Guys, Katakanlah Selamat Tidur pada Insomnia, Ini Caranya!

0 122

Apakah Anda kadang-kadang merasa kurang tidur? Seperti apakah kualitas tidur Anda? Ataukah terbangun dengan perasaan lelah dan kurang energi? Selain itu, apakah Anda merasa kesulitan berkonsentrasi dan tidak merasa optimal menjalani aktivitas seharian? Besar kemungkinan, insomnia telah menyerang Anda!

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sepertiga dari populasi dunia mengalami insomnia pada beberapa fase dalam hidup mereka. Dari sepertiga tersebut, sekitar lima persen memerlukan perawatan medis.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika terkena gejala insomnia? Sebelumnya, kami telah memberikan tips cara mengatasi insomnia dan bisa dibaca kembali disini.

Selain tips tersebut, berikut adalah teknik pengobatan alami yang dapat membantu Anda tidur tanpa bantuan intervensi medis.

Sebelum tidur, luangkan waktu untuk duduk dan bersantai. Daftarlah beberapa musik lembut, dan lakukan beberapa latihan pernapasan. Hal baik yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan menghindari kafein, alkohol, dan nikotin.

Anda bisa mulai dengan secangkir susu panas setiap malam dan mandi air hangat. Susu mengandung protein yang disebut tryptophan, yang membantu untuk mempercepat tidur.

Mandi air hangat akan menurunkan suhu tubuh Anda dan mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Jika susu panas tidak cocok / disukai, cobalah teh chamomile, yang dikenal untuk menenangkan saraf.

Menonton TV, membaca dan makan di kamar tidur malah tidak akan membuat kita akan mudah tertidur. Ini karena tubuh Anda tidak akan mengasosiasikan kamar tidur Anda dengan tidur.

Kamar tidur harus dibuat dengan suasana yang nyaman, tenang, ataupun cahaya yang agak redup. Kondisi ini akan membuat tubuh semakin rileks, dan perlahan-lahan menstimulus otak untuk rileks juga, sehingga tertidur.

Akan sulit untuk tidur jika pikiran Anda penuh dengan hal-hal yang harus dilakukan keesokan hari. Untuk mengatasi hal ini, tulislah daftar to-do untuk esok hari. Ini akan membuat otak tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Atur pakaian Anda untuk dikenakan esok pagi dan siapkan bahan makanan yang akan dikonsumsi esok hari.

Pertimbangkan untuk tidak membuat janji di pagi hari jika Anda memiliki kecenderungan untuk khawatir tentang bangun di pagi hari.

Banyak dari kita juga memiliki kecemasan dan penyesalan atau peristiwa dari masa lalu yang mungkin masih menghantui kita.

Hal-hal seperti ini sangat mempengaruhi pola tidur Anda. Apapun masalah yang Anda alami di masa lalu, berusahalah untuk mengatasinya dengan baik. Memaafkan orang-orang yang terlibat, memaafkan diri sendiri, mulai ceritakan tentang masalah tersebut dengan anggota keluarga / sahabat / kawan karib, atau bahkan bertemu dengan psikolog jika perlu.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola segala aktivitas di kantor dan rumah, sehingga memiliki waktu untuk tidur malam yang baik.

Cara menyeimbangkan aktivitas di kantor dan rumah, bisa dibaca lebih lanjut disini.

insomnia

Seperti biasa, diet seimbang akan membantu pikiran juga lebih seimbang. Insomnia juga dipengaruhi oleh pola makan yang salah. Pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, vitamin, dan mineral.

Bulatkan tekad untuk membuang semua junk food, makanan-makanan yang sarat dengan kalori tapi tidak menawarkan nilai gizi. Lakukan banyak latihan olahraga dan insomnia Anda secara bertahap akan memudar dengan peningkatan energi di pikiran dan tubuh.

Jika Anda tetap tidak bisa tidur, bangunlah. Berbaring di tempat tidur dengan rasa khawatir tidak bisa tidur hanya akan membuatnya lebih buruk.

Bangunlah, masuk ke ruangan yang berbeda, dan lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda sampai merasa mengantuk.

Banyak obat-obatan juga akan mengganggu tidur Anda. Periksa ke dokter jika Anda masih mengalami insomnia setelah mempraktekkan beberapa hal diatas.

Pertimbangkan juga untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

  • amfetamin (pil diet),
  • levodopa (Parkinson),
  • antidepresan,
  • diuretik ( cairan),
  • beta blockers (jantung dan tekanan darah),
  • kortison,
  • cimetidine (ulkus),
  • clonidine (tekanan darah),
  • metildopa (tekanan darah) dan
  • ventolin (asma).

Selain itu, stres adalah salah satu penyebab terburuk dari insomnia. Dengan menggunakan teknik di atas dapat mengurangi stres. Atau bisa juga dilakukan dengan cara mengatasi stres ini.

Dan, ucapkan selamat tidur kepada insomnia. Semoga berhasil!

Loading...