Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Memotret Saat Mendaki Gunung Bagi Pemula

0 175

Kalau kamu hobi mendaki gunung dan fotografi, mengabadikan momen perjalanan dan berbagai spot yang indah selama pendakian merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Tentu saja, mengabadikan momen dengan mengambil gambar di atas gunung, berbeda dengan tempat-tempat lainnya. Butuh perhatian khusus agar hobi fotografi kamu tersalurkan dengan nyaman, tetapi tetap memperhatikan keselamatan. Berikut ini tips sederhana yang perlu diperhatikan untuk kamu yang akan mendaki gunung plus menyalurkan hobi fotografi. Yuks kita simak.

1. Bawalah Tripod Selalu!

tips fotografi di gunung
Sumber Gambar: www.wallpapername.com

Tripod ini udah wajib bagi fotografer yang mau mengabadikan pemandangan di gunung. Apalagi kalau mau memfoto langit malam. Dijamin 100 persen membantu bener. Nggak bakalan bikin gambar goyang dan tangan pegal deh! Selain itu ada jenis tripod tipe lain bernama monopod. Nah Monopod ini bisa berfungsi sebagai tongkat saat menjelajah gunung loh. Bahkan monopod terterntu bisa berubah jadi tripod saat digunakan.

2. Bawa Lensa Panorama

tumblr_md4w7bOQs41qz8q0ho1_r1_500h
Sumber Gambar: 36.media.tumblr.com

Gunung itu merupakan “surganya” fotografi. Mulai dari sesuatu yang kecil sampai yang besar akan sangat indah sekali, terutama menyajikan pemandangan yang luar biasa. Oleh karena itu bawalah lensa panorama untuk memaksimalkan hasil foto. lensa lain seperti lensa macro dan tele pun akan tetap berguna juga. Bahkan membawa semua lensa pun juga bisa, hanya saja semakin banyak lensa kamu bawa tentu akan menambah beban. Jadi, bijaklah membawa lensa yang diperlukan.

3. Baterai di Gunung Lebih Cepat Drop

ximg_520d2d46af86d.png.pagespeed.ic.fdDGLZGVxC
Sumber Gambar: cdn9.howtogeek.com

Buat yang baru pertama kali naik gunung, akan kaget kalau baterai lebih cepat habis dibanding di dataran rendah. Tidak hanya untuk kamera, barang elektronik sekalipun seperti handphone akan mempunyai masalah yang sama di tempat dingin. Nah untuk mengatasinya, sebaiknya membawa baterai cadangan. Jangan lupa untuk simpan baterai di tempat hangat.

4. Memory Card Penting!

51463-img_2388
Sumber Gambar: files.tested.com

Selain membawa baterai cadangan, memory card dengan kapasitas banyak atau tambahan memory card akan sangat membantu. Setelah selesai memfoto, jangan lupa untuk di backup foto hasil jepretan, baik ke laptop, atau ke media penyimpanan digital yang lain. Jangan lupa, peralatan fotografi tersebut, disusun rapi di dalam tas carrier. Lebih lengkapnya, simak artikel ini tentang tips packing barang yang benar saat naik gunung.

5. Dapatkan Informasi Waktu & Cuaca Setempat

gunung
Sumber Gambar: media.twnmm.com

Sebelum naik gunung pastikan mendapatkan informasi tentang keadaan cuaca dan momen yang bagus, baik dari bertanya teman maupun mencari informasi di internet. Kalau kita sudah mempunyai pengetahuan ini, dijamin kita bakal mempersiapkan dari hal terburuk sampai menemukan momen yang tepat. Jadi kita tidak salah waktu saat mendaki gunung.

6. Jangan Lupakan Diri Sendiri

tips memotret di atas gunung
Sumber Gambar: shoottheframe.com

Nah ini yang paling penting diantara dijabarkan di atas. Sebelum memfoto, pastikan diri kamu dalam kondisi sehat dan badanmu terlindungi baik. Jangan sampai deh, memburu mati-matian untuk dapat foto bagus, ehh kamunya sakit dan lebih parah lagi terancam nyawamu karena sesuatu tidak terduga. Oleh karena itu pastikan segala sesuatu berjalan baik. Adapun jika kamu berada dalam kondisi berbahaya, lebih baik memilih prioritas keselamatan terdahulu. sebab percayalah bahwa momen yang indah akan muncul kembali.

Jadilah pendaki gunung yang keren dan bertanggungjawab, plus fotografer yang handal. Demikian artikel ini dibuat. Semoga berguna bagi pembaca. Terima kasih.

Referensi: www.viewindonesia.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.