Jatik.com
to Inspire. be Social.

Karya Kaligrafi Arab Seorang Mualaf Muslim Jepang ini Sungguh Menakjubkan, Terinspirasi dari Al Quran

1 318

Memang, karya kaligrafi Arab yang dihasilkan oleh seorang muslim Jepang ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Bagaimana tidak, kaligrafi arab yang telah dibuatnya tersebut mampu menjadi pemenang di berbagai penghargaan internasional.

Siapakah sebenarnya dia? Bagaimana kisah beliau dalam mempelajari seni kaligrafi Arab tersebut?

Beliau dikenal dengan nama Master Fuad Honda (本田 孝 一), seorang mualaf Muslim Jepang yang ahli dalam kaligrafi Arab. Master Fuad Honda juga adalah presiden Asosiasi Kaligrafi Arab Jepang / Japan Arabic Calligraphy Association (JACA).

Selain sebagai memiliki jabatan presiden di organisasi JACA, Master Fuad Honda juga adalah seorang profesor hubungan internasional di Universitas Daitō Bunka.

Bernama lengkap Fuad Koichi Honda, lahir pada tahun 1946 di Tokyo. Beliau lulus dari Universitas Tokyo Studi Asing pada tahun 1969, yang saat itu dia mempelajari bahasa Arab.

Pada tahun 1975, Mr. Fuad Koichi Honda bekerja dengan bergabung di perusahaan Pacific Aerial Survey Co. saat dimana beliau banyak menghabiskan masa hidupnya di Timur Tengah untuk belajar kaligrafi Arab.

Mr. Fuad sangat dikenal oleh dunia sebagai salah satu master terbaik dalam membuat kaligrafi Arab. Karya-karya menakjubkan dari Mr. Fuad Honda ini telah juara di beragam event internasional.

Beberapa diantaranya adalah pada tahun 1990, memenangkan Jury’s Encouragement Prize di ajang kontes Kaligrafi Arab Internasional (International Arabic Calligraphy Contest).

Karyanya yang paling terkenal dari seni kaligrafi tersebut, merupakan bagian dari Al Qur’an.

Untuk menjadi master dan meraih penghargaan di bidang seni kaligrafi ini, butuh proses pembelajaran yang sangat panjang.

Mr. Fuad Honda memulai belajar bahasa Arab dari sejak empat puluh tahun yang lalu. Inspirasi utama dia membuat karya seni kaligrafi Arab terilhami dari saat membaca Al Qur’an dalam bahasa Arab yang merupakan bagian tak terpisahkan.

Menariknya, dia mempelajarinya pada saat masih belum memeluk Islam. Kemudian, setelah begitu lama mempelajarinya, beliau merasakan esensi dari Al Qur’an yang merasuk dalam relung jiwanya.

Beliau akhirnya, memutuskan untuk memeluk Islam karena ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karya-karya seni kaligrafi Arab dari Mr. Fuad Honda adalah gaya Jepang yang mencoba mengekspresikan tentang Islam dan budaya Islam.

Selain itu, beliau juga mengisi di stasiun televisi Al Jazeera Arab dalam memberikan pengajaran tentang seni kaligrafi Arab.

Berikut video beliau saat memberikan pelajaran seni kaligrafi:

Beberapa karya seni kaligrafi Arab dari Mr. Fuad Honda di galeri foto berikut:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.