Jatik.com
to Inspire. be Social.

8 Cara Mendapatkan Uang Dengan Mudah dari Hobi Fotografi

0 869

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki hobi fotografi? Jika ya, maka hobimu tersebut tidak sia-sia. Dengan 8 cara mendapatkan uang berikut, hobi jeprat-jepret akan lebih menyenangkan..

Benarkah cara mendapatkan uang dari hobi memotret ini terbukti? Tergantung bagaimana kamu menjalankannya dengan kerja keras atau ala kadarnya.

Dunia fotografi telah berubah sejak kamera instan dikembangkan. Dengan kamera digital, hampir semua orang dapat mengambil gambar. Tetapi, tidak semua orang memiliki skill / kemampuan fotografi yang baik.

Kalau kamu merasa memiliki skill yang lumayan, tidak ada salahnya hobimu tersebut dijadikan salah satu sumber pemasukan.

1. Stok Fotografi

Bisnis ini berkembang pesat. Untuk newsletter, website, majalah, artikel, penerbit mencari foto-foto yang menangkap esensi dari artikel mereka. Ini salah satu cara mendapatkan uang yang potensial bagi hobi fotografimu.

Pergi keluar dan ambil beberapa gambar dengan objek-objek yang menarik dan bernilai jual. Lalu, juallah foto-foto tersebut untuk bisnis dan individu, yang tentu menguntungkan buat kamu.

Salah satu alternatif untuk stok fotografi ini ada di ShutterStock

2. Fotografer pernikahan

Ini salah satu metode paling mudah untuk dilakukan, karena target konsumennya pun luas. Jika kamu punya teman, saudara, kerabat, yang ingin melangsungkan pernikahan, jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Tawarkan jasamu untuk menjadi fotografer di pernikahan mereka, dengan memberikan pelayanan yang plus. Jika mereka puas dengan layanan yang kamu berikan, tentu promosi gratis dari mulut ke mulut akan terjadi dengan sendirinya.

3. Fotografer Koran (Media Massa)

Banyak media massa, baik cetak maupun online, yang membutuhkan jasa freelance fotografer untuk mencari foto-foto yang bermuatan berita.

Kamu bisa mengambil peluang ini. Ketika terjadi sebuah peristiwa, mungkin seorang fotografer koran tidak berada di tempat kejadian.

Jika kamu dapat menangkap momen tersebut, kamu bisa menjualnya kepada surat kabar. Beberapa acara/event yang bernilai berita, juga bisa menjadi pilihan yang memiliki nilai jual.

4. Fotografer Majalah

Selain koran / media massa, menjadi fotografer majalah adalah salah satu cara mendapatkan uang yang cukup lumayan. Menjadi fotografer majalah, memang butuh tantangan lebih dalam kualitas foto yang diambil.

Tetapi, kamu pun bisa melatihnya setiap saat. Kamu bisa mencari informasi menjadi fotografer majalah, di internet atau langsung ke redaksi majalah tersebut.

Salah satu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi yang kamu lakukan.
Salah satu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi yang kamu lakukan.

5. Fotografi untuk Bisnis Lokal

Ini salah satu peluang yang juga tak boleh disia-siakan. Banyak orang yang ingin menjual mobil, rumah, apartemen, ruko, tetapi tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mendapatkan gambar objek yang menjual.

Kamu bisa menawarkan jasa fotografi pada orang-orang yang membutuhkan seperti ini. Bisa jadi, mereka akan menggunakan jasa fotografimu dengan menyewa secara rutin, jika mereka puas dengan hasil jepretan kameramu.

6. Fotografer Event/Acara

Banyak event-event / acara yang memang membutuhkan fotografer untuk mengabadikan momen tersebut, seperti acara reuni sekolah, ulang tahun, komunitas, dan lain sebagainya.

Kamu harus bisa menangkap peluang bagus ini, dengan memiliki relasi yang luas.

7. Website / Blog Fotografi

Salah satu cara mendapatkan uang dari hobi fotografi adalah dengan membuat website yang khusus membahas tentang dunia fotografi. Jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang seni fotografi, produk-produk kamera, maka buatlah website dan isi dengan konten-konten yang menarik.

Pengunjung pun akan datang ke website kamu, jika mereka merasa mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan seputar dunia fotografi. Bahkan, jika blog / website kamu cukup populer, maka kemungkinan besar akan dilirik oleh para sponsor yang ingin memasang iklan di blog / websitemu.

8. Ajarkan Kelas / Kursus Fotografi

Peluang yang tak kalah menariknya sebagai salah satu cara mendapatkan uang, adalah dengan membuka kursus fotografi secara privat atau umum.

Banyak pemula yang memang butuh pelatihan untuk mengupgrade kualitas / skill dalam memotret. Jika kamu memang memiliki kemampuan lebih dalam fotografi, tidak ada salahnya untuk membuka kursus / kelas fotografi tersebut.

Itulah kedelapan cara mendapatkan uang dari sekedar hobi memotret. Semakin lama, jika kemampuan terus meningkat, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis fotografi yang lebih profesional.

Loading...

Berlangganan Newsletter
Berlangganan Newsletter
Daftarkan email kamu disini untuk mendapatkan info terupdate dari Jatik.com langsung ke inbox email kamu!
Kamu bisa membatalkan newsletter ini kapan pun.