Jatik.com
to Inspire. be Social.

9 Ciri Anak Cerdas ini Wajib Bunda Tahu. Apa Saja ya?

0 78

Ciri anak cerdas – Bagi orang tua, tentu sangat penting mengetahui perkembangan anak-anaknya. Termasuk diantaranya perkembangan kognitif, motorik, dan lain sebagainya. Salah satu yang mungkin juga harus dimonitor oleh orang tua adalah bagaimana perkembangan kecerdasan anak dari sejak bayi.

Kecerdasan tersebut memang hanya salah satu poin penting dari sekian banyak hal yang juga harus dimonitor oleh orang tua. Dan biasanya, hal yang kali pertama dibanggakan oleh orang tua adalah cerdasnya si anak.

Apakah anak Anda termasuk salah satu anak yang cerdas? Bagaimana ciri anak cerdas yang bisa kita lihat pada anak kita?

Dari sekian banyak aspek kecerdasan yang bisa dianalisis, kesembilan ciri anak cerdas berikut ini mungkin bisa mewakili bahwa anak kita termasuk anak yang cerdas. Apa saja itu?

1. Sangat Aktif

Anak-anak yang tergolong aktif melakukan banyak aktivitas dalam kesehariannya, pada umumnya penanda aspek kognitif dan motorik yang sangat bagus. Anak-anak yang aktif, akan selalu melakukan banyak hal untuk memenuhi rasa penasarannya terhadap kondisi dan ilmu yang baru.

Bagi Anda yang memiliki anak-anak super aktif, berbahagialah.. Mungkin memang terasa sangat capek untuk menjaganya. Tetapi, jika kita bisa mendidiknya dengan baik, maka kecerdasan tersebut tentu saja sangat bermanfaat di masa depan.

2. Mampu Berkonsentrasi Intens

Ciri anak cerdas selanjutnya adalah kemampuan anak kita dalam memfokuskan / konsentrasi pada sesuatu hal.

Misalkan, saat anak kita sedang melakukan aktivitas membaca atau melakukan permainan edukatif, dan anak tersebut sangat fokus melakukannya, maka kecerdasan anak kita sedang diasah.

Saat menemukan momen tersebut, akan lebih baik jangan mengganggu konsentrasi dia dalam melakukannya. Biarkan dia asyik dengan aktivitas yang positif agar konsentrasi dia semakin baik ke depannya.

3. Daya Ingat yang Kuat

Bunda, pastinya seringkali bermain tebak gambar atau angka pada anak-anak kita bukan? Kegiatan ini sangatlah bagus untuk dilakukan setiap saat dalam rangka untuk terus mempertajam daya ingat mereka.

Semakin anak kita kuat daya ingatnya, maka anak kita memang tergolong anak yang cerdas.

4. Memiliki Perbendaharaan Kata yang Tinggi

Ada beberapa anak yang memang lebih cepat untuk menyerap kata-kata yang terdengar olehnya. Dan kata-kata tersebut mampu diucapkan kembali oleh anak dengan baik. Semakin banyak penyerapan kosakata pada anak kita, maka akan semakin banyak dia mengenal konsep akan subjek tertentu.

Kekayaan kosakata yang dimiliki oleh anak kita, menunjukkan betapa tinggi tingkat kecerdasan dirinya. Oleh karena itu, ajarkan anak-anak kita kosakata baru secara rutin agar dia semakin cepat mengenal banyak hal.

Perlu diingat, Anda sebagai orang tua juga perlu berhati-hati dengan kosakata negatif yang secara tidak langsung, juga akan diserap oleh anak kita.

9 Ciri anak cerdas yang wajib diketahui oleh orang tua
9 Ciri anak cerdas yang wajib diketahui oleh orang tua

5. Memperhatikan hal-hal detail

Bagi anak-anak tertentu, ada yang sangat senang dengan detail-detail yang seringkali banyak diabaikan oleh yang lain. Seperti saat melakukan permainan edukatif, anak-anak ini sangat concern terhadap detailnya.

Jika Bunda memiliki anak seperti itu, tersenyumlah.. Karena anak Bunda, salah satu anak yang memang memiliki kecerdasan kognitif.

6. Suka Berimajinasi

Dunia anak adalah dunia imajinasi yang mungkin tak bisa dipahami oleh orang dewasa. Sebagai orang tua, kita harus bisa mendukung penuh anak agar terus mampu berimajinasi karena sesungguhnya imajinasi ini jika diarahkan dengan benar, akan melahirkan kreativitas yang tinggi.

Biarkan anak-anak kita memiliki imajinasinya sendiri, dan cukup untuk memberikan bimbingan / arahan jika imajinasi tersebut berdampak negatif bagi anak. Jika tidak, maka biarkan mereka berkembang dengan imajinasi yang terus berkembang dalam dirinya.

7. Tertarik dengan Banyak Hal Baru

Semakin cerdas anak kita, semakin penasaran dia dengan banyak hal-hal baru. Ini salah satu ciri anak cerdas yang memang mudah dikenali. Jangan halangi anak-anak kita untuk mencari dan menemukan hal-hal baru asalkan memang positif.

8. Membaca lebih awal

Kemampuan anak dalam membaca lebih awal dari usia anak pada umumnya, merupakan salah satu ciri anak cerdas yang bisa kita kenali. Dukung terus anak-anak kita, untuk dapat bisa membaca karena ini salah satu pintu masuk bagi ilmu pengetahuan.

9. Memiliki Bakat Seni

Salah satu ciri anak cerdas yang terakhir adalah adanya bakat seni yang terdapat pada anak kita, misalkan bakat menari, menyanyi, desain / gambar, dan lain sebagainya.

Dari kesembilan ciri anak cerdas di atas, poin mana saja yang terdapat pada anak Bunda?

Referensi: PendidikanKarakter.com

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.