Jatik.com
to Inspire. be Social.

Resep Crepes Garing, Renyah & Mudah Dibuat, Yuk Dicoba!

1.029

Siapa yang belum pernah makan Crepes ???? Kamu sudah belum? Pastinya sudah dong. Crepes banyak dijual di berbagai tempat, mall, restoran, dll. Tahu resep Crepes dan cara membuatnya gak?

Boleh dicobah nih dibuat di rumah, mudah banget kok. Kamu pasti bisa mengolah resep Crepes dengan panduan dan tips lengkapnya di bawah.

By the way, Crepes ini memang sudah sangat terkenal lho seantero dunia. Termasuk roti yang sangat digemari oleh berbagai lidah penduduk dunia. Maka, gak salah kalau crepes mudah diterima oleh masyarakat.

Oh ya..Sebelum kita memberikan panduan resep Crepes, ada yang tau gak sih, Crepes itu sebenarnya darimana asal mulanya??

Sudah tau?? Masih belum..Nyerah aja deh yaa..

Dari asal katanya, crepes itu berasal dari bahasa Perancis, Crispa, yang bermakna meringkuk. Sedangkan, dalam bahasa Inggris, berarti kue / jajanan ringan yang memiliki berbagai varian topping.

Topping itu sendiri bisa bervariasi mulai dari pisang, keju, krim vanilla, choco chip, dan banyak lagi lainnya.

Kenapa ya si Crepes ini banyak disukai? Mungkin karena perpaduan rasa manis dan berbagai rasa, dengan dibalut kerenyahan, membuat jajanan yang satu ini sangat nikmat. Semua usia, profesi, pun suka dengan Crepes ini.

Kalau di perkotaan dikenal dengan Crepes, kalau di desa sendiri apa ya sebutannya?

Sebenarnya, di desa juga ada jajanan sejenis Crepes, yang disebut sebagai kue leker / intip. Tetapi, biasanya porsinya lebih kecil dari crepes.

Gak usah berlama-lama lagi, yuk simak resep Crepes dan cara membuat Crepes berikut ini:

Estimasi Pembuatan:

  • 15 menit untuk menyiapkan bahan dan alat
  • 20-25 menit untuk mengolah resep crepes

Alat-alat yang digunakan untuk membuat Crepes:

  • Teflon
  • Sendok Makan
  • Whisker

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

  • Telur, 1 butir (dikocok)
  • Selai cokelat, secukupnya
  • Butter / margarin, 1 sendok makan, dilelehkan
  • Tepung terigu, 75 gram (7,5 sdm)
  • Tepung tapioka, 25 gram (2,5 sdm)
  • Tepung beras, 100 gram (10 sdm)
  • Susu Cair, 250 ml
  • Gula Putih secukupnya
Resep Crepes dan Cara Membuat Crepes yang Garing & Renyah
Resep Crepes dan Cara Membuat Crepes yang Garing & Renyah

Tips Membuat Crepes yang Renyah:

  • Kocok telur dan susu hingga berbusa, tips ini akan membuat adonan resep Crepes semakin lentur.
  • Tepung dikayak terus menerus hingga menyebar rata, akan membuat Crepes lebih lembut
  • Butter boleh diganti dengan margarine, ini akan membuat wajan tidak lengket
  • Saat adonan Crepes dituang, sangat disarankan teflon diangkat ke atas (tidak ditaruh di atas kompor). Ini dilakukan agar adonan masih cair dan mudah untuk ditipiskan dengan cara memutar wajan. Setelah rata, baru diletakkan di atas kompor kembali.

Cara Membuat Crepes Renyah:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah menuang susu cair dan telur ke dalam wadah. Lalu, kocok menggunakan whisker sampai berbusa. Pastikan adonan Crepes ini merata, agar bisa menjadi lentur.
  2. Campurkan tepung terigu, tapioka, dan beras sambil diayak perlahan-lahan ke adonan tadi. Lalu, adonan dikocok sampai sampai tercampur rata.
  3. Kemudian, butter / margarin yang sudah dilelehkan dimasukkan ke adonan tepung. Adonan diaduk kembali hingga merata.
  4. Setelah itu, panaskan teflon / wajan anti lengket. Ketika teflon sudah panas, angkat dari kompor, lalu tuang adonan crepes tadi ke atas teflon. Teflon diputar-putar hingga adonan merata dan tipis.
  5. Lalu, letakkan teflon di atas kompor kembali. Anda bisa menggunakan taburan gula putih / selai coklat, atau bisa pisang, dll sesuai dengan selera. Lipat crepes menjadi bentuk segitiga.
  6. Topping bisa dengan susu cokelat manis, atau sesuai selera anda.
  7. Crepes sudah siap disajikan.

Gimana resep Crepes dan cara membuat crepes di atas? Tidak terlalu sulit bukan?

Kalau dipraktekkan langsung, akan jauh lebih mudah kok daripada hanya membaca resepnya. Oh ya, untuk penyajian, akan lebih nikmat jika disajikan saat hangat, plus secangkir teh atau kopi.

Selamat mencoba resep Crepes yang Renyah & Garing tersebut yaa…!

Referensi: KueKita

Loading...
Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.