Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Lulus Ujian Praktek SIM C. Mau Tahu? Cek Disini!

0 3.253

Anda pengendara motor ingin mendapatkan sim C dan saat ini akan menghadapi ujian praktek sim C? Atau seringkali gagal dalam ujian praktek sim C? Berikut ini tips lulus ujian praktek sim C.

Bagi para pemohon sim C, seringkali ujian praktek (selain ujian teori tentunya) menjadi momok yang menakutkan. Karena, sebagian besar pengendara yang ingin mendapatkan sim C selalu gagal di ujian prakteknya.

Bahkan, tak sedikit para pemohon sim C yang akhirnya harus menempuh jalan pintas agar lulus ujian praktek SIM C dengan cara menyuap petugas polisi.

Tentu saja, cara ini ilegal dan tidak diperbolehkan secara hukum. Tetapi, banyak yang melakukan hal tersebut karena sudah putus asa selalu gagal dalam ujian praktek.

Lalu, bagaimanakah solusi mendapatkan sim C tetapi dengan cara yang bersih tanpa harus suap-menyuap? Maka, jika diandaikan ujian itu perang, maka Anda harus sudah menyiapkan peralatan dan strategi perangnya terlebih dahulu agar menang.

Untuk ujian teori, Anda harus mencari tahu soal ujian teori sim C seperti apa yang nantinya akan diujikan. Di google banyak sekali informasi tentang hal tersebut dan kita bisa mempelajarinya.

Khusus untuk ujian praktek, Anda juga harus mengetahui seperti apa ujian yang akan dilakukan.

Nah, artikel ini akan memberikan tips lulus ujian praktek sim C, walaupun tidak dijamin 100% akan lulus karena apa yang dilakukan oleh setiap pengendara motor hasilnya berbeda dengan pengendara motor lainnya.

Tips #1

Anda harus mengetahui kapan waktu melaksanakan ujian praktek sim C tersebut. Jangan sampai terlewat dari tanggal yang sudah dijadwalkan. Jika saat ini kondisinya mengulang untuk ujian praktek kedua, maka catat dengan baik jadwal ujian praktek untuk kedua kalinya.

Tips #2

Biasanya, ujian teori SIM C dan ujian prakteknya butuh waktu berjam-jam, karena banyaknya pemohon. Disarankan agar Anda tidak lupa untuk sarapan / membawa bekal agar badan tetap fit dalam menjalani ujian.

Tips #3

Beberapa hari sebelum ujian praktek sim C, usahakan mencari video yang menayangkan tentang apa saja materi yang akan diujikan dalam ujian praktek sim C tersebut.

Jangan khawatir, kami telah mendapatkan salah satu video yang bisa menjadi referensi bagi Anda sebagai tips lulus ujian praktek SIM C di bawah ini.

Tips #4

Tips lulus ujian praktek SIM C selanjutnya adalah beberapa hari sebelum Hari H, jika memungkinkan lakukan percobaan (simulasi) materi-materi yang akan diujikan di ujian praktek. Anda bisa membuat bahan-bahannya sendiri dan disesuaikan seperti video di atas.

Tips #5

Sebagian besar kegagalan dalam ujian praktek disebabkan oleh faktor psikologis, seperti tidak fokus, deg-degan karena ditonton banyak orang, dan lain sebagainya.

Berusahalah untuk menciptakan kondisi dimana Anda bisa mengatasi kegagalan karena faktor psikologis tersebut.

Carilah cara bagaimana agar bisa tetap fokus ketika sedang menghadapi ujian (tiap orang tentu punya caranya tersendiri). Atau yang biasa deg-degan karena ditonton banyak orang, cobalah membuat simulasi dengan ditonton oleh teman-teman Anda.

Tips #6

Pada saat di kantor polisi untuk melakukan ujian praktek, saat dijelaskan oleh petugas penguji, diusahakan untuk bertanya. Karena dengan bertanya akan membantu mengurangi rasa ragu-ragu dan suasana menjadi lebih cair.

Tips #7

Jika mendapatkan pilihan motor manual atau otomatis? Ini sebenarnya masalah kebiasaan. Gunakan motor yang sudah menjadi kebiasaan bagi Anda. Kalau sudah terbiasa motor matic, gunakan matic. Jika terbiasa manual (gigi), gunakan motor manual.

Tips #8

Tips lulus ujian praktek SIM C berikutnya adalah melakukan pemanasan. Ya, mintalah izin terlebih dahulu kepada petugas penguji untuk melakukan pemanasan dengan cara berputar-putar sebentar menggunakan motor yang sudah dipilih.

Ini dilakukan agar Anda terbiasa dengan motor yang akan digunakan untuk ujian nantinya. Dan pastinya, pemanasan ini dilakukan diluar jalur uji praktek.

10 tips lulus ujian praktek SIM C
10 tips lulus ujian praktek SIM C

Tips #9

Sebelum mulai melakukan uji praktek, disarankan untuk berdoa terlebih dahulu agar psikologis kita jauh lebih tenang.

Tips #10

Ketika sudah mengendarai motor, diusahakan membuka gas tidak terlalu besar dan harus dalam kondisi stabil. Sebaiknya tidak buka tutup gas, karena akan mengganggu keseimbangan dan konsentrasi Anda.

Berkendaralah seperti Anda sedang melewati genangan banjir. Perlahan dan stabil. Kaki tetap berada di atas pedal rem. Dan atur kaki agar tidak terlalu menginjak pedal rem karena akan membuat motor sulit melaju.

Ikutilah rambu-rambu atau petunjuk yang telah disediakan dalam uji praktek tersebut. Sebagai referensi, rambu-rambu / petunjuk tidak jauh berbeda seperti yang di video tersebut.

Itulah kesepuluh tips lulus ujian praktek SIM C bagi Anda pengendara motor yang sedang atau akan menghadapi uji praktek SIM C. Ada tips lainnya? Berbagi disini yuk!

Referensi Tambahan:

www.kompasiana.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.