Jatik.com
to Inspire. be Social.

Tips Karir: 6 Cara Mudah Menentukan Pilihan Karir yang Tepat

0 112

Pekerjaan yang saat ini dijalani merasa tidak cocok? Atau masih bimbang untuk mencari pekerjaan baru? Apakah memang pilihan karir saat ini tepat untukmu? Banyak pertanyaan yang terkadang membuat kita lelah dalam menjalani pekerjaan. Berikut 6 tips karir menentukan pilihan karir yang tepat bagimu.

Mungkin saat ini kamu merasa terjebak dalam karir diiringi dengan stress pekerjaan yang menumpuk, mengakibatkan banyak ketidakpuasan dalam hidupmu.

Bagaimana tidak, setiap hari kita harus berada di tempat kerja sekitar 8 jam atau lebih. Itu adalah sepertiga dari waktumu dalam sehari. Waktu yang cukup lama jika tidak merasakan kenikmatan untuk menjalaninya.

Jika kamu merasa bahwa pilihan karirmu saat ini adalah sebuah jebakan, atau banyak ketidakcocokan, dalam tips karir berikut kamu akan dapat menemukan cara bagus untuk menemukan karir ideal bagimu.

Enam tips karir cara menemukan pekerjaan yang tepat tersebut, yaitu:

#1 Lakukan brainstorm pada selembar kertas

Ini bisa jadi salah satu strategi termudah yang bisa digunakan untuk menemukan karir yang ideal. Ambillah selembar kertas dan tuliskan tujuan hidupmu dalam bentuk pertanyaan. Tuliskan daftar 20 jawaban atas pertanyaanmu tersebut.

Misalkan, kamu bisa menuliskan:

“Apa yang harus saya lakukan dengan waktu dan kehidupan saya?”

Duduk dan renungkanlah dengan mendalam untuk benar-benar menemukan jawaban atas pertanyaanmu tersebut. Dapatkan minimal 20 jawaban atas pertanyaan tersebut dan jangan berhenti sampai menemukannya. Ulangi setiap hari sampai kamu bisa menemukan jawaban yang tepat sesuai dengan hati dan pikiranmu.

#2 Tanyakan kepada 3 teman sahabat / teman terdekatmu

Terkadang, teman terbaik kita mengenal diri kita lebih baik daripada kita sendiri. Saat bertemu / curhat dengan salah satu sahabat terbaikmu, katakan padanya kamu sedang berada di kebingungan menentukan pilihan karir.

Tanyakan padanya apa yang mereka bisa sarankan untuk pekerjaanmu di masa depan. Bisa jadi, kamu akan menemukan jawaban atas kebingunganmu selama ini dan mendapatkan pekerjaan yang ideal untukmu.

#3 Meminta saran kepada rekan kerja atau bahkan atasanmu saat ini

Mungkin saja kamu memiliki partner kerja atau atasan yang bisa melihat potensi terpendam dalam dirimu, yang tak bisa dilihat oleh dirimu sendiri.

Mereka mungkin akan jauh lebih memahami tentang kelemahan dan kekuatan pada diri kita di lingkungan kerja. Kumpulkan semua jawaban dari mereka, dan carilah benang merah dari semua jawaban tersebut yang kemudian dapat dijelajahi lebih detail.

#4 Meminta saran kepada pencari tenaga kerja / konsultan karir

Untuk mendapatkan berbagai tips karir dan saran yang lebih profesional tentang masa depan karirmu, bisa juga didapatkan dari para konsultan karir di berbagai perusahaan perekrut tenaga kerja seperti Jobpedia.co.

Buat janji dengan salah satu perekrut dan utarakan maksudmu untuk meminta saran tentang karir. Mungkin, tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan janji tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba.

#5 Mengikut tes penilaian karir

Ini juga salah satu tips karir terbaik tentang cara menentukan pilihan karir yang tepat bagi kita. Ada beberapa website yang menawarkan kepada kandidat untuk mengikut tes ini.

Ada beberapa tes membutuhkan biaya, bahkan ada banyak yang menawarkan secara gratis. Kamu bisa memulai mencobanya dengan yang gratis.

Dalam tes karir ini, bisanya terdapat serangkain pertanyaan tentang apa yang baik, yang ingin dilakukan, apa yang disukai dan tidak disukai, dan masih banyak hal lainnya.

Mungkin saja, kamu akan menemukan beberapa hal baru yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut dari hidupmu, terutama tentang karir di masa depan.

#6 Buatlah jurnal pribadi tentang hidupmu

Apakah kamu sudah pernah membuat jurnal / catatan / diary tentang hidupmu sendiri? Jika belum, maka coba lakukanlah. Tulis, baca, dan cari benang merah dari tulisan-tulisanmu tersebut.

Terkhusus untuk pekerjaan dan karir, buat jurnal khusus tentang hal itu. Tuliskan banyak hal tentang kehidupan pekerjaanmu di masa lalu, saat ini, dan masa depan. Tuliskan apa yang disuka dan tak disukai dalam pekerjaan sehingga membuatmu merasa frustasi.

Misalkan, kamu membenci adanya seorang bos, bisa jadi kamu lebih suka profesi yang mandiri. Jika kamu tak menyukai partner kerja yang usil, bisa jadi kamu lebih memilih kantor sendiri.

Itulah 6 tips karir tentang cara menemukan pilihan karir yang tepat untuk diri kita. Menemukan apa yang ingin dilakukan dalam hidupmu, adalah salah satu keputusan yang terpenting yang bisa dilakukan.

Ingat, kita menghabiskan waktu sepertiga atau lebih setiap harinya di tempat kerja. Mengetahui karir yang tepat adalah PENTING agar sepertiga waktu kita tersebut dijalani dengan kebahagiaan dan produktif.

Artikel tips karir ini kontribusi dari tim profesional Jobpedia.co, sebuah website portal lowongan kerja terbaru di Indonesia.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.