Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

10 Karakter ini Ada Dalam DNA-mu? Kamu Calon Wirausahawan Sukses

0 18

Apakah kamu memiliki kualitas seorang wirausahawan sukses?

Meskipun tidak ada teori “satu ukuran, cocok untuk semua” untuk berwirausaha, beberapa panduan dapat membantu mereka yang memiliki ide bagus menjadi wirausahawan sukses.

Berikut ini wawasan tentang karakter yang perlu dimiliki jika ingin menjadi seorang wirausahawan sukses.

  • Passion dan Motivasi

Jika ada satu kata yang menggambarkan sifat dasar dalam berwirausaha, itu adalah passion. Passion merupakan gairah / motivasi yang tanpa henti dalam mengembangan usahamu.

  • Apakah ada sesuatu yang dapat kamu kerjakan berulang-ulang tanpa bosan?
  • Apakah ada sesuatu yang membuatmu terjaga karena kamu belum menyelesaikannya?
  • Apakah ada sesuatu yang telah kamu bangun dan ingin terus diperbaiki lagi, lagi dan lagi?
  • Apakah ada sesuatu yang paling disukai dan ingin terus dilakukan selama sisa hidupmu?

Jika dalam pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu menjawab dengan yakin, “YA”, maka ada salah satu karakter yang penting dalam dirimu untuk menjadi seorang wirausahawan sukses.

Semangat dan motivasi akan menentukan kesuksesanmu dalam membangun usaha / bisnis. Dari membangun dan menerapkan prototipe, untuk melempar idemu ke para investor, kesuksesan adalah kombinasi apik antara gairah dan tekad.

  • Mengambil Risiko

Wirausahawan sukses merupakan orang yang berani untuk mengambil risiko. Siap menyelam jauh ke masa depan yang penuh ketidakpastian. Akan tetapi, tidak semua pengambil risiko adalah pengusaha sukses.

Apa yang membedakan pengusaha sukses dari yang lain dalam hal risiko?

Pengusaha sukses akan mengambil risiko waktu dan uang untuk hal-hal yang tidak diketahui, namun mereka juga menyimpan sumber daya, rencana dan bandwidth untuk menangani “hal-hal yang tidak diketahui” di dalam cadangan.

Ketika mengevaluasi risiko, seorang pengusaha sukses akan bertanya kepada dirinya sendiri, apakah risiko ini berharga untuk karir, waktu dan uang saya? Dan, apa yang akan saya lakukan jika usaha ini tidak dapat membayar semua itu?

  • Kepercayaan diri, kerja keras & dedikasi yang disiplin

Wirausahawan menikmati apa yang mereka lakukan. Mereka percaya pada diri mereka sendiri dan percaya diri dan berdedikasi pada proyek mereka.

Terkadang, mereka mungkin menunjukkan sikap keras kepala dalam fokus dan iman mereka terhadap gagasan mereka. Tapi sisi lain adalah disiplin dan dedikasinya yang ditunjukkan.

  • Kemampuan beradaptasi & Fleksibilitas

Ada baiknya menjadi bergairah atau bahkan keras kepala tentang apa yang dilakukan. Akan tetapi, jika tidak fleksibel dengan kebutuhan klien atau pasar akan menyebabkan kegagalan.

Ingat, membangun usaha ​​bukan hanya tentang melakukan apa yang kamu yakini baik, tapi juga membuat bisnis yang sukses darinya. Kebutuhan pasar bersifat dinamis: perubahan adalah fenomena yang berulang.

Wirausahawan sukses menyambut semua saran untuk pengoptimalan atau penyesuaian yang meningkatkan penawaran mereka dan memenuhi kebutuhan klien dan pasar.

Produk yang dikembangkan untuk dirimu sendiri mungkin memenuhi syarat sebagai hobi, namun produk untuk pasar harus memenuhi kebutuhan pasar.

  • Memahami tentang Penawaran dan Pasarnya

Pengusaha tahu penawaran produk mereka dari dalam dan luar. Mereka juga mengetahui pasar dan dinamikanya dari dalam dan luar. Ketidaksadaran akan perubahan kebutuhan pasar, pergerakan pesaing dan faktor eksternal lainnya dapat membawa produk hebat menuju ke kegagalan.

