke kanan dan bukan ke kiri.

6. Tidur di Kamar dengan Ventilasi yang Baik

Ventilasi sangat berpengaruh untuk memberikan udara segar ke dalam kamar. Jika tidak memiliki ventilasi, gunakan AC atau kipas, tetapi usahakan suhu berkisar antara 25-28 derajat Celcius.

7. Minum Teh Herbal

Jika tidak menyukai susu hangat atau produk susu lainnya, cobalah secangkir teh herbal. Ini akan membantu Anda tidur lebih baik.

8. Rajin-rajinlah berolahraga dengan rutin

Pekerja kantoran biasanya lebih potensial menderita insomnia daripada pekerja lapangan, yang mendapatkan latihan fisik selama bekerja.

Berikan gerakan olahraga ringan 15 Menit atau setidaknya 30 menit sebelum tidur akan membantu tubuh rileks dan tidur lebih baik.

9. Hindari Tidur siang

Sebaiknya, penderita insomnia menghindari tidur siang. Dengan melewatkan tidur siang, tubuh Anda akan lelah dan lebih mudah tertidur di malam hari.

10. Praktekkan Teknik Refleksi

Berbaring terlentang, dan goyangkan jari-jari kaki Anda ke atas dan ke bawah selama sekitar 12 kali.

Ini akan membuat tubuh lebih rileks, luar dalam. “Meridian” adalah saluran energi yang biasanya menggunakan metode akupunktur.

Meridian di kaki Anda terhubung dengan setiap organ dan setiap bagian dari tubuh Anda. Teknik ini akan membantu untuk memberikan energi santai dalam tubuh Anda.

Itulah kesepuluh cara mengatasi insomnia dengan mudah, alami, dan sederhana. Langsung dipraktekkan agar tidur Anda menjadi berkualitas. Selamat mencoba!

Referensi: CaraSehat.net

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.