Jatik.com
to Inspire. be Social.

5 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor Terutama Knalpot

0 20.819

Penggunaan motor untuk aktivitas sehari-hari di era serba cepat saat ini, menjadi pilihan bagi banyak orang. Penggunaan setiap hari, tentunya akan semakin cepat membuat motor mengalami masalah, salah satunya karat. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan karat pada besi motor, khususnya knalpot?

Maka sebagai pengguna yang bijak, kita tetap perlu merawat sepeda motor yang digunakan sehari-hari tersebut. Kita perlu melakukan cek rutin sepeda motor minimal sebulan sekali ke bengkel. Lebih baik, 2-3 minggu sekali, tergantung intensitas penggunaannya.

Salah satu masalah yang juga seringkali dihadapi oleh pengguna sepeda motor adalah munculnya karat pada besi-besi motor, termasuk bagian knalpot. Karat yang dibiarkan pada kendaraan bermotor, tentunya memiliki bahaya yang potensial. Lama-lama akan terjadi keropos pada besi motor tersebut.

Jika keropos dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan, seperti terjadinya lubang di bagian knalpot. Jika berlubang, maka akan terjadi kebocoran. Jika bocor, maka suara knalpot akan berubah. Aliran gas pembuangan semakin terhambat dan motor kurang bertenaga.

Untuk itu, kita perlu mengetahui tentang cara menghilangkan karat pada besi motor terutama bagian knalpot tersebut.

Apa sih yang menjadi penyebab utama terjadinya karat tersebut? Tak lain, karena sikap cuek kita sendiri yang malas untuk merawat kendaraan bermotor tersebut.

Jika debu dan kotoran menumpuk, akan menimbulkan kerak serta karat pada besi motor. Pada knalpot, karat timbul bisa juga disebabkan oleh air (khususnya air hujan) yang membasahinya dibiarkan begitu saja.

Berikut ini lima cara menghilangkan karat pada besi motor terutama knalpot, yang bisa dicoba:

#1 Dihilangkan dengan oli bekas

Salah satu cara menghilangkan karat pada besi motor adalah dengan menggunakan oli bekas. Oleskan secara merata oli tersebut pada besi motor, khususnya knalpot yang terkena karat seperti pada pipa dan bagian leher knalpot.

Khusus untuk knalpot, jika sudah diolesi hidupkan motor dan biarkan untuk beberapa menit hingga knalpot panas. Oli tersebut akan bereaksi dengan karat dan mulai melunturkan karat tersebut.

Penggunaan oli bekas juga bisa untuk membersihkan knalpot di bagian dalamnya. Yaitu dengan memasukkan ke dalam lubang knalpot secukupnya.

Jika suhu mulai panas, maka asap akan keluar dari lubang knalpot. Itu hal yang wajar untuk beberapa waktu.

#2 Dihilangkan dengan menggunakan stempet

Selain menggunakan oli bekas, karat pada knalpot juga bisa dihilangkan dengan menggunakan stempet atau biasa dikenal gemuk. Biasanya, bahan ini digunakan untuk melumasi bagian motor dan mencegah terjadinya karat.

Untuk cara penggunaan pada knalpot, sama seperti menghilangkan karat menggunakan oli bekas.

#3 Menggunakan bahan bakar Pertamax Plus

Cara menghilangkan karat pada besi motor khususnya knalpot, juga bisa dengan menggunakan Pertamax Plus. Yaitu dengan cara mencampurkan bahan bakar ini dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2.

Selanjutnya, oleskan bahan campuran tersebut ke bagian motor yang berkarat dengan menggunakan sikat gigi. Lalu, sikat bagian yang sudah diolesi bahan campuran tersebut. Niscara karat akan rontok.

#4 Menggunakan bahan pembersih keramik

Banyak juga yang mempraktekkan membersihkan karat pada besi motor dengan menggunakan pembersih keramik, apapun mereknya.

Caranya, tuangkan pembersih keramik tersebut dalam wadah dan oleskan ke bagian sepeda motor yang berkarat. Diamkan sejenak. Kemudian, mulai gunakan sikat gigi untuk menghilangkan bagian karatnya.

Oh ya, jika menggunakan cairan pembersih keramik ini, harap berhati-hati. Hindari terkena mesin blok motor. Ini akan menyebabkan terjadinya korosi.

#5 Dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi

Bagi Anda yang melapisi bagian motor dengan krom, termasuk knalpot, maka cara termudah untuk membersihkan karat di knalpot dengan menggunakan pasta gigi. Cukup oleskan pasta gigi tersebut dan diamkan sejenak.

Kemudian, gosok menggunakan kain lap sampai bersih. Cara ini dilakukan berulang kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

BONUS TIPS:

Anda bisa juga menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor dengan menggunakan minuman bersoda. Caranya cukup tuangkan cairan soda tersebut ke bagian yang berkarat dan diamkan sejenak.

Lalu, bersihkan dengan menggunakan kain. Perlahan karat pun akan luntur.

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada besi motor, khususnya knalpot. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Pssst… Untuk perawatan motor matic injeksi, tipsnya ada disini ya..

Referensi: www.jadibersih.com

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.