5 Prinsip Mahasiswa Sukses, Ayo Banggakan Orangtuamu!

0 417

Menyandang status mahasiswa tentulah ada kebanggaan tersendiri, bagi pribadi maupun orang tua. Tidak semua orang bisa memiliki kesempatan yang sama untuk kuliah dan menjadi mahasiswa. Akan tetapi, apakah dengan gelar mahasiswa tersebut, kita tidak memaksimalkan potensi, daya pikir, dan skill untuk terus mengupgrade diri? Sangat disayangkan kita hanya menjadi mahasiswa yang “biasa-biasa” saja.

Jangan berpuas diri hanya dengan status mahasiswa. Raih impian, visi, dan misimu untuk menjadi seorang mahasiswa sukses dan berprestasi. Sukses untuk menggapai tujuan dari kuliah, sukses untuk meraih nilai akademis terbaik, sukses untuk mengaplikasikan semua ilmu di perguruan tinggi, sukses menyelesaikan kuliah tepat waktu, sukses membahagiakan orang tua saat di wisuda, dan berbagai sukses lainnya. Setiap mahasiswa pasti punya kriteria yang berbeda. Apapun capaian untuk menjadi mahasiswa sukses, jangan lupakan lima prinsip mahasiswa sukses berikut ini.

mahasiswa_sukses_berprestasi
5 prinsip menjadi mahasiswa sukses

1. Mahasiswa Sukses Spiritual

Cari lingkungan yang baik. Yang membuat kita senantiasa dekat dengan Allah. Banyak yang baik saat SMA malah hancur saat kuliah, begitu juga sebaliknya karena salah mencari lingkungan.

2. Mahasiswa Sukses Emosional

Kuliah tak cukup membuat emosi matang. Tempalah di organisasi intra atau ekstra kampus. sibukkan diri dengan hal positif seperti ikut seminar, magang, dan kegiatan lain yang mengembangkan diri.

3. Sukses Finansial

Banyak yang masih ngerepotin orang tua, biaya kuliah, makan, sampai ngekos. Padahal orangtua semakin bertambah bebannya untuk membiayai anggota keluarga lainnya. Belajarlah untuk prihatin dan mulai mandiri. Bisa dengan berjualan atau mencoba bekerja di tempat orang. Intinya berusaha untuk tak meminta, bahkan bisa memberi.

4. Mahasiswa Sukses Intelektual

Jangan kejar gelar, tapi kejar ilmu. Ilmu tak hanya dari dosen, tapi dari teman, dari lingkungan atau bahkan dari jalan-jalan. Belajarlah cara belajar efektif. Seperti cara membaca cepat, cara bernegosiasi, cara public speaking, dan cara menulis yang baik.

Mahasiswa sukses secara intelektual
Mahasiswa sukses secara intelektual

5. Mahasiswa Sukses Aksi

Buatlah perencanaan yang terarah sesuai visi misi hidup. 5 tahun, 10 tahun ke depan. Mau jadi apa? Apa yang mesti dilakukan? Apa yang bisa diberikan buat orangtua bahkan bangsa juga agama?

Semoga yang akan atau masih kuliah, tidak kuliah atau bahkan telah lulus kuliah bisa menerapkan lima prinsip sukses ini.

Sumber Tulisan:

Ditulis oleh Setia Furqon Kholid dalam laman pribadi Facebook dengan beberapa perubahan redaksional.

Loading...