Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Tips Sukses Berjualan Hanya Bermodalkan WhatsApp

Gak cuma asal jualan saja, kamu juga bisa sukses bisnis online via WhatsApp. Ini caranya!

0 199

Dinamis, kreatif, spontan, itulah euforia muda-mudi yang selalu ingin mengikuti tren termasuk media sosial. Medsos digunakan untuk menambah pertemanan, sarana komunikasi, bahkan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Salah satunya melalui media WhatsApp. Ini tips sukses berjualan via WhatsApp.

Ya, hanya dengan WhatsApp yang kamu miliki di smartphonemu, kamu dapat memulai berbisnis online dengan memaksimalkan semua fitur yang dimiliki oleh WhatsApp. Terlebih lagi WhatsApp Business yang sudah meluncur semakin memudahkan untuk berjualan.

Banyak orang telah sukses berbisnis online via WhatsApp karena memang sangat praktis, mudah, dan tidak mengeluarkan biaya besar. Dengan fitur utama chatting, memudahkan komunikasi antara kamu dan calon pembeli barang daganganmu.

Kamu juga dapat mengikuti jejak kesuksesan para pebisnis online yang menggunakan media WhatsApp untuk berjualan. Tetapi, dibutuhkan wawasan tentang tips sukses berjualan via WhatsApp agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah ke rekeningmu.

Berikut beberapa tips sukses berjualan via WhatsApp yang bisa dijadikan panduan awal.

1. Memperbanyak Pertemanan di WhatsApp

Ini langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka peluang baru pasar untuk jualan barang-barang daganganmu melalui WhatsApp. Semakin banyak network pertemanan yang dikenal maka potensi produk-produkmu akan terjual juga tinggi.

Teman-temanmu bukan tak mungkin hanya menjadi pembeli semata, tetapi juga menjadi reseller produk-produk milikmu jika memang bagus dan berkualitas.

2. Rutin Mengganti Gambar Profil dan Membuat Status

Hal lain yang bisa kamu lakukan jika ingin sukses berjualan via WhatsApp adalah dengan memaksimalkan fitur yang dimilikinya. Misalkan, hal termudah adalah rutin mengganti gambar profil akun WhatsApp dengan gambar-gambar produk yang kamu jual.

Selain itu, fitur update status WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk membuat story produk-produk yang kamu jual. Hal ini akan semakin memperluas dan mempercepat barang daganganmu laris terjual. Jaringan reseller yang kamu miliki pun akan semakin berkembang dengan update beragam produk karena mereka juga mengikuti langkah-langkah yang kamu lakukan.

3. Membuat Grup WhatsApp

Tips sukses berjualan via WhatsApp selanjutnya adalah dengan membuat grup-grup yang terkait bisnismu di WhatsApp. Bedakan antara grup khusus untuk reseller produkmu dan grup yang khusus untuk para pembeli produkmu.

Dengan keberadaan grup-grup tersebut akan semakin memperluas jaringan bisnis online yang sedang kamu jalankan.

4. Bijak dalam Mem-Broadcast

Cara mempromosikan selanjutnya yang paling mengena adalah mengirim broadcast. Tetapi, bijaklah dalam menggunakan fitur ini. Jadilah penjual yang memiliki etika bisnis sehingga promosi tetap berjalan tetapi tidak merusak pertemanan.

Terlalu sering mem-broadcast barang daganganmu kepada pengguna lainnya, tentu akan banyak orang yang merasa terganggu. Bisa jadi, mereka akan menghapus bahkan memblokir dirimu sebagai teman di WhatsApp. Ini tentu akan menghilangkan peluang untuk menjadikan mereka pembeli.

5. Kreatif dalam Mengunggah Gambar Produk

Kreativitas memegang peranan penting dalam mensukseskan bisnismu. Salah satu hal kreatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat gambar produk terlihat lebih menarik. Jika kamu jago editing gambar, kamu bisa menambahkan banyak aspek di gambar produkmu.

Usahakan gambar produk yang kamu jual tersebut berbeda dengan toko online lainnya. Ini akan semakin meyakinkan pelangganmu bahwa bisnismu benar-benar nyata.

Nah, sungguh mudah bukan berjualan di WhatsApp? Memang, langkah-langkahnya tidak akan pernah mulus karena itu dibutuhkan mental seorang wirausahawan sejati agar sukses dalam bisnis onlinemu. Semoga sukses ya!

Referensi: menjadiwirausaha.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.