7 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Dirimu Lebih Bahagia

0 231

Setiap dari kita tentu ingin merasakan bahagia bukan? Bagaimana cara kita bisa mendapatkan kebahagiaan itu?

Pastinya, tiap orang berbeda-beda. Ada yang bahagia karena telah diwisuda, berbahagia karena mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, mendapatkan rezeki nomplok, bahagia ketika pasangan melamar, dan lain sebagainya.

Kebahagiaan terkait erat dengan suasana hati. Kita ingin suasana hati selalu baik dan tenang. Apakah setiap hari suasana hati dirimu baik dan membahagiakan?

Terkadang, kita memang terjebak dalam kesedihan emosional yang terlalu mendalam.. Sehingga terlalu sulit untuk merasakan yang namanya bahagia.

Sebenarnya ada cara sederhana bagaimana mengangkat suasana hati kita menjadi lebih damai dan tenang. Bisa kamu coba saat suasana hatimu sedang tidak nyaman.

1. Berjalan-jalan

Berjalan-jalan (dalam arti sebenarnya, jalan kaki) setiap hari, mungkin jarang kita lakukan. Sebenarnya, aktivitas jalan-jalan ini akan membantu mengangkat suasana hati kita menjadi lebih baik.

Berjalan-jalan ke tempat-tempat yang memiliki lingkungan mendukung, seperti taman kota, alun-alun, akan sangat membantu membawa pikiran dan hati kita menjadi lebih jernih. Cobalah…!

2. Mendengarkan musik

Salah satu cara merasakan kebahagiaan dengan sederhana adalah dengan mendengarkan musik favorit kita. Disarankan lagu-lagu yang tidak mengandung unsur kesedihan atau galau.

Ataupun, bagi muslim, jika ingin lebih tenang, mendengarkan alunan tilawah Al Qu’ran.

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menenangkan jiwa kita, dan perlahan kesedihan akan hilang menjadi kebahagiaan.

3. Buka dirimu untuk menemukan sesuatu hal yang baru

Lebih banyak aktivitas yang sebenarnya tidak pernah kita lakukan, akan membuat suasana hati yang jauh berbeda. Ini akan membantu mendapatkan kesegaran pikiran dengan hal-hal yang baru.

Misalkan, jika kamu terlalu sering menghilangkan kesedihan dengan berjalan-jalan ke mall, maka coba aktivitas lainnya seperti melakukan touring atau hiking ke daerah-daerah yang masih bisa dijangkau dengan mudah.

Dengan mencoba hal baru tersebut, mungkin kita akan menemukan sesuatu yang indah dan akan membuat diri kita lebih bahagia.

7 hal sederhana yang akan membuat kita lebih bahagia
7 hal sederhana yang akan membuat kita lebih bahagia

4. Temukan sesuatu untuk ditertawakan

Tertawa adalah salah satu cara terbaik untuk mengangkat semangat dirimu. Cari komik / cerpen / novel yang mengandung unsur komedi.

Atau, jika kamu senang dengan standup comedy, kamu bisa juga menontonnya melalui televisi atau streaming Youtube.

Jika menonton via gadget atau televisi sudah terlalu sering, coba tonton aksi para standup comedian langsung di tempat tongkrongan mereka.

5. Lakukan meditasi pernapasan yang sederhana

Meditasi pernapasan adalah latihan yang bagus dan bisa dilakukan dimanapun. Cukup biarkan dirimu duduk dengan nyaman dengan punggung lurus.

Sekarang tutup mata dan rasakan aliran udara masuk dan keluar dari lubang hidungmu. Lakukan ini selama 10-15 menit.

Rutinitas ini akan sangat membantu menenangkan pikiran dan jiwamu.

6. Corat-coret untuk bersenang-senang

Kebanyakan orang ketika masih muda seringkali mencorat-coret selama berjam-jam. Bisa mencorat-coret apapun yang kita suka.

Biarkan apa yang ada dalam pikiranmu keluar melalui coretan tersebut. Niscaya, perlahan-lahan, dirimu akan menjadi lebih tenang dan bahagia.

7. Pikirkan orang lain yang kurang beruntung

Mungkin, kita jika dalam keadaan merana mendalam, merasa orang yang paling tidak beruntung di dunia. Ini wajar, karena kita belum mampu mengkontrol emosi yang berlebihan.

Coba alihkan dengan berpikir logis, bahwa sebenarnya banyak orang jauh lebih kurang beruntung daripada kita di dunia ini. Banyak orang yang jauh lebih menderita daripada kita.

Dan, kita seharusnya bisa bersyukur diberikan kenikmatan yang lebih baik dari orang-orang ini. Dengan bersyukur, maka kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

Ketujuh poin tersebut adalah hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk merasakan kebahagiaan tatkala terpuruk.

Jangan terlalu lama untuk jatuh di lubang keterpurukan. Saatnya bangkit, dan merasakan BAHAGIA!!

Referensi: Keluarga.com

Loading...