Jatik.com
to Inspire. be Social.

Berbahagialah Bagi Kamu yang Hobi Merajut, Ini 6 Manfaat yang Bisa Didapatkan

0 330

Kalau kamu salah satu orang yang suka dan hobi merajut, maka berbahagialah. Ternyata, hobi merajut tersebut tidak sekedar hobi. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hobimu tersebut.

Aktivitas yang satu ini memang tidak semua orang menyukainya. Hanya orang-orang “spesial” saja yang mau melakukannya.

Hobi ini biasanya dilakukan mayoritas oleh kaum hawa. Ketertarikan kaum wanita kepada kegiatan merajut tentu bukan tanpa alasan. Tidak seperti kegiatan-kegiatan lainnya, merajut dapat mengeluarkan sisi kreatif dari dalam seseorang, selain banyak manfaat lainnya.

Memang, kegiatan ini tidak sepopuler hobi-hobi lainnya di kalangan anak muda kekinian. Banyak yang menganggap hobi ini termasuk kuno. Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan hobi ini.

Berikut ini 6 manfaat yang didapatkan dari hobi ini. Berbahagialah bagi kamu yang sering melakukannya.

1. Memberi-mu rasa bangga

Tidak semua orang tau cara merajut. Memperlihatkan sesuatu yang kamu rajut ke seseorang yang tidak tahu bagaimana caranya itu seperti memperlihatkan sulap.

2. Ada keuntungan yang sama seperti meditasi

Hobi ini dapat membuat badan menjadi lebih rileks. Membuat karya-karya rajutan yang simple dengan stitch yang mudah hanya menggunakan memori otot untuk menyelesaikannya.

Kamu akan mendapatkan manfaat yang sama seperti sedang melakukan meditasi.

3. Meredakan gejala stres, gelisah, dan depresi

Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam hobi ini, membutuhkan fokus dan ritme tertentu yang harmonis. Ini dapat mengalihkan gejala stres, depresi dan gelisah.

Ketika duduk manis untuk membuat rajutan mengurangi detak jantung dan mengurangi tekanan darah.

4. Membantu kegunaan gerak motorik

Kegiatan ini sangat menstimulasi keseluruhan fungsi otak sekaligus. Fungsi-fungsi seperti, lobus frontal (yang memadu pengolahan imbalan, perhatian dan perencanaan), lobus parietal (yang menangani informasi sensorik dan navigasi spasial) , lobus oksipital (yang memproses informasi visual) , lobus temporal (yang terlibat dalam menyimpan kenangan dan menafsirkan bahasa dan makna ) dan otak kecil ( yang mengkoordinasikan presisi dan timing gerakan).

5. Memperlambat penurunan kognitif

Selain dapat membantu meningkatkan fungsi motorik, hobi merajut juga merangsang otak kita untuk tetap sehat.

Semakin kita menggunakan otak maka anda akan menjadi lebih sehat dan kondisi sehat itu akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Menurut Mayo Clinic, seseorang yang terlibat dalam kegiatan kerajinan ( termasuk merajut ) sekitar 30-50 % lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki “gangguan kognitif ringan” daripada mereka yang tidak merajut (membuat karya kerajinan tangan).

hobi merajut membawa manfaat

6. Membantu mencegah arthritis dan tendinitis

Sama seperti menggunakan otak agar tetap sehat, kita juga harus menggunakan sendi-sendi untuk menjaga kesehatan.

Menurut Dr Barron, jika kita menggunakan jari-jari dengan lembut, berarti membangun tulang rawan, sehingga menjadi lebih kuat. Merajut lebih baik daripada mengetik, karena tidak membuat jari-jari kita menjadi tegang.

Dr Barron merekomendasikan merendam tangan dalam air hangat dan menggunakan jarum yang lebih besar untuk menciptakan karya rajutanmu.

Nah, sudah tahu bukan bahwa hobi yang satu ini memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan fisik, otak, dan mental kita.

Setelah kamu mengetahui semua tentang manfaat kesehatan dari merajut, tidak ada salahnya mencari kursus merajut untuk pemula.

Jika kamu tidak dapat menemukan kursus pemula di sekitarmu, banyak sumber daya lainnya seperti buku panduan merajut atau tutorial di YouTube dan Pinterest.

Percayalah, jika kamu memahami tentang esensi manfaat dari hobi merajut, kamu pasti tidak ingin berhenti.

Sumber: Lifehack.org

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.