Jatik.com
to Inspire. be Social.

Ini 20 Fakta Unik tentang Bahasa di Seluruh Dunia!

0 444

[nextpage title=”Fakta Unik” ]

Bahasa sebagai salah satu media dalam berkomunikasi memiliki peranan yang sangat penting. Dengan keberadaannya, kita bisa berinteraksi dengan orang lain dari berbagai negara, dapat dengan mudah dilakukan. Gimana ya rasanya kalo tidak ada bahasa di dunia ini? Tentu kita akan kesulitan jika harus bersosialisasi dengan orang lain, hanya menggunakan simbol/tanda.

Menariknya, ternyata setiap bahasa itu memiliki sejarah yang melatarbelakanginya. Ada keunikan yang berbeda-beda tergantung wilayah, kondisi sosial, sejarah yang ada di baliknya. Ada juga beberapa fakta unik tentang beberapa bahasa yang banyak digunakan di dunia. Beberapa fakta unik tersebut dirangkum sebagai berikut:

#1 Fakta Unik tentang Kata “TAXI”

Kamu tau gak sih fakta menarik dari kata “TAXI”? Ternyata, kata “TAXI” itu diucapkan atau dilafalkan sama yakni Inggris, Jerman, Prancis, Swedia, Spanyol dan Portugis. Jadi, ketika kita liburan ke 6 negara berbeda tersebut dan kita sedang mencari taksi, kita bisa langsung melafalkannya dan semua orang di 6 negara tersebut pasti memahaminya.

#2 Fakta Unik tentang Kalimat Berikut ini

Coba kamu perhatikan dengan baik-baik kalimat berikut ini, “The quick brown fox jumps over a lazy dog.” Apa yang menarik dari kalimat tersebut? Sudah menemukannya? Kalo belum, ok dikasih tau deh. Keunikan dari kalimat tersebut ternyata mengandung setiap huruf alfabet (a,b,c hingga z) lho. Ya, jumlah huruf alfabet yang 26 buah itu, digunakan semuanya dalam kalimat tersebut. Unik bukan?

#3 Fakta Unik Kata “Uncopyrightable”

Sekarang salah satu kata dalam kamus Inggris, yakni “uncopyrightable”. Apa uniknya kata tersebut? Kata ini adalah satu-satunya kata dalam kamus Inggris yang terdiri dari 15 huruf alfabet yang tidak diulang lho.

#4 Nama/Kata yang paling populer di seluruh dunia

Kamu tahu apa kata/nama yang paling banyak dipakai dan populer di seluruh dunia? Ayo coba tebak?! Jawabannya adalah nama “Muhammad”. Benar sekali! Nama Muhammad sangat populer dan banyak sekali orang yang menggunakannya. Nama Muhammad merujuk kepada salah satu Nabi/Rasul umat Muslim di seluruh dunia yang menjadi panutan dan suri tauladan dalam kehidupan. Jadi, tidak aneh jika banyak yang menyematkan nama ini dengan harapan agar bisa meneladani semua amalan dari Nabi Muhammad.

[/nextpage]

[nextpage title=”Fakta 5-13″ ]

#5 Lagi, fakta unik tentang kata berikut ini

Coba kamu tebak, salah satu kata terpanjang di kamus Inggris yang tidak memiliki satupun huruf vokal (a,i,u,e,o) di dalamnya? Sudah bisa menebaknya? Belum juga? Langsung aja deh ini jawabannya, “Rhythms”. Coba kamu cek di kamus, apakah kata ini memang benar merupakan kata terpanjang dalam kamus Inggris yang tidak terkandung huruf vokal satupun.

#6 Kata terpanjang dalam bahasa Inggris

Bisakah kamu menebak, apa kata yang terpanjang dalam kamus Inggris dan memiliki makna? Mulai buka kamus deh. Sudah ketemu belum? Jawabannya adalah “pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis !” Kata ini adalah salah satu istilah dalam medis yang memiliki arti ‘penyakit paru-paru yang disebabkan oleh menghirup pasir dan abu debu yang sangat halus’

bahasa_unik
Sumber Gambar: www.dvaworship.com

#7 Kata terpanjang di kamus Finlandia

Finlandia juga memilikinya lho kata terpanjang lho. Apa kata itu? Jawabannya adalah “epaejaerjestelmaellistyttaemaettoemyydellaens aeka eaen”. Udah kayak gerbong kereta aja. Lalu artinya apa? Maknanya setelah dicek di kamus Inggris adalah “even with their lack of ability to disorganize.”

#8 Fakta Unik tentang Kata “NEWS”

Apa yang menarik dari fakta tentang kata “NEWS”? Ternyata kata NEWS merupakan singkatan dari empat arah mata angin, yakni North (utara,) East (Timur,) West (Barat,) dan South (Selatan).

#9 Fakta Bahasa Prancis dan Inggris

Sebelum negara Inggris memakai bahasa resmi Inggris, ternyata negara ini menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi selama lebih dari 600 tahun. Wow!

#10 Fakta unik tentang Mandarin

Apa yang menarik dari bahasa Cina (mandarin) ? Ternyata bahasa ini tidak memerlukan tanda baca lho.

#11 Ini Fakta dari Seluruh Dunia

Kamu tahu berapa jumlah total seluruh bahasa di dunia? Jawabannya adalah terdapat kira-kira 6500 yang digunakan di dunia saat ini. Namun, sekitar 2000 dari bahasa ini digunakan oleh kurang dari 1000 orang. Yang digunakan paling luas di dunia adalah mandarin. Dan terdapat 885 juta orang yang menggunakan Mandarin.

#12 Novel unik nih..

Ernest Vincent Wright menulis novel berjudul “Gadsby”, yang mengandung lebih dari 50.000 kata — tanpa satupun memiliki huruf “E”.

#13 Tentang Afrika Selatan

Afrika selatan sebelumnya memiliki 2 bahasa resmi, namun sekarang memiliki 11 yang digunakan. Apa saja ? Yaitu Afrikaans, Inggris, Zulu,Xhosa, Swazi, Ndebele,Sotho, Sotho Utara,Tsonga, Tswana, dan Venda.

[/nextpage]

[nextpage title=”Fakta 14-20″ ]

#14 Mana yang lebih banyak berbahasa Inggris, negara Amerika Serikat atau China?

Jawabannya adalah China. Dibandingkan dengan negara Amerika Serikat, jumlah warga yang bisa berbahasa Inggris lebih banyak di RRC.

#15 Kalimat yang paling sulit diucapkan

“The sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick” disebut sebagai toughest tongue twister (kalimat paling sulit diucapkan) dalam kamus Inggris. Coba aja kalo gak percaya!

bahasa
Sumber Gambar: carapedia.com

#16 Bahasa yang paling sulit dipelajari

Bahasa yang paling sulit dipelajari adalah BASQUE yang digunakan di wilayah utara Spanyol dan wilayah selatan Prancis.

#17 Fakta tentang bahasa di Somalia

Somalia adalah satu-satunya negara di benua Afrika dimana seluruh populasinya berbicara bahasa yang sama yaitu bahasa Somalia.

#18 Fakta tentang kata Seoul

Seoul, ibukota Korea Selatan, memiliki arti “ibukota” dalam bahasa Korea.

#19 Huruf yang paling banyak digunakan

Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Ini merupakan fakta baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!

#20 Penggunaan kata “the”

The adalah kata yang paling sering digunakan di kamus Inggris. Bila kamu tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata “the”.

[/nextpage]

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.