5 Tips Agar Tidak Cepat Marah Pada Anak

0 139

Seringkali marah dan hilang kesabaran dengan tingkah laku anak-anak kita? Capek ketika mengurus anak-anak? Berikut lima tips agar tidak cepat marah pada anak.

Kondisi capek dan seringkali timbul emosi adalah hal biasa. Sebenarnya, kita sebagai orangtua bisa melawannya dan meminimalkannya.

Bagaimana caranya?

Dibutuhkan beberapa aspek untuk meredam cepatnya emosi naik saat menghadapi tingkah laku anak-anak kita. Hal itu bisa dilakukan dari segi agama, psikologi, kesehatan, baik dari orangtua maupun anak-anaknya.

Untuk itu, minimal lakukan 5 tips agar tidak cepat marah pada anak berikut ini:

1. Minimal seminggu sekali usahakan untuk membaca Al Quran, khususnya surah Al Baqarah dan Ali Imran

Hal ini dilakukan agar di rumah tidak dipengaruhi syetan. Sebelum membaca Al Quran, sebaiknya berwudhu terlebih dahulu. Air wudhu juga bisa lebih membuat diri kita tenang.

Dari Abdullan bin Mas’ud ra, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah salah seorang dari kalian senang dengan perbuatan tumpang kaki, sambil bernyanyi dan meninggalkan bacaan surat Al Baqarah. Karena sesungguhnya setan akan lari dari satu rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah. Dan sesungguhnya rumah-rumah yang paling sepi adalah yang kosong dari kitab Allah (bacaan Al Qur’an)” (HR Imam An Nasa’i dalam As Sunan Kubra no 10799, dengan sanad sahih).

Dalam sabda Rasulullah SAW disebutkan “Marah itu datangnya daripada syaitan dan syaitan itu diciptakan dari api, sedangkan api itu hanya dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, apabila salah seorang di antara kamu marah, hendaklah ia berwudhu” (Hadis Riwayat Abi Daud).

2. Mengkonsumsi Vitamin

Capek dan marah seperti adik dan kakak. Apabila seorang ibu sedang capek, biasanya akan mudah emosi dan ujung-ujungnya diluapkan kepada anaknya. Salah satu tips untuk meredam cepatnya emosi saat capek adalah dengan mengkonsumsi vitamin.

Zat besi dan Vitamin B1-B12 sangat penting untuk dikonsumsi bila kurang salah satu akan menyebabkan cepat capek dan berujung pada marah.

Mengapa kita capek?

Capek disebakan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Asupan vitamin tersebut bisa didapatkan dengan meminum madu, mengkonsumsi telur rebus, kurma, jus beet, pisang, chocolate. Terkadang juga dibantu dengan tambahan suplemen B12 dan zat besi. Insyaa Allah rasa capek langsung lenyap.

Vitamin B12 merupakan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk sintesis DNA dan memproduksi sel darah merah di sumsum tulang manusia.

Rendahnya tingkat vitamin B12 bisa menyebabkan pembelahan sel yang abnormal dalam sumsum tulang yang menghasilkan sel darah merah yang belum matang dan dikenal sebagai megaloblas.

Vitamin B12 alami dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan dari hewan. Sumber vitamin B12 diantaranya hati sapi, ikan, tuna, daging merah, telur, susu, keju, yoghurt dan sereal.

Makanan merupakan obat, oleh karena itu sangat diusahakan bagi ibu-ibu yang sibuk mengurus anak-anaknya untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan berkualitas (toyyib).

Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan dan daging. Dan, kurangi karbohidrat.

Untuk menambah zat besi, bisa mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, bayam, dan jagung. Didapatkan juga dari kacang-kacangan, yaitu almond, pistachio, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan aroma terapi minyak kesturi yang menenangkan

Saat di rumah jadi medan perang, anak-anak berantem, yang bayi minta di-cebokin, anak-anak mengotori lantai, dan lain sebagainya. Sebaiknya, ibu tetap tenang dan tidak terpacu dengan suasana tegang dan melelahkan tersebut.

Direkomendasikan untuk sesekali menghirup aroma terapi minyak kesturi sambil beristighfar berkali-kali.

4. Gula adalah “musuh” bagi anak

Sebaiknya, orangtua tidak terlalu sering memberikan banyak makanan manis-manis seperti permen, gula-gula, dan lain sebagainya.

Makanan manis bagi anak memicu anak lebih hiperaktif dan susah untuk diatur. Jika sudah susah diatur, maka orangtua pun akan lebih cepat untuk emosi.

5. Menjauhkan anak-anak dari tontonan kekerasan

Anak yang seringkali dibiarkan untuk menonton adegan kekerasan, seperti perkelahian dan perang, akan semakin membuat emosi anak tersebut tidak stabil. Hal ini, akan membuat anak menjadi susah sekali untuk diatur dan keras kepala.

Itulah kelima tips agar tidak cepat marah pada anak yang bisa diterapkan di rumah. Ada tips lainnya? Berbagi yuk disini.

Tulisan asli dari Umm Marwan dengan tambahan dan perubahan redaksional.

Loading...