Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Mengenal 3 Jenis Keputihan Pada Wanita

Apakah keputihan yang anda alami adalah suatu hal yang normal, atau terdapat suatu tanda yang serius?

0 33

Apakah keputihan yang anda alami adalah suatu hal yang normal, atau terdapat suatu tanda yang serius? Jika Anda melihat cairan putih dengan texture lembut, jangan panik. Dalam kebanyakan kasus, jenis pelepasan ini sangat normal terutama jika tidak berbau. Jenis keputihan apa saja yang seringkali terjadi pada wanita?

Mari kita lihat lebih dekat jenis-jenis keputihan yang paling umum untuk membantu Anda menentukan apakah kasus Anda normal atau jika tidak, apakah sudah waktunya menemui dokter Anda.

3 Jenis Keputihan Pada Wanita

1. Keputihan Dengan Warna Putih Susu

Jenis keputihan dengan warna putih susu adalah sangat normal, dan bisa menjadi indikasi beberapa hal. Banyak wanita mengalami jenis keputihan saat ovulasi (Masa subur). Jika pelepasannya melar, kental dan berwarna putih, kemungkinan itu hanya pertanda bahwa Anda sedang berovulasi.

Baca juga : Daftar Makanan Penyebab Keputihan

Dalam beberapa kasus, keputihan jenis ini bisa menjadi tanda awal kehamilan. Bagi beberapa wanita, ini adalah tanda pertama yang mereka perhatikan, dan ini disebut leucorrhea. Ciri lain keputihan jenis ini benar-benar tidak berbau atau mengandung bau yang sangat ringan.

2. Cairan Keputihan Kental

Wanita mungkin mengalami jenis keputihan ini selama berbagai tahap siklus menstruasi mereka atau selama kehamilan.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan ini biasanya sangat mengkhawatirkan beberapa wanita, namun dalam kebanyakan kasus, jenis pelepasan ini juga cukup normal. Seiring siklus Anda berlangsung, keputihan Anda akan mulai menebal.

Wanita mengalami banyak perubahan selama kehamilan, dan peningkatan volume cairan keputihan. Kebanyakan wanita mengalami cairan putih kental pada tahap awal kehamilan mereka.

Selama masa ini, vagina Anda bekerja lembur untuk menghasilkan lebih banyak cairan. Mengapa? Untuk menjaga serviks tetap sehat, lembab dan tertutup rapat. Panas tubuh terkadang bisa menjadi pemicu pelepasannya, yang menyebabkannya keluar dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

Pelepasan kental ini juga bisa normal selama trimester ketiga kehamilan Anda.

Selama pelepasannya putih atau bening dan tidak berbau, rasanya normal dan tubuh Anda hanya melakukan tugasnya untuk menjaga agar serviks Anda tetap bersih dan sehat.

Beberapa penyebab paling umum dari pelepasan keputihan kental meliputi:

Ovulasi: Kebanyakan wanita mengalami pelepasan berlebihan selama ovulasi. Selama masa ini, kadar progesteron dalam tubuh tinggi, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan daripada normal. Jika Anda melihat pelepasan berat 10-14 hari setelah hari pertama menstruasi Anda, ini kemungkinan hanya merupakan tanda ovulasi dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga : Mengatasi Keputihan Dengan Daun Sirih

Kehamilan: Ini juga normal bagi wanita untuk mengeluarkan pengeluaran berlebihan pada tahap awal kehamilan. Selama masa ini, vagina memproduksi lebih banyak lendir untuk menjaga serviks tertutup rapat, lembab, bersih dan sehat.

Gairah Seksual: Vaginal discharge bisa berperan sebagai pelumas alami untuk melakukan hubungan seksual. Hormon yang sama yang menyebabkan Anda terangsang adalah obat yang sama yang menyebabkan sekresi cairan tetap stabil. Jika Anda terangsang secara seksual, Anda mungkin memperhatikan jumlah pelepasan yang berlebihan untuk alasan ini.

Stres: Jika Anda mengalami banyak tekanan, Anda mungkin akan melihat lebih banyak pelepasan. Stres bisa membuat ketidakseimbangan hormonal, yang bisa mempengaruhi jumlah discharge yang Anda keluarkan.

Pelepasan berlebihan yang disebabkan oleh stres tidak berbahaya, namun Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan stres guna mencegah masalah kesehatan di masa depan.

3. Kental, berbau dan bewarna.

Penting untuk mengetahui apakah seseorang mengalami keputihan normal atau debit abnormal. Pelepasan keputihan bisa saja dengan volume normal. Tapi, jika warna pelepasannya berwarna seperti:

  • Putih keabu-abuan
  • Berkarat
  • Hijau
  • Kuning
  • Coklat

Ini perlu menjadi perhatian serius para wanita. Inilah saatnya untuk segera menunjukkan dokter. Hal ini umumnya disebabkan oleh efek ragi atau pertumbuhan jamur di daerah tertentu. Orang yang menderita diabetes dan diberi resep antibiotik juga bisa menjadi alasan untuk pembuangan putih dan kental dan bewarna tersebut.

Baca juga : Penyebab Keputihan Tidak Normal Yang Harus Wanita Ketahui

Keputihan dengan warna kuning kehijauan dengan bau tak sedap juga sangat berbahaya bagi kesehatan wanita. Istilah medis yang digunakan untuk itu adalah trikomoniasis yang merupakan bentuk penyakit menular seksual.

Sebagai kesimpulan, debit keputihan kental adala normal dalam banyak kasus. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa pelepasan Anda bersifat kental, berwarna dan membawa bau busuk, barangkali Anda dapat mencoba beberapa pengobatan herbal alami untuk keputihan untuk menghindari berbagai efek samping berbahaya, sebelum menunjukkan ke dokter.

Loading...
Sumber HS
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

lima × 4 =