Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Cara Mengatasi Masuk Angin pada Bayi

0 18

Bunda pasti khawatir dan kebingungan jika buah hati kita sakit, salah satunya yang seringkali datang adalah masuk angin. Banyak bayi yang mengalami masuk angin membuat orangtua cemas, apalagi jika terjadi di malam hari. Bagaimana cara mengatasi masuk angin pada bayi? Berikut tipsnya.

Kecemasan orangtua ‘kan bertambah jika memiliki pemahaman / informasi yang kurang tentang bagaimana cara mengatasi masuk angin pada bayi mereka. Untuk orangtua yang ingin mengetahui caranya, maka sangat tepat membaca artikel ini. Selain penyembuhan masuk angin pada bayi / anak, juga diperlukan wawasan tentang cara pencegahan masuk angin.

Berikut ini tips jitu / cara mengatasi masuk angin pada bayi, antara lain:

  • Mengetahui penyebab masuk angin pada anak

Ini hal pertama yang perlu diketahui oleh orangtua, yaitu mengetahui penyebab masuk angin itu sendiri. Ada banyak hal yang berpotensi menyebabkan anak terserang masuk angin. Beberapa diantaranya seperti tiupan kipas angin / AC, bermain diluar rumah saat hujan, udara dingin, dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Oleh karena itu, sebelum ayah bunda memutuskan untuk mengobati buah hati kita dari masuk angin, sebaiknya menghindarkan terlebih dahulu penyebab-penyebab masuk angin. Dapat diatasi dengan membiasakan diri untuk mengenakan baju hangat saat keluar rumah, atau jangan terlalu dekat dengan kipas angin / AC, dan solusi lainnya.

  • Menyesuaikan penyembuhan masuk angin pada bayi sesuai dengan usia

Cara mengatasi masuk angin pada bayi yang juga penting adalah setiap rentang usia bayi memiliki pengobatan yang berbeda. Salah satu penyembuhan masuk angin dengan metode tradisional turun temurun dari orang tua terdahulu.

Ayah bunda pasti mengetahui bahwa campuran bawang merah 1-2 siung, minyak telon dan minyak kelapa dapat mengatasi masuk angin pada anak. Parut bawang merah tersebut lalu campurkan dengan minyak telon dan minyak kelapa. Baluri ramuan tradisional ini pada tubuh anak, khususnya punggung dan perut. Lebih baik ditambahkan dengan pijatan lembut.

Perlu dingat bahwa ramuan tradisional tersebut efektif dan bagus tetapi bukan untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Kenapa?

Karena kulit bayi berusia di bawah 6 bulan masih belum dapat beradaptasi dengan panasnya ramuan tersebut. Jika dilakukan pada bayi berusia tersebut, akan berpotensi kulit bayi menjadi hitam karena panas dan kulit belum dapat menerimanya.

Sebaiknya, untuk anak yang berusia di bawah 6 bulan, cara mengobati masuk angin adalah cukup dengan oleskan minyak dengan kehangatan yang sedang di punggung / perut menggunakan minyak telon. Berbagai produk minyak telon bayi bisa digunakan sambil memberikan pijatan lembut pada bagian tubuh punggung dan perut.

Itulah cara mengatasi masuk angin pada bayi yang sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika didiamkan, derita masuk angin pada bayi akan berpotensi juga mengakibatkan sakit kepala, pilek dan demam. Oleh karena itu, segera lakukan pengobatan sebelum berlanjut. Dan, lebih baik mencegah daripada mengobatinya, bukan?

Ayah bunda punya cara mengatasi masuk angin pada bayi yang biasa dilakukan di rumah? Berbagi yuk dengan yang lain!

Ingin tahu tips menarik lainnya seputar ibu dan bayi? Cek disini ya Bun!

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

dua × 1 =