Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

5 Cara Mengajari Anak Membaca Al Qur’an Lebih Mudah

0 19

Bunda, mengajari anak-anak kita untuk membaca Al Qur’an sejak usia dini benar-benar dianjurkan bagi setiap keluarga muslim. Karena “Menuntut ilmu sejak masih kecil itu seperti memahat di atas batu”, ujar Al-Hasan Al-Bashri. Mari mulai mengajari anak-anak kita untuk mengaji. Berikut lima cara mengajari anak membaca Al Qur’an jauh lebih mudah.

Sebenarnya, cara mengajari anak membaca Al Qur’an bisa dimulai dari aktivitas sehari-hari, di usia yang sejak dini, bahkan mulai bayi dalam kandungan. Bagi orangtua muslim tentu sangat menginginkan agar anak-anak mereka dapat menghafal Al Qur’an di usia sejak dini agar mereka nantinya dapat mengenal dinul Islam sejak dari kecil.

Berikut ini cara mengajari anak membaca Al Qur’an yang sedikit membantu Ayah Bunda agar anak-anak dapat fasih membaca Al Qur’an di rumah:

1 Memperdengarkan kepada anak ayat-ayat Al Qur’an

Hal yang termudah sebelum mengajarkan kepada anak membaca Al Qur’an adalah dengan memperdengarkan kepada mereka bacaan ayat-ayat Al Qur’an setiap harinya di rumah.

Tak masalah jika anak mendengarkan atau tidak bacaan tersebut, atau sedang melakukan aktivitas seperti bermain di dalam rumah. Secara otak bawah sadar, mereka akan merekam bacaan Al Qur’an yang didengar tersebut sembari melakukan aktivitas.

Sangat mungkin terjadi bahwa anak-anak kita akan dapat menghafal dengan sendirinya ayat-ayat Al Qur’an yang sering didengar tersebut dan itu akan semakin mempermudah bagi orangtua untuk mengajari anak membaca Al Qur’an.

Cara memperdengarkan bacaan Al Qur’an pun bisa dengan orangtua yang rutin membaca Al Qur’an di waktu-waktu tertentu, seperti sehabis sholat wajib, atau melalui rekaman yang dapat diputar kapan pun.

2 Konsisten untuk mengajari

Yang terpenting dari mengajari anak untuk membaca Al Qur’an adalah kekonsistenan dari orangtua untuk terus mengajarkan kepada anak-anak mereka tanpa putus nyambung. Salah satu parameter keberhasilan dalam mengajarkan anak membaca Al Qur’an agar mereka fasih adalah sikap konsisten ini.

Jadi, terus recharge diri Anda untuk setiap hari rutin mengajari anak-anak untuk membaca Al Qur’an dengan konsisten.

3 Jadilah suri tauladan bagi anak-anak

Cara mengajari anak membaca Al Qur’an akan jauh lebih mudah jika orangtua menjadi contoh hidup dari proses pembelajaran itu sendiri. Hal ini sangat penting ayah bunda karena anak-anak adalah pecontoh yang terhebat.

Bagi anak, mereka akan meng-copy paste apapun perilaku orangtua yang sering bersamanya, termasuk kebiasaan dalam membaca Al Qur’an. Jika Anda sebagai orangtua seringkali membaca Al Qur’an dan menghafalnya, anak-anak akan secara otomatis melihat orangtuanya. Mereka perlahan-lahan akan melihat dan menirukan orangtua dalam membaca Al Qur’an.

Walaupun masih banyak kesalahan dalam pembacaan Al Qur’an, tak perlu khawatir karena belajar merupakan proses. Yang terpenting mereka sudah dikenalkan dengan Al Qur’an sejak masih usia dini.

4 Membacakan ayat-ayat Al Qur’an sejak di dalam kandungan

Ada banyak hal-hal luar biasa terjadi di dunia ini, salah satunya adalah anak-anak usia masih 1-2 tahun kata-kata yang keluar kali pertama adalah ayat-ayat Al Qur’an. Hal ini bukanlah tidak mungkin terjadi. Semua keluarga bisa melakukannya.

Salah satu caranya adalah orangtua sejak bayinya masih dalam kandungan, terus memperdengarkan bacaan Al Qur’an secara rutin. Bayi dalam kandungan sudah mulai dapat mendengar suara apapun yang ada diluar dan mereka merekam dengan baik suara-suara tersebut.

5 Memberikan reward

Reward atau hadiah merupakan salah satu trigger bagi anak, untuk tidak bosan terus belajar membaca Al Qur’an. Jika anak-anak telah mencapai level tertentu dalam membaca dan menghafal Al Qur’an, berikan mereka penghargaan atas pencapaian prestasi tersebut.

Apresiasi ini merupakan penyemangat bagi anak-anak untuk terus belajar Al Qur’an. Ayah bunda dapat mulai menerapkan pemberian penghargaan ini ketika usia anak-anak beranjak di atas 5 tahun. Di usia ini, anak-anak sudah memiliki keinginan terhadap sesuatu dan orangtua dapat memenuhi keinginan mereka.

============

Ayah bunda, itulah kelima cara mengajari anak membaca Al Qur’an jauh lebih mudah dan dapat melekat pada diri anak-anak lebih cepat. Orangtua muslim dapat mempraktekkan beberapa tips di atas di rumah. Semoga bermanfaat bagi Ayah, Bunda, dan juga buah hati.

Ilmu-ilmu parenting lainnya, ayah bunda bisa baca disini. Untuk referensi lain artikel tentang cara mengajari anak membaca Al Qur’an, ayah bunda dapat membacanya disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

sembilan − 7 =