Jatik.com
to Inspire. be Social.

Hari Gini Cuma Menguasai 1 Bahasa? Ini 5 Alasan Kamu Harus Belajar Bahasa Asing

0 43

Perlu gak sih kita belajar bahasa asing selain bahasa Indonesia?

Buat kita-kita yang masih muda, belajar bahasa asing, Inggris, Perancis, Arab, Spanyol, Italia, Jerman, dll, sebaiknya dilakukan ya guys..

Di zaman modern dengan globalisasi pada puncaknya, terkhusus di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), memahami satu atau dua bahasa sekunder telah menjadi sebuah keharusan selain menunjukkan tingkat intelektualitas kita, tetapi juga membuka peluang / kesempatan lebih luas.

Apakah itu untuk alasan profesional / kerja, sosial atau pribadi, belajar setidaknya satu bahasa asing adalah wajib di era sekarang bagi siapa pun yang ingin memenangkan persaingan global dan tidak dipandang sebelah mata.

Setidaknya ada 5 alasan utama kenapa kita harus punya tekad kuat untuk mempelajari bahasa asing.

1. Kebutuhan Profesional

Ini mungkin adalah alasan utama kenapa seseorang belajar bahasa asing. Saat ini, banyak profesi memerlukan kemampuan / skill minimal satu atau dua bahasa asing, tergantung pada bidang pekerjaan.

Bahasa asing yang wajib dikuasai di banyak bidang pekerjaan, Inggris dan Mandarin. Selain itu, Perancis, Spanyol, Jerman, Jepang, juga merupakan nilai plus jika kamu menguasainya.

Jika sejak kecil kita sudah dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris, maka itu modal awal yang sangat bagus untuk karirmu ke depannya. Tinggal menambahkan penguasaan beberapa bahasa lainnya.

Tak hanya untuk memperoleh karir yang lebih baik, jika kamu seorang entrepreneur, memiliki kompetensi berbahasa asing tentu akan sangat bagus untuk mengembangkan usahamu lebih luas lagi.

Usahamu akan bisa berkembang ke berbagai negara, dengan memperluas network bisnis. Jaringan bisnis ini pastinya membutuhkan skill berkomunikasi bahasa asing yang bagus.

2. Bonus Sosial

Ya, mengetahui satu bahasa asing (atau lebih) jelas adalah bonus sosial. Apa maksudnya?

Saat kita mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, maka di hadapan masyarakat, kita akan lebih dihargai secara sosial. Orang-orang akan sangat kagum dengan individu yang memiliki pengetahuan bahasa lebih banyak.

Selain itu, dalam beberapa kasus tertentu, jika kamu bertemu dengan bule, dan kita menguasai bahasa bule tersebut, maka mereka akan sangat terkesan dengan kemampuanmu untuk berbicara dengan mereka melalui bahasa ibu mereka sendiri.

Ini sebuah penghargaan secara sosial kepada dirimu. Jika bahasa asing menjadi bagian dari pertemuan bisnis, kesan partner terhadap kita bisa jadi sebuah kemitraan yang sukses, membawa hubungan kemitraan bisnis dan sosial yang semakin baik.

3. Komunikasi dalam Komunitas

Dalam beberapa komunitas, seperti keluarga, hobi, pertemanan, lingkungan, selalu ada keberagaman. Terkadang, dalam komunitas tersebut terdiri dari beragam bahasa. Dan, biasanya ada anggota-anggota komunitas yang memang bukan asli Indonesia.

Memahami beberapa bahasa, akan sangat membantu kita untuk bisa berkomunikasi dalam komunitas tersebut. Sangat membantu untuk kita bisa diterima dengan baik di dalamnya.

Lima alasan kenapa kita harus belajar bahasa asing
Lima alasan kenapa kita harus belajar bahasa asing

4. Kepuasan Pribadi

Belajar bahasa asing adalah salah satu tujuan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Memang tidak mudah dalam proses mempelajari bukan bahasa ibu kita.

Pasti dibutuhkan proses yang panjang, banyak masalah, sepanjang proses belajar tersebut. Tetapi, kamu harus tetap fokus untuk bisa menguasai beberapa aspek dalam bahasa seperti ejaan, cara membaca, tata bahasa, pengucapan, dan lain sebagainya.

Jika dalam proses panjang tersebut kita berhasil untuk mencapainya, maka itu merupakan kepuasan pribadi yang tak terlupakan. Pemenuhan terhadap kehausan intelektual kita.

5. Menjaga pikiran lebih sehat dan terbuka

Memang, telah banyak penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa dengan belajar bahasa baru, proses belajarnya akan merangsang otak kita sedemikian rupa. Pemahaman terhadap konsep-konsep baru dalam bahasa asing, akan membuat otak terus bekerja dengan aktif.

Belajar bahasa baru sangat dibutuhkan menghafal dan pemahaman beberapa ribu kata-kata baru, yang membuat otak kita terus terlatih dengan baik.

Mempelajari bahasa-bahasa baru juga akan membuka cakrawala berpikir kita tentang berbagai budaya, pengetahuan, wawasan, yang terkait dengan bahasa tersebut. Pikiran kita akan jauh lebih terbuka dan tidak sempit dengan adanya wawasan baru tersebut.

Itulah kelima manfaat jika kita bertekad kuat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Lalu bagaimana cara untuk belajar bahasa-bahasa baru tersebut dengan mudah? Baca aja tipsnya disini guys!

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.