Waspada buat Kamu yang Suka Main Game Android atau iPhone!

0 148

[nextpage title=”Waspada Game Bajakan” ]

Fanatik Main Game Android dan Game Iphone? Hati-hati Guys!

Apakah kamu termasuk orang yang fanatik bermain game Android atau iPhone? Jika ya, berarti kamu harus hati-hati ketika mendownload game tersebut untuk dimainkan. Kenapa? Karena game yang kamu download untuk dimainkan terkadang adalah game android atau iphone bajakan yang sudah disusupi program jahat. Game android dan iphone bajakan seperti ini ternyata banyak beredar di sekitar kita. Hal ini umum terjadi, karena banyak orang memilih untuk mencari aplikasi game bajakan daripada asli karena tidak ingin membeli aplikasi game tersebut.

Game bajakan prosesnya sangat mudah diaplikasikan. Di iPhone dibajak dengan cara Jailbreak sedangkan di Android lebih mudah lagi dengan cara cukup mendownload file APK nya saja yang banyak beredar di internet. Bagi pengguna Apple, sedikit bisa bernafas lega, karena Apple memiliki aturan yang ketat untuk setiap game yang dilepaskan ke App Store. Jangankan game bajakan, game asli pun sering terkendala lolos aturan dari Apple jika tidak mematuhi 100% guideline yang dimiliki Apple.

bermain_game_android
Sumber Gambar: www.kabarandroid.com

Tetapi tidak untuk pemilik Android. Proses merelease sebuah game melalui proses review yang lebih mudah sehingga memungkinkan aplikasi game bajakan / tipuan bisa banyak ditemukan di Play Store. Google sendiri mengklaim tetap melakukan pencegahan, tetapi sifatnya reaktif menunggu laporan dari korban dahulu baru Google akan bertindak terhadap indikasi game bajakan / tipuan.

Lalu kenapa sih kita perlu waspada jangan mendownload game android dan iphone bajakan? Apa ruginya buat kita toh itu gratis. Ya, memang benar gratis. Tapi ada yang perlu kamu cermati, bahwa ada game-game bajakan tertentu yang telah disusupi beberapa program jahat yang bisa melakukan banyak hal berbahaya terhadap smartphone maupun data kita. Game bajakan dan asli (tapi disisipi program jahat) dapat melakukan 4 hal berbahaya berikut ini:

[/nextpage]

[nextpage title=”4 Bahaya Unduh Game Bajakan” ]

1. Game Bajakan bisa Mencuri Data

game_bajakan_bahaya
Sumber Gambar: gaminesia.blogspot.com
Ketika kamu install game android dan iphone bohongan ini dapat dengan mudah membaca contact book kamu, melihat semua email teman kamu, mencuri nomor telefon dan bahkan foto. Secara diam-diam game ini akan mengirimkan data ini kepada server pusat. Tahu-tahu 2 hari sesudahnya semua teman kamu akan di spam oleh sebuah email yang menjual sebuah produk tertentu. Bahkan nomor HP dan foto kamu dapat digunakan untuk penipuan atau kejahatan lainnya di masa depan.

2. Bisa Melakukan Rooting juga lho

rooting_virus_android
Sumber Gambar: gaminesia.blogspot.com
Beberapa virus/malware sudah bisa mendapatkan akses root di HP kamu (Android) dan jika ini terjadi maka sang virus bisa saja menghapus seluruh isi HP kamu atau menghapus sebuah aplikasi tertentu seperti Anti Virus dan menggantinya dengan sebuah Anti Virus bohongan yang sebenarnya adalah virus juga.

3. Mendaftar Langganan Premium

Ketika virus/malware sudah mendapatkan akses kepada HP kamu maka dia dengan mudah dapat mengirimkan SMS ke layanan premium (seperti reg spasi daftar ke 6443 atau sejenis ini) sehingga kamu akan di charge dengan mahal. Tentu saja orangnya sudah bekerja sama dengan penyedia layanan premium sehingga sekali SMS kamu bisa di charge lebih dari sekali. Bayangkan jika ini terjadi kepada banyak orang, dalam sekejap orang tersebut sudah untung sebesar milyaran.

4. Kamu bisa dimata-matai lho

spyware_game
Sumber Gambar: www.ebizradio.com
Malware dengan tipe ini adalah malware yang paling tidak menunjukkan gelagatnya tapi diam-diam ia memantau semua aktivitas kamu. Email apa yang kamu buka, apa username dan passwordnya. Bahkan orang ini dapat mengetahui kamu dimana lewat GPS yang diakses secara diam-diam sehingga ia dapat merencanakan penipuan.

Beberapa dampak berbahaya dari game android dan game iphone bajakan tersebut tentu jangan disepelekan. Bagi pengguna iOS sangat disarankan untuk tidak melakukan Jailbreak, sedangkan pengguna Android diharapkan tidak melakukan rooting. Selain itu, selalu download aplikasi game dari Playstore atau App Store. Jangan lupa untuk memperhatikan komentar ulasan dari pengguna lainnya. Jika mendapati komentar yang negatif dan terindikasi ada program jahat di dalamnya, sebaiknya tidak kamu download. So, Have fun with your game dan tetap Waspada!

[/nextpage]

Loading...