Jatik.com
to Inspire. be Social.

Suku Pedalaman dari Seluruh Dunia dan Terancam Punah, 20+ Foto Karya Luar Biasa Jimmy Nelson

1 122

Mungkin, beberapa di antara kita banyak yang tidak mengetahui berapa banyak suku pedalaman dari seluruh dunia, yang terasing dan terancam punah.

Bagi kita, mereka hanya suku pedalaman yang tidak memiliki kaitan apapun dalam hidup kita sendiri.

Terbentuknya era masyarakat modern saat ini, suka atau tidak, berawal dari sejarah kehidupan masyarakat suku-suku ini. Sudah selayaknya, kita sedikit mengenal mereka, dan kehidupan mereka.

Tentu, tidak mudah untuk mengumpulkan data-data mengenai suku pedalaman dari seluruh dunia jika tidak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki visi ambisius.

Salah satunya, seorang fotografer yang luar biasa mengabdikan dirinya untuk menjalankan sebuah proyek ambisius dalam mengumpulkan foto-foto suku pedalaman dari seluruh dunia sebelum mereka semua meninggal dan punah.

Dialah, Jimmy Nelson, seorang fotografer kelahiran Sevenoaks, Kent (1967), yang menghabiskan masa kecilnya di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

Pada tahun 2009, Jimmy Nelson memulai proyek terbesarnya dengan judul Before they Pass Away (Sebelum Mereka Meninggal). Dia melakukan perjalanan selama 3 tahun dan memotret lebih dari 35 suku pedalaman meliputi Eropa, Asia, Afrika, Amerika Selatan, dan Pasifik Selatan, menggunakan kamera 4x5in yang berusia 50 tahun.

Dalam perjalanannya keliling dunia untuk memotret suku pedalaman yang terasing dan terancam punah dari seluruh dunia tersebut, Jimmy Nelson hidup selama 2 minggu dalam komunitas masyarakat di setiap suku. Dia ikut beradaptasi dengan kehidupan suku-suku asli tersebut, mengikuti gaya hidup, ritual, dengan terus memotret berbagai sisi kehidupan mereka.

Bagi Nelson sendiri, misinya ini bertujuan untuk menunjukkan pada dunia bahwa mereka tidak boleh melupakan bagaimana kehidupan dijalani di masa lalu, lansir BoredPanda.com.

Jimmy Nelson mengatakan bahwa dia ingin membuat dokumen fotografi yang menampilkan sisi estetis, bertahan di setiap masa. Sebuah karya yang dapat menjadi rekaman tak bisa digantikan dari dunia yang akan lenyap.

Berikut galeri foto suku pedalaman yang terasing dan terancam punah dari seluruh dunia, termasuk beberapa diantaranya suku-suku asli di Indonesia (Klik Gambar untuk Perbesar):

Sangat luar biasa bukan karya fotografi suku pedalaman yang terasing dan terancam punah karya Jimmy Nelson di atas? Semoga dengan kehadiran foto-foto tersebut, membuka wawasan kita dalam memandang dunia lebih luas.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.