Jatik.com
to Inspire. be Social.

Perlengkapan Naik Gunung yang Harus Dibawa Apa Saja ya?

0 137

Buat pendaki pemula, pernah bingung nggak sih, perlengkapan naik gunung apa aja yang harus dibawa? Sebagai pendaki pemula, harus mencari informasi yang akurat dan tepat agar keinginanmu untuk naik gunung dibarengi dengan persiapan yang baik. Informasi bisa kamu dapatkan dari teman-temanmu yang sudah pernah naik gunung, internet, majalah, dll. Kali ini, Jatik.com coba membantumu dengan menjelaskan beberapa perlengkapan naik gunung / barang yang harus dibawa. Perlengkapan-perlengkapan di bawah ini standar yang wajib ada, baik perseorangan maupun kelompok. Yuks kita simak!

1. Jaket dan Pakaian Cadangan

perlengkapan naik gunung
Sumber Gambar: www.vulcan100.com

Jaket dan pakaian itu adalah perlengkapan naik gunung paling utama. Yang perlu dibawa seperti jaket yang mampu menghangatkan tubuh (jaket hiking direkomendasikan), jaket hujan, baju, celana, sarung tangan, kaos kaki dan pakaian dalam. Tanpa itu dijamin bakalan mengacaukan aktivitasmu di atas gunung. Jadi jangan sampai lupa bawa barang-barang ini ya!

2. Sepatu

perlengkapan naik gunung sepatu
Sumber Gambar: image.sportsmansguide.com

Salah satu perlengkapan naik gunung pendukung selanjutnya adalah diusahakan memakai sepatu. Biar bagaimanapun juga, sepatu melindungi semua bagian kaki dibandingkan sandal. Rekomendasi yang disarankan adalah sepatu yang mampu melindungi mata kaki/sepatu boots, yang terbaik adalah sepatu khusus hiking.

3. Tas Ransel / Backpack / Carrier

Tas carrier atau backpack
Sumber Gambar: tasdeuter.com

Beberapa kesalahan pendaki pemula adalah memakai tas sembarangan. Selain itu, manajemen barang yang asal dimasukan ke dalam tas akan berefek saat dalam perjalanan. Jadi sebaiknya, pilih tas yang memang didesain untuk naik gunung, yakni tas carrier atau backpack. Juga, masukan barang-barang yang memiliki bobot paling berat ke dalam tas terlebih dahulu. setelah itu baru paling ringan. Jadi perjalanan akan lebih terasa nyaman.

4. Perlengkapan Memasak

hiking-equipment-eatingandcooking500
Sumber Gambar: www.carandcamping.co.uk

Kalau naik gunung jangan lupa membawa perlengkapan memasak ya! termasuk pisau lipat, pemantik api, panci kecil, kompor kecil, tisu dan peralatan makanan. Jangan lupa juga belajar memasak ya! Memasak saat ini tidak hanya didominasi oleh kaum hawa saja loh! Lelaki pun juga harus belajar memasak juga.

5. Air dan Makanan

Makanan ringan untuk naik gunung
Sumber Gambar: zzella.files.wordpress.com

Makanan yang paling direkomendasikan untuk naik gunung terutama mengandung karbohidrat, protein, sayur-sayuran dan buah-buahan. Lebih baik jika makanan makanan tersebut mampu membuat kenyang dalam jangka panjang. Adapun bawa air 1500 ml sangatlah menguntungkan, mengingat sumber air mata gunung tidak setiap saat kita temui. Di sinilah penggunaan air sebisa mungkin dihemat.

6. P3K

perlengkapan naik gunung P3K
Sumber Gambar: outdoorgearmadness.com

P3K ini perlengkapan naik gunung wajib buat siapapun, terutama jika ada yang mengalami masalah kesehatan. Mulai dari luka sampai gangguan penyakit. Jadi jangan lupa bawa ini ya kalau naik gunung, terutama untuk petolongan pertama.

7. Peralatan Navigasi dan Komunikasi

How-To-Choose-A-Hiking-Compass
Kompas, salah satu perlengkapan naik gunung yang wajib dibawa

Walaupun fitur smartphone masa kini sudah dilengkapi piranti digital masa kini, ada kalanya komunikasi akan terganggu saat berada di gunung. Apalagi baterai elektronik akan cepat drop saat berada di gunung, bisa celaka tuh. Oleh karena itu, disarankan punya peralatan non elektronik macam kompas dan peta.

8. Kantong Sampah

00-plastic-bags
Sumber Gambar: img2-2.timeinc.net

Nah kalau ini yang sering dilupakan para pendaki. Plastik ini fungsinya bukan naruh barang barang kotor doang. Tetapi juga, menaruh semua sampah-sampah pendaki. Jadi please deh. Jangan naruh sampah sembarang di gunung ya! tapi masukkan ke plastik dan buang sampah pada tempat yang telah disediakan pihak pengelola.

9. Pluit

828941_pb
Sumber Gambar: www.worldscoutshops.com

Pluit? Emang mau jadi tukang parkir di gunung? Bukan lah. Pluit ini juga perlengkapan naik gunung yang memiliki fungsi penting. Di saat sinyal komunikasi di gunung buruk, pluit menjadi barang berguna. Fungsi pluit yang paling simpel adalah sebagai penanda keberadaan kita. Terutama saat kita terpisah dari kelompok. Jadi selalulah bawa pluit pada situasi apapun.

10. Tenda

tenda, perlengkapan naik gunung
Sumber Gambar: 38.media.tumblr.com

Kalau kepengen tempat yang nyaman di gunung dan bisa dibawa kemana-mana, bawalah tenda. Apalagi kalau sudah bertemu hujan, tenda bakal berguna banget loh. Tenda adalah perlengkapan naik gunung yang dikategorikan dalam perlengkapan kelompok, bukan perseorangan.

11. Sleeping Bag

sleeping-outside
Sumber Gambar: www.theoutdoorsguy.com

Sleeping bag punya berbagai macam fungsi. Selain berfungsi menghangatkan saat tidur, juga bisa ganti pakaian di dalam loh. selain itu kamu bisa menyimpan barang-barang penting di dalam sleeping bag saat tidur.

Wow? Terlihat banyak dan berat kan? Semua perlengkapan naik gunung tersebut ada fungsinya loh!

Jadi jangan anggap remeh deh kalau sudah naik gunung nggak membawa peralatan tersebut. Bisa-bisa fatal sekali akibatnya kalau dibawah. Kalaupun membawa peralatan lain pun juga bisa. Hanya saja pasti akan menambah beban tasmu dan kamu pun belum tentu sanggup membawanya kalau tidak didukung stamina yang kuat. Supaya lebih ringan, kamu diskusikan bersama teman-teman dalam kelompokmu, mana yang dibawa untuk perseorangan, mana barang-barang yang dibagi di dalam kelompok.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga berguna bagi pembaca budiman. Kalau mempunyai tambahan opini, silahkan berpendapat. Salam jatik!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.