Huh! Kenapa Sih Doi Deket ma Cewek Laen? Bikin Jealous Aja!! -Kamu Pencemburu? Ini Tips Mengatasinya-

1 198

Perasaan jealous alias cemburu adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan antara pria dan wanita. Setiap pasangan, pasti pernah memiliki rasa cemburu, entah cemburu kepada pihak ketiga, cemburu dengan kerjaan, cemburu dengan masa lalu, dll. Rasa cemburu itu adalah bumbu penyedap dalam hubungan, jika tidak ada rasa tersebut, maka hubungan tersebut menjadi hambar tanpa rasa. Tapi, apakah cemburu selalu wajar? Jika cemburu secara berlebihan, apakah memang tetap wajar? Sama seperti masakan, jika diberikan bumbu terlalu banyak, maka masakan tersebut tidak enak juga. Sama dengan rasa cemburu, jika porsinya terlalu berlebihan, maka hubungan menjadi tidak sehat lagi.

Cowok atau cewek memiliki kadar rasa cemburu yang berbeda-beda tingkatannya. Ada yang memang cemburu buta, hingga gak bisa pake logika lagi, ada yang cemburu ala kadarnya, ada yang sedikit cemburu, bahkan, ada yang lempeng aja, gak pernah cemburu. Perbedaan kadar rasa cemburu seseorang juga mempengaruhi bagaimana orang tersebut mengatasi rasa cemburu tersebut. Kalo rasa cemburunya sudah mencapai tingkat tinggi, ini yang perlu diwaspadai. Cemburu buta, bisa menjadikan hubungan tidak lagi harmonis, tidak lagi ada kepercayaan, semua hanya prasangka. Bisa jadi, pasangan kita akan menjadi tidak nyaman dan menjadikan alasan untuk memutuskan hubungan dengan kamu. So, gimana seh caranya agar kamu bisa mengatasi rasa cemburu? Ini tipsnya..

# Kenapa cemburu itu muncul? Cari akar masalahnya!

rasa_cemburu

Sumber Gambar: goresancuwy.wordpress.com

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mencari akar masalah dari rasa cemburu tersebut. Apa sih yang bikin kamu cemburu. Kenapa kamu harus cemburu. Jika alasannya karena selingkuh, apa memang benar dia selingkuh? Cek kebenarannya terlebih dahulu. Dalam tahap ini, kamu harus benar-benar menggunakan logika kamu. Jangan melibatkan perasaan yang berlebihan. Bisa jadi, perasaaan cemburu kamu yang berlebihan telah menutup kebenaran dan fakta yang sebenarnya.

# Biarkan rasa cemburu itu mengalir apa adanya

tips_mengatasi_cemburu

Sumber Gambar: www.carasumber.com

Rasa cemburu biarkan seperti sungai yang mengalir tenang. Jika sungai tersumbat, maka akan terjadi luapan dan banjir. Sama seperti rasa cemburu. Biarkan rasa tersebut mengalir apa adanya. Jangan kamu hambat atau pendam dalam-dalam. Jangan pula kamu ingkari. Karena cemburu itu fitrah manusia. Jika rasa cemburu kamu ingkari dan pendam, maka lama-kelamaan akan mengganggu psikologis dirimu. Bisa jadi, bom waktu yang meledak-ledak tanpa bisa lagi kamu kendalikan. Yang bisa kamu lakukan dengan rasa cemburu tersebut, manajemen perasaan tersebut dengan baik. Akui rasa itu, salurkan rasa itu dengan curhat kepada sahabat, teman, saudara, orang tua, dll.

# Be positive. Pikirkan dengan baik-baik!

be_positive

Sumber Gambar: youtube.com

Awali dengan positive thinking untuk mengurangi beban psikologismu terhadap rasa cemburu yang berlebihan. Apakah memang benar pasanganmu melakukan seperti apa yang kamu rasakan? Jangan-jangan, itu hanya perasaan kamu aja. Lakukan penyelidikan untuk membuktikannya. Ato bisa jadi, kamu hanya termakan dengan omongan orang lain, yang belum tentu kebenarannya. Ato orang laen tersebut, punya tujuan lain ‘tuk merusak hubungan kamu dengan dia.

# Komunikasikan dengan baik kepada pasanganmu

jealous

Sumber Gambar: www.kaskus.co.id

Setiap hubungan yang harmonis dilandaskan pada rasa kepercayaan satu dengan lainnya. Cara yang paling ampuh adalah mengkomunikasikan dengan pasanganmu dengan baik dan di saat yang tepat. Bilang pada pasanganmu, kalo kamu cemburu. Apa alasan kamu cemburu. Lakukan di momen yang tepat, sehingga komunikasi yang muncul adalah komunikasi dua arah yang baik, misalkan saat makan malam berdua. Jangan didahului dengan melakukan tuduhan-tuduhan. Pasanganmu pasti akan merasa tidak nyaman dan dia tidak akan terbuka kepada kamu. Jika kamu cemburu, karena dia terlalu sibuk dengan urusannya, dan tidak punya banyak waktu lagi bersamamu, bicaralah dengan baik kepadanya. Jangan hanya bicara, kamu juga harus menjadi pendengar yang baik.

# Lupakan rasa cemburu dengan aktivitas positif

hiking-2

Sumber Gambar: www.healthworks.my

Jika kamu sudah berkomunikasi dengan pasanganmu dan bicara baik-baik, mungkin rasa itu tidak bisa hilang begitu aja. Terkadang, masih ada bekas tersisa dari rasa tersebut. Lupakan dengan melakukan aktivitas positif yang sesuai dengan hobimu. Misalkan kamu suka menulis, maka tulislah perasaanmu dalam diari/blog. Biarkan rasa itu mengalir dalam tulisan tersebut dan menghilang perlahan dalam dirimu. Jika kamu suka menyanyi, maka bernyanyilah lagu-lagu yang membahagiakan, bukan lagi lagu-lagu sendu. Jika kamu suka olahraga, rutinlah berolahraga. Apapun hobimu, lakukanlah asal positif!

# Jika hasilnya tidak menyenangkan, bersabarlah!

sabar-1

Sumber Gambar: baitulmaqdis.com

Hasil dari komunikasi atau penyelidikan bisa jadi tidak menyenangkan buat kamu. Jika kenyataan itu memang benar adanya, maka kamu harus bisa menerimanya dengan bersabar. Sabar pun tetap harus melakukan sesuatu atau mengambil keputusan. Kalo memang hubungan kamu sudah tak bisa dipertahankan, ambil keputusan dengan menyelesaikan hubungan tersebut dengan baik-baik. Dan, itu bukan akhir dari segalanya. Life must goes on. Hidup tetap terus berlanjut, dengan dia atau tanpa dia. Masa depan kamu, ada dalam diri kamu. Semangatlah!

Itu beberapa tips untuk mengatasi rasa cemburu kamu. Cemburu sih boleh-boleh aja, asalkan jangan sampai berlebihan hingga menguasai akal sehatmu. Semoga kamu bisa mengatasi rasa cemburumu dengan baik, kamu merasa bahagia, dan hubunganmu berjalan dengan harmonis ya…

Loading...