Jatik.com
Inspirasi dari Sudut Berbeda

Lakukan Hal Ini Rutin Sebagai Wujud Kasih Sayang Orang Tua Kepada Anaknya

0 30

Ayah Bunda, sudahkah mencium buah hati kita hari ini? Sudahkah memberikan sentuhan sayang kepada anak-anak kita setiap hari? Apa yang ayah bunda lakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya memberikan dampak yang bagus bagi buah hati kita. Apa saja yang perlu dilakukan secara rutin?

Menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya memang penting untuk dilakukan. Hal ini membawa dampak psikologis bagi anak-anak. Seorang anak yang sering diberikan pelukan, ciuman, sentuhan kasih sayang akan merasakan kebahagiaan dan sangat bagus bagi tumbuh kembangnya di masa depan.

Berbeda dengan anak-anak yang jarang mendapatkan perlakuan kasih sayang dari orangtuanya, tentu akan seringkali termenung, emosional, dan dampak buruk lainnya bagi psikologis mereka.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan secara rutin setiap hari untuk menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya, antara lain:

  • Mencium buah hati di bagian ubun-ubun

Dengan mencium buah hati kita di bagian ini akan menunjukkan rasa bangga orang tua terhadap anaknya. Saat mencium bagian ubun-ubun jangan lupa untuk mendoakan mereka menjadi anak yang sholeh / sholehah sepanjang hayatnya.

  • Mencium bagian dahi anak

Dengan mencium bagian dahi anak-anak kita, menunjukkan bahwa kita sebagai orangtua ridho atas keberadaan buah hatinya. Ini sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah s.a.w dengan mencium putrinya, Fatimah r.a di bagian dahinya.

  • Mencium bagian kedua pipi anak

Aktivitas rutin mencium kedua pipi buah hati kita menunjukkan tanda syauq (rasa sayang dan rindu) orang tua kepada anak-anaknya. Saat mencium kedua pipi anak, tak lupa ucapkan juga Masya Allah.

  • Mencium tangan buah hati kita

Menunjukkan rasa mawaddah wa hubb (kasih sayang) dengan sambil mengucapkan barakallah saat mencium tangan anak-anak, perlu dilakukan setiap saat. Ini dicontohkan pula oleh Rasulullah s.a.w yang juga seringkali mencium tangan putri tersayang beliau, Fatima r.a.

Itulah beberapa bagian tubuh anak-anak kita yang sebaiknya dicium untuk menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya. Sebagaimana dalam sebuah hadits riwayat Bukhori disebutkan:

Memperbanyaklah dirimu mencium anak cucumu karena imbalan bagi tiap ciuman adalah Surga.

HR. Bukhori

Selain menunjukkan rasa kasih sayang orang tua kepada anaknya dengan memberikan ciuman, ayah bunda juga dianjurkan untuk memberikan banyak sentuhan sayang.

Beberapa sentuhan sayang orangtua kepada buah hatinya, seperti dicontohkan berikut ini:

  • Sering menggosok bagian belakang kepala buah hati kita sebagai bentuk kasih sayang dan memberikan perlindungan.
  • Rutin menyentuh dan menggosok ubun-ubun si kecil. Ini menunjukkan rasa bangga orangtua kepada anak-anaknya.
  • Rutin melakukan usapan di bagian dahi sebagai tanda syauq yaitu rasa rindu dan sayang orangtua terhadap anaknya.
  • Sering mengelus / menyentuh kedua pipi anak-anak, menunjukkan tanda mawaddah wa hubb yaitu rasa kasih.
  • Selalu memegang kedua tangan buah hati saat mereka terlihat bimbang, bingung, atau kacau. Hal ini untuk menenangkan perasaannya.
  • Mengusap dada buah hati kita sambil mengucapkan istighfar saat mereka cenderung melakukan kesalahan dan saat sedang marah. Ini membantu untuk menenangkan perasaan mereka.

Sebagai orangtua, ayah bunda perlu melakukan beberapa tindakan mawaddah wa rohmah di atas dengan diiringi mengucapkan kalimat-kalimat thoyyibah.

Perkembangan psikologis buah hati kita akan jauh lebih baik dan tenang, sehingga baik untuk masa depannya. Semoga bermanfaat ya, Ayah Bunda…!

Untuk mendapatkan ilmu parenting lainnya, ayah bunda bisa membacanya di laman ini.

Referensi Tambahan: www.keluarga.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.

Tinggalkan Balasan

Data email Anda terjaga kerahasiaannya.

16 − 8 =