Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

0 23

Orangtua harus memperhatikan dengan baik kesehatan seluruh anggota keluarganya, terutama anak-anak di musim pancaroba ini. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan anak di musim pancaroba yang serba tidak pasti.

Anak-anak, terlebih yang masih balita, harus benar-benar dijaga kesehatannya. Karena daya tahan tubuh anak balita masih belum terbentuk dengan sempurna. Ada beragam penyakit pada balita yang seringkali muncul di musim pancaroba. Musim peralihan dari antara 2 musim yang berbeda, dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang mudah terserang.

Di musim pancaroba, cuaca tidak menentu. Suatu saat panas, bisa jadi beberapa jam ke depan tiba-tiba turun hujan. Anak-anak, khususnya balita, akan rentan terserang penyakit.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan anak yang bisa diterapkan oleh orangtua dalam menjaga buah hatinya di musim pancaroba.

1 Mengajari Anak Hidup Bersih

Salah satu tips menjaga kesehatan anak yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan kepada mereka bagaimana hidup bersih. Hal-hal sederhana untuk hidup bersih seperti cuci tangan dengan sabun sebelum makan, mandi dengan rutin, menjaga kebersihan kamar anak, dan lain sebagainya.

Hal-hal sederhana tersebut memberikan dampak kesehatan yang besar bagi mereka. Jika terjaga kebersihannya, maka potensi anak untuk terserang penyakit akan menurun.

2 Mencukupi Asupan Nutrisi Anak-anak Anda

Yang tak boleh dilupakan dalam menjaga kesehatan anak-anak Bunda adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang bergizi cukup. Asupan makanan seperti buah, sayuran, susu, dan lain sebagainya memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi anak-anak dalam masa perkembangannya.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat membantu imunitas tubuh dalam melindungi dari beragam penyakit.

3 Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup bagi Anak

Imbangi aktivitas anak-anak Anda yang tinggi dengan istirahat yang cukup. Waktu istirahat diperlukan bagi tubuh untuk meregenerasi sel-sel kembali agar saat beraktivitas menjadi lebih segar dan fit.

Biarkan mereka berkembang dengan segala kreativitas dalam aktivitasnya, tetapi jangan lupakan kesehatan mereka dengan memberikan waktu istirahat yang cukup.

4 Menggunakan Peralatan Anak Higienis

Setiap benda yang disentuh dan dipegang anak-anak Bunda, sebaiknya benar-benar dijaga kebersihannya. Terutama peralatan makan anak, karena kebersihan peralatan makan akan mencegah bakteri dan kuman masuk ke dalam tubuh anak saat makan.

5 Menjaga Kebersihan Minuman dan Makanan Anak

Selain peralatan makan, tentu yang perlu dijaga adalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh mereka. Hindarkan anak-anak untuk mengkonsumsi cemilan tidak sehat di pinggir jalan yang seringkali tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya. Ada banyak daftar makanan dan minuman yang dijual di jalanan sebenarnya tidak memenuhi standard kesehatan.

Sebaiknya, Bunda membuat cemilan sehat di rumah yang dibawa oleh anak-anak sebagai bekal makanan saat beraktivitas di sekolah, main, les, dan aktivitas lainnya.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan anak Bunda yang bisa diterapkan dalam aktivitas keseharian di keluarga. Tentu, masih banyak tips-tips lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak kita. Mari berbagi!

Referensi Tambahan: www.parentingclub.co.id

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

duapuluh − empat belas =