Tips agar Anak Mau Makan Sayur dengan Mudah

0 184

Tentu, sebagai orangtua kita menginginkan anak-anak tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu caranya dengan mengkonsumi makanan sehat, dan salah satu sumbernya ada di sayuran. Bagaimana jika anak tidak suka makan sayur? Ini tips agar anak mau makan sayur dengan mudah.

Sayuran adalah sumber makanan yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, terutama penting bagi pertumbuhan anak. Di dalam sayuran banyak terkandung vitamin, serat, mineral bagi tubuh kita.

Itulah kenapa sayuran termasuk di dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Begitu banyak kandungan gizi di dalam sayuran tak lantas banyak orang juga menyukainya, khususnya anak-anak.

Sebagian besar anak-anak tidak menyukai makan sayur. Mereka menganggap sayuran tidak enak dimakan. Rasa sayuran itu hambar dan tawar dalam anggapan mereka. Karena mereka membandingkan dengan permen, biskuit, kue dan makanan yang manis lainnya.

Ketidaksukaan anak-anak pada sayuran, sudah selayaknya tidak kita sebagai orangtua mencari tips agar anak mau makan sayur.

Ini karena dengan mengkonsumsi sayuran, daya tahan tubuh anak-anak kita akan jauh lebih kuat. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak-anak yang gak suka makan sayur?

Setidaknya, beberapa tips agar anak mau makan sayur dengan mudah di bawah ini bisa membantu para orangtua.

1. Membuat sayuran terlihat lebih menarik

Tips agar anak mau makan sayur yang pertama adalah dengan membuat tampilan masakan sayuran lebih menarik. Anak-anak biasanya menggunakan visualnya sebelum mengkonsumsi sesuatu.

Kenapa permen, kue, biskuit banyak disukai anak-anak? Karena first impression ketika mereka melihatnya sudah menimbulkan daya tarik.

Ini yang juga harus dilakukan bagi orangtua dengan menyiasati tampilan masakan sayuran jauh lebih menarik. Memang, butuh sedikit sentuhan kreativitas agar sayuran tampil lebih menarik dan anak-anak tergoda untuk mengkonsumsinya.

2. Menghubungkan anak-anak langsung ke sumber sayuran

Tak kenal, maka tak sayang. Pepatah ini bisa juga diterapkan dalam tips agar anak mau makan sayur dengan mudah. Kita harus mulai mengajarkan pada anak-anak kita untuk mengenal sayuran lebih dekat.

Caranya bisa dengan mengajak anak-anak kita untuk ikut belanja sayuran di supermarket atau pasar. Selain itu, jika ada waktu luang, Anda bisa mengajak anak-anak ke wisata alam yang menyajikan banyak jenis sayuran.

Ini dilakukan agar anak mulai mengenal lebih dekat dengan sayuran dan memiliki ketertarikan untuk mengkonsumsi sayuran.

3. Mengajari anak untuk memasak sayuran

Tips agar anak mau makan sayur selanjutnya adalah dengan mengajak anak-anak kita untuk turut serta dalam proses memasak.

Bagi anak-anak, rasa ingin tahu akan hal-hal baru dan mencobanya sangat besar. Hal inilah yang bisa kita lakukan sebagai orangtua untuk menyiasati agar mereka suka sayuran. Ajaklah anak-anak kita sesekali untuk mencoba memasak menu masakan sayurannya sendiri.

Tips agar anak mau makan sayur dengan mudah
Tips agar anak mau makan sayur dengan mudah

4. Membuat resep makanan sayuran yang lebih kreatif

Di poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa kita bisa membuat tampilan sayuran lebih kreatif. Nah, selain itu, kreativitas yang juga bisa dilakukan adalah dengan membuat resep masakan sayuran berbeda dari sebelumnya.

Bisa saja kreativitas ini dalam citarasa yang lebih disukai anak-anak. Atau dari aspek penyajian menu masakannya. Misalkan, jika biasanya sayuran hanya direbus saja, cobalah untuk membuat jus sayuran, atau citarasa kuliner sayuran yang lebih dekat dengan lidah anak-anak.

5. Membuat cocolan dari sayuran

Tips agar anak mau makan sayur yang selanjutnya, adalah dengan membuat cocolan yang dibalut dengan rasa yang disukai anak-anak kita. Ini untuk menyiasati rasa sayuran yang memang tawar.

Selain itu, Anda juga bisa membuat cemilan berbahan utama sayuran. Sehingga anak-anak kita tidak hanya makan-makanan snack di pinggir jalan saja.

Itulah kelima tips agar anak mau makan sayur dengan mudah. Mungkin ayah bunda punya tips lainnya? Yuk berbagi disini.

Referensi Tambahan:

www.dw.com

Loading...