Hmm…Gimana ya Cara Mengatasi Tumitku yang Kering

0 143

Apakah kamu mengalami tumit yang kering? Gimana sih cara mengatasi tumit kering? Tumit kering memang seringkali dialami terutama oleh para cewek. Ini biasanya karena pemakaian sepatu hak tinggi untuk aktivitas berjalan atau bahkan berlari. Tumit kering ternyata tidak hanya membuat kakimu terlihat tidak bagus, tetapi terkadang juga muncul rasa nyeri, gatal dan terbakar. Gejala ini tentu akan membuatmu merasa tidak nyaman untuk beraktivitas, apalagi di tempat kerja, kuliah, atau sekolah.

Kamu tau ga penyebab tumitmu menjadi kering?

tumit_kering

Penyebab tumit kering dalam http://www.puterikasih.com/2015/02/tips-merawat-tumit-pecah-atau-merekah/

Mengapa muncul tumit kering? Tumit kering itu karena adanya kulit kering yang disebut xerosis. Xerosis ini juga terjadi pada kulit di bagian tubuh yang lain. Xerosis biasanya disebabkan oleh obat-obatan, kelembapan rendah, atau bahan-bahan tertentu pada sabun mandi kamu. Xerosis juga bisa disebabkan oleh gejala medis tertentu seperti, eksim, tiroid, psoriasis, diabetes, dll. Lalu gimana sih caranya mengatasi tumit kering ini?

#1 Gosok tumit kering dengan batu apung

batu_apung

Batu apung dalam http://www.indonetwork.net/CV_HartaAlamJaya/3873925/batu-apung-pumice-stone.htm

Kamu dapat mengatasi tumit kering dengan menggosok-gosokkan batu apung di tumit keringmu. Lakukan aktivitas ini sehabis mandi setiap hari. Batu apung banyak dijual di pasar.

#2 Gunakan lotion / krim yang berbahan dasar asam laktat

Krim untuk tumit kering dalam http://www.majalahkita.net/news/?cid=15

Belilah krim yang berbahan dasar asam laktat yang dicampur dengan petroleum jelly. Kamu bisa mencarinya di internet atau apotik dan toko kesehatan. Gunakan krim ini setiap malam pada tumitmu, lalu gunakan kaos kaki. Tumitmu yang tadinya kering akan menjadi halus dengan penggunaan secara rutin

#3 Bisa juga kamu gunakan krim yang berbahan dasar lanolin

krim_tumit_kering

Krim berbahan lanolin dalam http://www.wabisabibaby.com/2009/green-tea-lotion/

Krim berbahan dasar lanolin itu biasanya dipakai sebagai krim untuk ibu menyusui. Kamu dapat mencarinya di pasar, apotik, dan toko kesehatan. Oleskan krim tersebut di malam hari, lalu gunakan kaos kaki. Lakukan secara rutin niscaya tumit keringmu akan menjadi lebih halus.

#4 Alternatif lainnya, gunakan sponge saat mandi

dog_bath_sponge1

Sponge mandi dalam http://mjdog.com/product/dog-bath-sponge

Jika kamu mengalami tumit kering hingga ke tungkai, kamu bisa menggunakan sponge saat mandi atau bisa juga produk untuk eksfoliasi kulit. Selanjutnya, oleskan body lotion dua kali sehari sesudah mandi.

#5 Konsultasi ke dokter

Konsultasi ke dokter dalam http://www.rumahsehatterpadu.or.id/spesialis-penyakit-dalam/

Jika beberapa tips sebelumnya tidak bisa mengatasi tumit keringmu, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Jadi, itu beberapa tips untuk mengatasi tumit kering. Semoga bermanfaat ya. Jika kamu memiliki tips lainnya, boleh kok berbagi disini.

Loading...