  • Pengelolaan Uang

Butuh waktu untuk mencapai profitabilitas dalam membangun bisnis. Sampai masa itu, modal terbatas dan perlu dimanfaatkan dengan bijak.

Wirausahawan sukses menyadari persyaratan tentang pengelolaan uang ini adalah sebuah kewajiban dan merencanakan kewajiban keuangan masa kini dan masa depan (dengan beberapa penyangga tambahan).

Bahkan, setelah mendapatkan dana atau beroperasi penuh, seorang pengusaha sukses terus menangani arus kas secara keseluruhan, karena ini adalah aspek terpenting dalam bisnis apa pun.

  • Perencanaan (tetapi bukan perencanaan berlebihan)

Kewirausahaan adalah membangun bisnis dari nol sambil mengelola sumber daya terbatas (termasuk waktu, uang dan hubungan pribadi).

Ini adalah komitmen jangka panjang, dan mencoba merencanakan sebanyak mungkin pada awalnya adalah dorongan yang mulia.

Pada kenyataannya, bagaimanapun, merencanakan segalanya dan memiliki solusi siap untuk semua kemungkinan risiko dapat mencegahmu melakukan langkah pertama.

Pengusaha sukses menyimpan beberapa perencanaan, namun yang lebih penting lagi, mereka mempertahankan pola pikir dan temperamen untuk mampu menghadapi kemungkinan yang tak terduga.

Lakukan analisis kelayakan; mengidentifikasi batas waktu dan modal; Ikuti menyelam yang dalam dengan sumber daya terbatas.

Jika ambang batasmu disilangkan, cari alternatif dan bersiaplah untuk mengambil jalan keluar berikutnya.

  • Kemampuan Membangun Jaringan

Bagaimana kamu membangun jaringan bisnis untuk mendapatkan solusi? Banyak orang mencari kenyamanan untuk bersyukur: teman, rekan kerja dan tetangga dengan senang hati mengeluh kepadamu tentang “perlambatan global,” permintaan yang buruk, atau persaingan tidak sehat, tapi itu tidak dapat memperbaiki intinya.

Apa yang dilakukan pengusaha sukses? Terus berjalan mencari mentor dengan lebih banyak pengalaman dan jaringan yang luas untuk mencari saran berharga.

Memiliki kemampuan berjejaring seperti itu, termasuk mentor yang lebih berpengalaman, merupakan karakteristik utama wirausahawan sukses.

  • Mempersiapkan Jalan Keluar

Tidak setiap usaha akan menghasilkan kesuksesan. Tingkat kegagalan dalam membangun bisnis sangat tinggi. Kadang-kadang, sangat baik untuk mengambil rute keluar “praktis” dan mencoba sesuatu yang baru, alih-alih terus melakukan investasi dalam usaha yang sama.

Banyak wirausahawan terkenal tidak berhasil pertama kali disekitarnya. Tapi mereka memiliki ketenangan dan pandangan ke depan untuk mengetahui kapan harus memotong kerugian mereka.

  • Pengusaha Meragukan Diri Sendiri – Tapi Tidak Terlalu Banyak

Kamu mungkin bertanya pada diri sendiri, apakah saya seorang pengusaha? Dan pertanyaan tersebut mungkin membuatmu ragu dengan jawabannya.

Bahkan, jika kamu tidak memiliki bakat Steve Jobs atau Elon Musk, jika kamu memiliki keberanian untuk bertanya pada diri sendiri tentang pertanyaan yang menantang – Dapatkah saya melakukan ini? Apakah saya ingin melakukan ini? – Kamu memiliki bekal untuk menjadi pengusaha.

Itulah karakteristik dasar seorang wirausahawan sukses. Apakah karakter tersebut ada dalam DNA-mu? Selamat, kamu berpotensi menjadi seorang pengusaha sukses di masa depan!

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

sembilan belas + 6 =